Jika kita sering melihat burung terbang, pasti kita terkadang berharap agar kita diberi sayap untuk bisa mengepakannya dan ikut terbang di angkasa. Akan tetapi dengan semakin berkembangnya teknologi, terbang bukanlah sesuatu yang mustahil karena pesawat sudah ditemukan dan kita bisa ikut terbang bersama burung menggunakan pesawat. Meskipun demikian pasti ada pertanyaan yang terkadang membuat kita bertanya Tanya. Bagaimana benda sebesar dan seberat pesawat bisa terbang di angkasa seperti burung?

Logika dan pertanyaan mengenai kenapa pesawat bisa terbang

Secara logika benda yang berat atau memiliki berat jenis lebih besar dari air pasti akan tenggelam, apalagi jika benda tersebut berada di udara maka sudah pasti akan jatuh dengan bebas. Tapi Kenapa pesawat bisa terbang? Ini mungkin menjadi pertanyaan yang cukup memusingkan jika tanpa adanya penjelasan yang masuk akal.

Sejarah dibuatnya pesawat pertama kali

Dalam sejarahnya pesawat pertama kali diciptakan oleh dua bersaudara yakni Wilbur dan Orville Wright, saat itu pesawat ciptaan mereka sempat berhasil mengudara selama empat kali dalam jarak pendek di Kitty Walk pada tahun 1903. Pesawat desain pertama yang berhasil terbang tersebut memiliki bentuk sayap yang melengkung dan disebut dengan istilah Aerofoil.

Aerofoil inilah yang hingga sampai sekarang desain ini masih terus digunakan pada pesawat modern, Aerofoil ini memiliki pengaruh yang sangat besar karena secara teori yang menyebabkan benda bisa terbang adalah karena adanya 4 gaya meliputi gaya angkat ke atas, gaya gravitasi, gaya hambat, serta gaya dorong.

Penjelasan mengapa pesawat bisa terbang secara akademis

Mengacu pada hukum Newton III soal aksi dan reaksi maka bisa disimpulkan bahwa terbangnya pesawat sendiri dipicu dari adanya gaya dorong yang dihasilkan oleh mesin pesawat yang kemudian didukung oleh system aerofoil pada sayap yang mengakibatkan tingginya daya tolak gravitasi yang lebih tinggi hingga pada akhirnya gaya angkat ke atas pun muncul dan benda berat seperti pesawat pun bisa terangkat ke atas sehingga membuat pesawat bisa terbang di angkasa.

 

Tindo Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *