Ambergris, Muntahan Paus Bernilai Fantastis

Pernahkah Anda mendengar Ambergris? Ambergris atau muntahan ikan paus dianggap sebagai benda yang sangat berharga. Faktanya, ambergris memiliki harga jutaan, bahkan miliaran.

Ambergris ini sebenarnya merupakan hasil sekresi dari saluran pencernaan paus sperma. Berdasarkan penelitian, ambergris hanya dihasilkan oleh paus sperma jantan saja.

Bahkan, dari 350.000 ekor paus sperma hanya satu ekor yang bisa menghasilkan ambergris. Bisa Anda bayangkan betapa langkanya benda ini.

Perlu Anda tahu, bahwa ambergris terbentuk akibat paus sperma menelan benda asing yang sulit dicerna. Lalu, benda tersebut diubah oleh enzim didalam usus membentuk ambergris, kemudian dikeluarkan dari tubuh.

Anda juga bisa mengenali bentuk fisiknya yang berupa zat padat, lilin dan mudah terbakar. Selain itu, ambergris juga diketahui memiliki struktur kimia yang sudah baku, yaitu 546 jenis kolesterol. Salah satunya adalah amberine yang bisa digunakan untuk pembuat parfum.

Selain itu, ambergris juga bisa digunakan untuk obat herbal, bahan penambah rasa pada makanan dan sanitasi udara. Jadi, Anda tidak perlu heran jika harga muntahan ikan paus sangat fantastis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *