Alun-alun Malang merupakan salah satu objek wisata kota yang ada di kota ini. Banyak sekali hal unik dan dapat dikategorikan sebagai hiburan atau juga bisa sebagai tempat pelepas lelah. Sebenarnya,alun-alun tidak hanya ada di kota Malang, setiap kota khususnya di pulau Jawa memiliki alun-alun. Alun-alun disatu sisi menampilkan ke khas-an sebuah konsep kota yang mana telah diwariskan secara turun-temurun. Konon alun-alun telah ada semenjak nusantara masih berupa kerajaan-kerajaan yang mana di pimpin oleh seorang Raja.

Disisi lain ada makna yang bisa dicerna secara filosofis. Zaman dahulu, alun-alun adalah sebuah tempat untuk mengumpulkan rakyat kerajaan oleh hulubalang raja atau petinggi kerajaan. Pada masa sekarang, tentu hal ini tidak lagi sama. Karena negara kita bukan lagi kumpulan kerajaan, tapi telah berdaulat dan menjadi satu negara yaitu Negara Republik Indonesia. Maka, fungsi alun-alun termasuk alun-alun Malang zaman sekarang ini tidak lagi sebagai tempat mengumpulkan rakyat kerajaan tapi sebagai tempat (ruang) publik dan terbuka untuk masyarakat umum. Ada juga manfaat lain dari alun-alun zaman sekarang yaitu sebagai tatanan kota yang menghadirkan kenyamanan dan sebagai fungsi public area pemerintah kota.

www.pexels.com

Pesona Alun-alun Malang

Jika diri Anda butuh suasana yang damai dan asyik di ruang publik, mungkin sudah saatnya sejenak meninggalkan hingar-bingar pekerjaan dan bersantai di alun-alun Malang. Karena ada pesona alun-alun ini yang sulit untuk ditepis. Berikut ulasannya.

  1. Alun-Alun Malang Tempat Melepas Lelah dengan Duduk Santai Di Kursi Taman

Pesona alun-alun Malang yang pertama adalah karena adanya kursi taman. Dengan adanya kursi taman yang didesain sedemikian rupa, kita bisa duduk bersantai menikmati suasan alun-alun kota. Hal ini banyak dicari orang apalagi bagi mereka yang sibuk bekerja, tempat-tempat ini menjadi pesona tersendiri. Lelah seharian bekerja maka butuh tempat untuk bersantai dan melepas lelah. Kursi taman alun-alun kota ini adalah obatnya. Bahkan ini semacam daya tarik dan pesona tersendiri bagi alun-alun kota Malang.

  1. Gazebo yang Terdapat di Setiap Sudut Alun-alun

Pesona Alun-alun Malang berikutnya bisa didapatkan dengan berkunjung di siang hari bolong ke alun-alun kota ini. Ketika Anda berkunjung di siang bolong, Anda merasa kepanasan. Maka, Anda bisa beristirahat dan berteduh sejenak di gazebo-gazebo yang di sediakan di alun-alun kota Malang.

Gazebo-gazebo yang ada di alun-alun kota ini  tersedia dan disediakan di setiap sudut alun-alun. Dengan sangat mudahnya Anda bisa  menemukan gazebo untuk berteduh dan bersantai yang mana hal ini bisa menghidari diri Anda dari sengatan sinar matahari yang begitu teriknya di siang bolong. Tentu keberadaan gazebo-gazebo ini membuat alun-alunnya menambahkan daya pesonanya yang mana menghadirkan rasa nyaman untuk dikunjungi ketika siang hari.

www.pexels.com
  1. Masjid Jami’ dan Kenyamanan Beribadah

Pesona alun-alun Malang yang sangat mempesona adalah Masjid Jami’ yang berada di alun-alun kota Malang. Hal ini menampilkan kesan dan keindahan tersendiri khususnya umat muslim. Keberadaan Masjid sebagai kemilau pesona dan sudah pasti sebagai tempat beribadah yang nyaman. Karena bagi seorang muslim, dimanapun dan kapanpun ibadah shalat adalah yang paling utama.

Di Majis Jami’ ini terdapat taman yang luas dan nyaman. Hal ini bisa dipergunakan untuk bersantai sejenak atau beristirahat sejenak sebelum menunaik ibadah shalat. atau bisa juga sebagai alternatif tempat istirahat bagi yang lagi tidak shalat.

  1. Air Mancur Laser yang Mempesona

Pesona alun-alun Malang pada saat ini semakin bertambah dengan keberadaan Air Mancur Laser yang begitu memukau mata siapapun yang berkunjung kesana. Bukan hanya pesona dari air mancurnya namun air mancur yang ada disini sudah dipadukan dengan sorot sinar laser yang tersaji secara apik ketika malam hari tiba. Aneka sorot warna lampu laser yang terpancar akan terlihat begitu indah dan menawan sehingga sangat enak untuk dinikmati bersama keluarga ataupun kawan terdekat kita di alun-alun kota ini.

  1. Burung Merpati dan Kemolekannya

Pesona alun-alun malang berikutnya adalah adanya burung-burung merpati molek dalam jumlah yang banyak juga menjadi sebuah pemandangan yang menarik disini. Kita bisa bercengkerama langsung dengan kumpulan burung merpati ini. Tentu saja aktifitas memberi makan kepada kumpulan burung merpati ini juga diperbolehkan. Hal ini sangat mengasyikkan. Menikmati suasana alun-alun dengan bersentuhan secara langsung dengan kumpulan burung merpati yang tidak takut dengan adanya aktifitas manusia yang menjadi pengunjung di alun-alun Kota Malang ini.

www.pexels.com
  1. Wifi Internet Free dan Cuku Cepat

Pesona alun-alun Malang yang tidak kalah mempesonanya yaitu fasilitas Wifi internet free dan cukup cepat yang bisa diakses oleh siapapun juga yang berkunjung kesini. Akses internet ini memang ditujukan kepada para pengunjung agar mereka tidak merasa bosan dan tetap bisa melakukan aktifitas keseruan di dunia maya selama beraktifitas di alun-alun Kota Malang ini. Tentu hal tersebut sangat sesuai dengan perkembangan kemajuan zaman pada saat sekarang. Internet gratis kepada masyarakat tentu merupakan sebuah akses yang menguntungkan yang diberikan oleh pihak pengelola alun-alun Kota Malang dalam fungsinya sebagai public area untuk masyarakat.

  1. Jalur Khusus Sepeda untuk Para Bicycle

Pesona alun-alun Malang berikutnya adalah adanya fasilitas bagi para penggemar sepeda atau bicycle mania. Alun-alun kota ini juga dilengkapi dengan akses jalur sepeda. Hal ini membuat para pengunjung bisa bersepeda santai berkeliling menjelajahi are alun-alun dengan santai. Adanya jalur khusus sepeda ini juga menghadirkan kesan dan warna tersendiri untuk sepanjang jalan sekitar alun-alun. Apalagi kalo dinikmati sambil bersepeda. Kalau Anda tidak percaya, buktikan saja dengan cara mengambil Paket Wisata Malang.

  1. Jalur Pejalan Kaki yang Tertata dan Terhubung Secara Rapi

Selanjutnya adalah jalur tempat pejalan kaki yang disediakan oleh pihak pengelola alun-alun Malang juga tertata dengan rapi. Bukan hanya itu, tetapi juga semua jalur pejalan kaki juga sudah terhubung denga sangat baik. Para pengunjung bisa jalan-jalan santai di jalur yang sudah disediakan dengan nyaman tanpa gangguan yang berarti. Kebersihan jalur para pejalan kaki ini juga dijaga keberadaannya dimana tong-tong sampah juga disediakan untuk menjaga kebersihan dan keindahan dari alun-alun kota ini.

www.pexels.com
  1. Pemandangan Unik Payung-Payung

Berikutnya yang menjadi pesona alun-alun Malang adalah terdapat sebuah pemandangan yang unik yaitu pemandangan berupa rangkaian paying-payung warna-warni yang tergantung secara rapi di pepohonan. Payung-payung ini seolah terbang di udara sehingga mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung alun-alun kota Malang. Payung-payung ini memang sengaja disediakan oleh pihak pengelola alun-alun kota ini sebagai salah satu variasi dan keunikan yang tidak duanya.

  1. Alun-alun nan Asri lagi Sejuk

Berikutnya yang menjadi pesona dari alun-alun Malang adalah udaranya sejuk dan lingkungan yang asri. Ketika pagi hari udara di alun-alun segar dan bersih. Pun sore hari juga demikian. Asrinya lingkungan ini tentu membuat para pengunjung khususnya warga kota Malang menjadi betah untuk berada di alun-alun. Namun, bagi mereka yang diluar kota Malang, bisa juga menikmati hal ini dengan mengikuti Paket Wisata Malang.

Tindo travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *