Pernah makan buah delima? Buah ini memiliki banyak sekali nutrisi dan juga mineral yang penting di dalamnya. Sebut saja kalium, zinc, magnesium, antosianin dan juga antioksidan polifenol. Buah ini pun cocok untuk anda yang ingin melakukan diet karena memiliki kalori yang rendah dan juga lemak yang rendah. Jadi anda tidak perlu merasa bersalah apabila mengkonsumsi buah ini setiap harinya.

Beragam manfaat dari buah delima

Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah delima secara rutin. Langsung saja, berikut beberapa manfaat dari buah merah yang satu ini:

  1. Penambah darah

Buah delima adalah buah penambah darah karena dapat meningkatkan jumlah darah karena mengandung banyak sekali zat besi. Tidak hanya itu juga, beragam kandungan lainnya seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E sangat baik untuk tubuh. Kandungan asam askorbat juga mampu meningkatkan jumlah zat besi dalam tubuh.

pexels.com
  1. Cegah penyakit jantung

Coba konsumsi jus buah ini secara rutin setiap harinya setidaknya selama 3 bulan. Resiko penyakit jantung koroner yang anda miliki dapat menurun karena gejala iskemia karena penyempitan pembuluh darah yang ada di jantung dapat berkurang. Manfaat lainnya adalah buah ini mampu membantu tubuh untuk mengontrol tekanan darah dan juga mencegah terjadinya pembentukan sumbatan yang ada di pembuluh darah sehingga mampu menjaga aliran darah di jantung dan juga pembuluh darah yang ada di seluruh tubuh.

  1. Menurunkan kolesterol jahat

Manfaat lainnya dari buah ini adalah dapat membantu mengurangi kolesterol buruk dalam tubuh karena buah ini kaya akan antioksidan. Hal ini telah dibuktikan dengan beberapa penelitian yang menunjukan bahwa sayur dan buah yang mengandung antioksidan dan juga kaya akan serat dapat membantu mengurangi kolesterol.

  1. Menurunkan resiko radang sendi

Jika anda sering mengalami radang sendi, tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi buah ini secara langsung atau membuatnya menjadi jus buah. Hal ini dikarenakan buah merah ini memiliki sifat anti radang. Dari penelitian diketahui bahwa ekstrak dari buah merah ini memiliki senyawa yang mampu melawan kerusakan pada sendiri, khususnya pada orang-orang yang mengalami osteoarthritis.

Banyak sekali manfaat dari buah delima, walaupun masih memerlukan penelitian lebih lanjut karena masih belum banyak penelitian yang khusus meneliti buah ini, namun buah ini memiliki masa depan yang cerah alias dapat dijadikan salah satu alternatif pengobatan untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Walaupun anda masih skeptis dengan manfaat dari buah ini, tentu tidak ada salahnya sekedar mengkonsumsi buah karena tidak ada buah yang tidak bermanfaat dan baik bagi tubuh bukan? Cobalah masukkan buah ini dalam menu harian anda dan rasakan sendiri manfaatnya. Apabila anda bosan dengan menu-menu yang seperti itu saja, jangan khawatir karena anda sudah dimudahkan dengan adanya internet. Di internet anda bisa mencari menu-menu delima dengan mudah, ada yang dibuat smoothies, jus, atau dikreasikan dengan berbagai bahan makanan lainnya. Jangan menyerah sebelum anda menemukan menu yang enak.

pexels.com

Manfaat kulit delima untuk kesehatan

Buah berwarna merah yang satu ini sangatlah menarik perhatian karena warnanya yang begitu cerah. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa buah delima memiliki manfaat yang sangat banyak yang baik untuk kesehatan tubuh. Tapi tidak cukup disitu saja karena buah yang satu ini ternyata juga memiliki manfaat lain, terutama bila anda mengolah kulitnya. Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, namun juga kulitnya. Jadi ketika anda mengkonsumsi buahnya, jangan buang kulitnya begitu saja, simpan dengan baik dan anda bisa menggunakannya untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari kulit buah yang bisa anda rasakan:

  1. Mengurangi sakit tenggorokan dan juga batuk

Kulit delima yang sudah dikeringkan, ditumbuk hingga halus dan mencampur beberapa sendok serbuk delima dengan menggunakan air hangat. Anda bisa menggunakan air tersebut untuk berkumur-kumur ketika anda memiliki sakit tenggorokan dan juga batuk. Bisa dibilang cara ini adalah salah satu pengobatan rumahan yang murah dan juga mudah dilakukan.

  1. Jaga kesehatan mulut

Memiliki masalah bau mulut? Jangan khawatir, dengan mengkonsumsi kulit buah delima anda bisa memiliki nafas yang segar dan harum. Karena ekstrak dari kulit delima dapat mengurangi penyakit gusi dan juga sariawan yang dapat menyebabkan bau mulut. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan bubuk kulit delima yang sudah halus dengan air hangat, dan gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur.

pexels.com
  1. Memperlambat penuaan

Tidak ada yang ingin terlihat tua, terutama para wanita. Untuk mendapatkan kulit yang selalu kenyal dan terlihat muda, anda bisa menggunakan kulit delima. Karena di dalam kulit delima terdapat kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah kolagen yang rusak akibat paparan sinar matahari. Dengan begitu kulit akan selalu mulus karena keriput dapat dicegah. Cara menggunakan kulit delima adalah dengan mencampurkan serbuk kulit delima yang sudah halus dengan madu atau air mawar. Kemudian oleskan di wajah secara merata seperti ketika anda menggunakan masker.

 

Tindo Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *