Hadirnya ponsel pintar tidak hanya sebagai perangkat komunikasi semata. Bukan pula menjadi tempat berselancar ke sosial media. Ponsel pintar bersistem operasi Android hadir sebagai media hiburan melalui game yang bisa menemani hari-hari santai Anda. Game Android makin bertambah tahun mengalami banyak perubahan, tepatnya dari jenis dan kualitas tampilannya.

Bermunculan rekomendasi game populer yang kini bisa Anda unduh melalui ponsel pintar Android. Namun, dari banyaknya game tersebut hanya beberapa saja yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Tidak dipungkiri kalau ada beberapa game yang memiliki penggemar setia sehingga akan terus memainkannya ketika mengalami pembaruan.

4 Game Sederhana yang Populer Bulan September 2019

Hal menarik yang sering dijumpai oleh pengguna ponsel pintar Android adalah memilih game yang tidak terlalu membuat otak bekerja ekstra. Nah, pada kesempatan kali ini kami membagikan game populer yang tidak membuat otak Anda bekerja ekstra ketika memainkannya.

pixabay.com

Fun Race 3D

Menjadi game jenis Hyper Casual yang menarik untuk Anda mainkan. Sudah banyak orang merasa ketagihan untuk memainkan Fun Race 3D ini karena teknisnya adalah melintasi rintangan sederhana. Makin naik levelnya, makin beragam rintangan yang akan dijumpai. Inilah yang membuat orang-orang merasa harus bermain.

Fun Race 3D sangatlah sederhana. Anda hanya perlu menekan layar ponsel pintar agar karakter lari ataupun jalan santai. Karakter akan berhenti ketika Anda melepaskan tekanan di layar. Bagaimana, sederhana, kan? Tidak ada salahnya Anda mengunduhnya untuk menyelesaikan rintangan di setiap levelnya.

Chess Rush

Merupakan game jenis Auto Battler yang sekarang mulai diminati oleh gamers setelah maraknya game Battle Royale (Moba). Di game Chess Rush ada 50 hero, bahkan lebih, yang bisa Anda pilih untuk dipasang ke papan catur. Seperti halnya jenis Auto Battler, Anda menjadi pelatih dan sebagai pemain dari hero yang akan dipertarungkan di papan catur.

Garena Free Fire

Sampai detik ini mengalami pertumbuhan yang pesat dibandingkan game Battle Royale lainnya. Kali pertama dirilis pada bulan November 2017 lalu, sampai sekarang Garena Free Fire telah diunduh lebih dari 100-juta pemakai gawai.

Di setiap permainannya akan berlangsung selama 10 menit. Anda akan diletakkan bersama 49 player lain di sebuah tempat/pulau. Nah, pemain yang bisa bertahan hidup di Zona Aman kali terakhir dianggap sebagai pemenang.

Aquapark.io

Merupakan game buah karya VOODOO dengan ukuran 61 MB, yang relatif ringan di ponsel pintar Android. Game ini mewajibkan pemain meluncur di perusutan panjang dan menjadi pemain yang menempati posisi pertama. Dilihat dari teknis permainannya yang sederhana pastinya cocok dimainkan ketika jam-jam istirahat kerja. Selain itu, grafik dari Aquapark.io menampilkan berbagai tempat wisata, mulai dari kolam renang, gunung, hingga pantai.

pixabay.com

Spesifikasi Ponsel Pintar Android yang Memadai untuk Bermain Game

Itulah empat jenis game Android yang memiliki teknis permainan yang sederhana. Dengan begitu Anda bisa memainkannya kapan saja tanpa perlu khawatir akan membuang banyak waktu maupun menguras isi kepala.

Tapi, tahukah Anda jika mengakses game di ponsel pintar Android seharusnya mempertimbangkan spesifikasinya. Ya, spesifikasi ponsel pintar akan memengaruhi kinerja perangkat, apakah lancar atau malah lemot. Kami sudah menuliskan informasi penting bagi Anda yang ingin mencari ponsel pintar yang mendukung kegiatan main game.

  1. Chipset

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam melihat spesifikasi ponsel pintar adalah melihat chipset dan GPU. System on Chip (Chipset) merupakan pertimbangan yang paling krusial apabila Anda menempatkan game sebagai prioritas utama dari gawai. Bisa disebutkan kalau chipset adalah komponen paling penting yang menentukan kenyamanan dalam bermain game melalui ponsel pintar.

Sekarang kita sudah dipermudah dengan segmen pasar ponsel pintar yang mengalami pembaruan. Chipset unggulan seperti MediaTek dan Qualcomm menjadi dua manufaktur terbaik yang menduduki kualitas chipset terbaik. Apabila Anda bersedia mencari tahu lebih jauh lagi, chipset Exynos milik Samsung, Kirin oleh Huawei, dan Ax oleh Apple merupakan chipset unggulan. Lantas, chipset mana yang kiranya cocok untuk ponsel pintar Anda? Jawabannya kembali lagi ke kebutuhan masing-masing. Apabila Anda memainkan game seperti yang kami tuliskan di atas kiranya chipset Qualcomm dan MediaTek sudah mumpuni.

pixabay.com
  1. RAM

Berikutnya, setelah menentukan chipset Anda harus menentukan jenis RAM yang disematkan di perangkat ponsel pintar Android. Bahwa ukuran RAM yang besar maka semakin lapang segala data penting yang bisa disimpan di dalamnya supaya perangkat bekerja lebih lancar.

Mungkin Anda sependapat dengan anggapan tersebut. Namun, ada baiknya jangan ditelan mentah-mentah karena  kecepatan RAM perlu dipertimbangkan, selain kapasitasnya. Dilihat dari teknisnya, RAM digunakan di ponsel pintar adalah DRAM (Dynamic Random Access Memory) yang kini telah berevolusi menjadi LPDDR. Anda tidak perlu khawatir karena ponsel pintar keluaran terbaru saat ini sudah menggunakan RAM jenis LPDDR 4 ataupu LPDDR3. Nah, jika Anda ingin memainkan game 3D supaya lancar tanpa lag, maka gunakan RAM minimal 3GB.

Itulah penjelasan yang dapat Wakdroid sampaikan tentang game sederhana yang populer bulan September 2019. Tidak lupa kami menyertakan spesifikasi ponsel pintar yang mampu melibas game tersebut supaya bisa dimainkan dengan lancar.

 

Tindo teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *