Cara Efektif untuk Menekan Biaya Nikah Lebih Rendah dengan Pasangan

Cara Efektif untuk Menekan Biaya Nikah Lebih Rendah dengan Pasangan

31 January, 2019

Siapa saja yang terlahir di dunia bisa dipastikan memiliki salah satu tujuan hidup realistis yang harus dilakukan sekaligus diwujudkan pada masa mendatang, yakni menikah. Pernikahan yang bahagia dan mengharukan adalah keinginan semua orang untuk menjalani seluruh proses resepsi dengan pasangan untuk meminta restu kepada orang tua tercinta supaya bisa membangun kehidupan rumah tangga yang bahagia dan sejahtera bersama calon buah hati di masa depan dari berbagai macam aspek agar semua kebutuhan dapat terpenuhi.

Pernikahan yang semula ingin dilangsungkan dalam waktu dekat atau tinggal menghitung hari ternyata harus diperlambat dan bahkan dibatalkan antar salah satu pihak karena biaya nikah terlalu tinggi sehingga pihak mempelai pria tidak mampu memenuhi keinginan dari tuntutan calon istrinya. Oleh karena itu, anda bisa menggali informasi lebih lanjut untuk mendapatkan busana pengantin terbaik di http://bajupengantinmuslim.net supaya bisa meringankan beban finansial jelang hari pernikahan serta menerapkan cara-cara tertentu untuk menyiasati masalah itu.

www.pexels.com

Cara Tepat Mengatur Biaya Nikah yang Lebih Hemat

Apabila anda ingin menggelar resepsi pernikahan dengan hemat dan tidak perlu mengeluarkan biaya besar maka perlu memperhatikan beberapa hal penting untuk merealisasikannya seperti di bawah ini, yakni :

  1. Tidak Menggunakan Dekorasi Berlebihan

Pernikahan adalah hari bahagia yang akan selalu disempurnakan kedua calon pengantin agar dapat meramaikannya sehingga memberi kesan tak terlupakan. Akan tetapi, bagi mereka yang ingin lebih hemat dengan budget terbatas maka bisa menghindari penggunaan dekorasi secara berlebih karena tidak berperan penting terhadap keberhasilan acara resepsi yang akan dilaksanakan. Anda jangan pernah tergoda dengan berbagai macam penawaran atas dekorasi tertentu dengan kualitas tidak tahan lama dan pemakaiannya dalam waktu singkat.

  1. Cermati Kebutuhan Pernikahan

Jika anda tertarik untuk menggunakan bantuan wedding organizer alias WO maka perlu menganalisa beberapa paket pernikahan yang ditawarkan karena perlu disesuaikan dengan budget saat ini. Selain itu, anda juga perlu mencermati kebutuhan jelang pernikahan yang ditawarkan vendornya karena tidak semua hal yang ada dalam paket tersebut selalu digunakan sejak awal resepsi supaya anda bisa menyiasati penggunaan biaya nikah yang tidak terlalu besar namun masih meninggalkan kesan menarik bagi para tamu undangan yang akan hadir.

  1. Perencanaan Acara untuk Pernikahan

Jika anda ingin menggelar resepsi pernikahan sederhana maka bisa mempertimbangkan acara yang akan berada dalam momen sakral tersebut. Pasalnya, hal ini tidak terlalu wajib karena bersifat sekunder pada konteks pernikahan dan bertujuan untuk menghibur para tamu undangan saja, serta anda bisa mengandalkan jasa hiburan musik yang sederhana sesuai budget saat ini karena tidak mustahil apabila para tamu yang datang ke acara pernikahan hanya sekadar mendengar lagu-lagunya saja karena sibuk berbincang satu sama lain.

  1. Tentukan Lokasi Pernikahan

Untuk mendapatkan rincian pengeluaran biaya nikah yang hemat maka anda harus cerdas dan cermat ketika memilih lokasi pernikahan yang akan digunakan selama sehari penuh untuk menggelar resepsi nanti. Meski begitu, anda perlu memperhatikan luas tempat dengan jumlah tamu yang akan diundang sehingga menghindari kerugian cukup besar yang seharusnya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya dalam pernikahan, sedangkan anda bisa melangsungkan pesta pernikahan di rumah atau tempat lebih kecil apabila jumlah tamu yang hadir lebih sedikit.

www.pexels.com

  1. Memilih Busana Pernikahan

Tidak sedikit dari para calon pengantin mempunyai pilihan tersendiri untuk busana yang akan mereka kenakan, mulai dari jahit sendiri, menyewa dan membeli secara kontan. Anda harus mahir dalam menawar baju pernikahan yang akan digunakan bersama pasangan mengingat harga yang ditawarkan pihak penjual selalu tinggi dan meningkat secara berkala. Anda juga perlu memiliki kerabat atau keluarga dimana ia telah mengenal seseorang yang membuka usaha tersebut sehingga anda bisa mendapatkan busana pengantin dengan harga lebih murah.

  1. Sebar Undangan via Online

Era teknologi yang berkembang pesat seperti sekarang ini bisa anda manfaatkan untuk menghasilkan perhitungan biaya nikah lebih hemat sesuai rencana. Bagaimana tidak, salah satu siasat yang perlu diperhatikan adalah anda bisa memanfaatkan gadget dengan menciptakan undangan pernikahan anda dengan pasangan yang akan disebar via online. Anda juga akan merugi apabila surat tersebut harus disebarkan secara tatap muka karena berujung menjadi sampah sehingga hal ini bisa diperhitungkan bagi anda serta pasangan.

  1. Tentukan Hidangan Umum

Makanan adalah salah satu hal yang menjadi penilaian utama bagi para tamu undangan dalam acara pernikahan. Oleh sebab itu, supaya bisa meninggalkan kesan positif terhadap mereka yang hadir di hari bahagia anda nanti maka calon pengantin harus mampu menyiasatinya dengan menyediakan menu makanan umum alias keberadaannya mudah ditemukan dan selalu menjadi santapan harian semua orang, sedangkan hal ini tidak hanya memberikan kesenangan bagi para tamu tetapi juga menghemat biaya pernikahan sesuai rencana.

  1. Utamakan Hal-hal Prioritas

Anda perlu menekan biaya nikah sehingga lebih hemat dengan mengutamakan hal-hal yang menjadi prioritas dalam resepsi pernikahan. Anda harus menyusun rencana terlebih dahulu tentang apa saja yang menjadi aspek utama pada hari bahagia dengan pasangan nanti, contohnya adalah apabila foto pre-wedding sekaligus dalam acara resepsi harus tersedia maka anda bisa menyisihkan beberapa persen dari budget yang ada untuk jasa fotografer, serta hal-hal utama lainnya seperti makanan, cincin pernikahan dan lainnya.

www.pexels.com

8 Faktor yang Membuat Biaya Nikah Lebih Tinggi dari Ekspektasi

Selain cara efektif untuk menggelar pesta pernikahan lebih hemat di atas, ternyata anda harus mampu menghindari beberapa faktor yang membuat budget menikah semakin besar seperti di bawah ini, yaitu :

  1. Persiapan Makanan Terlalu Banyak

Tamu undangan akan merasa kecewa apabila pasangan pengantin tidak mengutamakan kehadiran mereka dengan menyediakan makanan yang enak dan lezat. Akan tetapi, hal ini juga bisa berisiko serius jika anda terlalu berlebihan dalam menghadirkan beragam jenis menu yang akan disantap para tamu yang datang ke resepsi nanti. Anda hanya perlu menyiasati hal ini dengan melihat perhitungan atas jumlah tamu yang diundang sehingga mampu meminimalisir budget anda dan pasangan tanpa harus mengeluarkan lebih untuk makanan.

  1. Tidak Mencari Informasi

Impian anda untuk memangkas biaya nikah menjadi lebih hemat hanya akan menjadi mimpi belaka apabila kurang aktif dalam menggali informasi mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan pesta pernikahan. Anda hanya perlu mencarinya dari referensi terpercaya supaya bisa memastikan apa saja yang harus tersedia ketika proses resepsi berlangsung sehingga tidak mengecewakan para tamu yang hadir, serta mengurangi penggunaan biaya atas sesuatu yang sama sekali tak terduga maupun kurang dibutuhkan.

  1. Kurang Peduli terhadap Budget

Saat merencakan resepsi pernikahan bersama pasangan, maka salah satu hal penting yang harus diingat adalah calon pengantin harus mengutamakan budget atau biaya yang dimiliki saat ini sehingga mampu mengetahui segala hal yang perlu disediakan. Namun, semua itu akan sirna apabila anda sama sekali tidak mengutamakan jumlah biaya tersebut dan lebih fokus terhadap hal-hal yang kurang penting dan tak berperan besar dalam pesta pernikahan nanti yang membuat kebutuhan biaya semakin bertambah besar.

  1. Lingkungan Tidak Mendukung

Keinginan untuk melangsungkan pesta pernikahan dengan biaya nikah lebih rendah ternyata akan rusak apabila lingkungan sekitar kurang mendukung impian dari calon pengantin yang akan segera mengikat janji suci. Pasalnya, tidak sedikit diantara mereka selaku tetangga maupun kerabat selalu saja menuntut atau memengaruhi kedua mempelai untuk menggelar resepsi yang mewah sehingga hal ini membuat anda semakin gengsi dalam merencanakan acara pernikahan sederhana dengan biaya yang jauh lebih besar dari sebelumnya.

  1. Tidak Menyusun Rencana Pernikahan

Faktor berikutnya yang membuat biaya pernikahan lebih tinggi dari harapan adalah kedua calon pengantin tidak pernah menyusun rencana mengenai anggaran yang dibutuhkan sebelumnya. Jangan heran bahwa hal ini akan membuat satu sama lain selalu ketar ketir dalam menghadapi masalah dari segi finansial jelang resepsi pernikahan nanti. Solusi tepat untuk menuntaskan perkara ini adalah dengan melakukan survei terlebih dahulu ke beberapa lokasi agar dapat membandingkan harga dan kualitas dari objek yang dibutuhkan ketika resepsi.

www.pexels.com

  1. Jumlah Tamu Terlalu Banyak

Kesalahan yang harus dihindari untuk menekan anggaran biaya nikah menjadi hemat adalah jangan pernah mengundang tamu lebih banyak hanya sekadar pesta besar semata. Bagaimana tidak, semakin banyak tamu yang datang maka budget yang dibutuhkan jauh lebih fantastis sehingga hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan siapa saja selaku calon pengantin yang akan menggelar resepsi pernikahan, sedangkan anda hanya perlu mengundang keluarga dan kerabat terdekat yang mencapai puluhan orang saja.

  1. Kehadiran Biaya Tak Terduga

Rincian mengenai resepsi pernikahan yang akan digelar sangat penting untuk diketahui calon pengantin supaya mereka bisa mengetahui apa saja yang harus dipenuhi sehingga seluruh rangkaian acara mampu berlangsung dengan khidmat. Kendati demikian, hal itu ternyata akan terganggu apabila anda dan pasangan selalu melibatkan beberapa hal yang tak terduga sehingga biaya pernikahan semakin membengkak dan umumnya berlaku untuk hal-hal tertentu yang bersifat kecil, serta perlu dihindari demi menekan anggaran yang dikeluarkan.

  1. Tidak Kreatif

Kreativitas anda akan diuji ketika jelang menggelar resepsi pernikahan dengan pasangan karena bukan hanya unjuk kebolehan saja, tetapi juga menghindari anggaran biaya nikah lebih besar dari rencana sebelumnya. Tidak menutup kemungkinan bahwa anda sendiri akan menanggung risikonya apabila kurang kreatif dan imajinatif untuk meminimalisir hal-hal yang tidak wajib dibeli dan justru bisa dibuat dengan menggunakan kerajinan tertentu seperti vas bunga, souvenir dll karena semua itu tidak mutlak dibeli karena kurang diperhatikan para tamu undangan.

Demikian penjelasan sederhana mengenai cara menekan anggaran biaya pernikahan sehingga lebih hemat dan bisa digunakan untuk kebutuhan primer lainnya. Anda juga bisa menyiasatinya dengan memilih sekaligus menentukan busana pernikahan yang akan dikenakan melalui website http://bajupengantinmuslim.net/ agar dapat memperoleh pakaian terbaik yang tidak menguras kantong terlalu dalam. Namun, apabila anda bersikeras untuk melangsungkan resepsi untuk memenuhi gengsi semata maka tidak menutup kemungkinan bahwa budget yang dibutuhkan semakin besar karena melakukan beberapa kesalahan terhadap anggaran biaya pernikahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *