Dalam kehidupan sehari-hari wc memang menjadi salah satu hal yang paling urgent. Pasalnya wc digunakan untuk pembuangan hasil metabolisme tubuh yangsudah menjadi hal yang penting bagi manusia. Karena jika tidak bisa mengeluarkan metabolisme maka akan terjadi penyakit yang tidak diinginkan. Namun terkadang tidak sadar bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok saat bab akan membuang putung rokok ke dalam lubang wc tersebut, atau bagi wanita yang sedang menstruasi membuang  pembalutnya di dalam wc tanpa memikirkan dampak apa nantinya yang akan terjadi.

Hal tersebut akan mengakibatkan wc anda mampet dan tentunya jika anda sedang bab lalu tiba-tiba wc mampet tidak bisa diguyur air pastinya ada rasa risih atau bahkan jijik dan jengkel. Tapi anda jangan khawatir dalam artikel ini akan membahas bagaimana cara mengatasi wc mampet dan cara merawat wc dengan baik agar tidak mampet. Cara tersebut bisa anda aplikasikan pada wc kesanyangan anda. Berikut ini cara untuk mengatasi wc yang mampet yang bisa anda pelajari.

pexels.com

Cara mengatasi wc mampet

  1. Soda api

Salah satu cara mengatasi wc mampet yaitu dengan menggunakan bahan soda api yang memiliki kandungan natrium hidroksida. Dengan kandungan tersebut soda api bakan bereaksi dengan munculnya gelembung-gelembung yang berfungsi untuk menghancurkan benda-benda yang masuk dalam toilet. Namun yang bisa dihancurkan yaitu benda yang berjenis organik. Anda juga tak perlu khawatir jika soda api bakal menyumbat wc anda, karena jika sudah terkena air ia bakal memuai karena terkena air. Jika benda-benda telah hancur dan masuk dalam pembuangan maka wc siap digunakan lagi. Tentunya setelah anda hilangkan benda-benda di dalamnya jangan diulangi lagi membuang benda apapun ke dalam wc anada. Apalagi ketika selesai mencuci jangan sampai membuang air cucian ke dalam wc. Hal tersebut akan mematikan bakteri yang ada di dalam pembuangan yang memiliki fungsi untuk memakan metabolisme yang dikeluarkan oleh manusia.

  1. Sedot wc yang punya daya hisap yang baik

Ketika air yang ada pada toilet anda meluap jangan disiram dengan jumlah air yang banyak, namun siramlah sedikit-sedikit. Karena jika anda siram dengan jumlah air yang terlalu banyak dikhawatirkan bakan meluap lebih banyak. Dan segeralah mengundang jasa sedot wc yang memiliki daya hisap yang baik dan ampuh. Salah satunya yaitu sedot wc surabaya yang bisa memberikan layanan sedot wc dengan daya hisab yang baik. Hal ini menjadi solusi dan cara mengatasi wc mampet, karena bisa menyedot barang-barang yang menjadi masalah wc mampet selain itu air yang ada di dalam pembuangan juga akan terkuras sehingga wc anda bisa digunakan dengan lancar lagi tanpa berurusan dengan mampet-mampet lagi.

  1. Soda kue dicampur dengan cuka

Selain dengan menggunakan alat atau soda api larutan soda kue dengan campuran cuka juga dapat dijadikan alternatif untuk membersihakan wc anda yang tersumbat. Caranya sangat mudah yaitu larutan soda kue dicampur dengan cuka ini sebelumnya anda menyiramkan air panas kira–kira setinggi pinggang ke dalam lubang wc agar kotoran–kotoran organik atau kerak pada wc dapat melunak sehingga dapat terdorong masuk kedalam penampungan. Lalu masukkan campuran cuka dan soda kue kemudian diamkan hingga semalam barulah esok harinya siram dengan air hingga benar-benar tidak ada lagi kotoran yang menyumbat dengan dibuktikan lancar ketika disiram.

pexels.com
  1. Pakai orok wc

Kini sudah banyak sekali alat untuk membersihkan wc dari sumbatan barang-barang. Salah satunya dengan menggunakan orok wc yang bisa anda beli di toko-toko ataupun di supermarket yang dekat dengan rumah anda. Orok wc memiliki berbagai macam namun fungsinya sama yaitu untuk membersihkan wc. Anda bisa membeli orok wc dengan bentuk yang lentur agar bisa dimasukkan ke dalam lubang wc hingga bagian dalam. Biasanya untuk rambut-rambut yang masuk ke dalam wc akan nyangkut pada orok tersebut akhirnya wc tak tersumbat jika sering dibersihkan dengan orok tersebut.

Demikian beberapa tips cara mengatasi wc mampet yang bisa anda aplikasikan pada wc anda yang tersumbat. Setelah wc lancar dan bisa digunakan lagi sebaiknya anda merawat wc dengan sebaik mungkin agar tidak terjadi mampet lagi. Karena meskipun wc adalah hal yang sepele namun keberadaan wc sangatlah penting untuk urusan membuang metabolisme anda. untuk itu merawat wc juga perlu anda lakukan, lalu bagaimana cara merawat wc? Berikut ini beberapa tips untuk merawat wc agar tidak mampet.

pexels.com

Cara merawat wc agar tidak mampet

  1. Bersihkan secara berkala

Ketika wc anda bersih maka barang-barang lain tidak akan masuk ke dalam lubang wc. Dengan membersihkan secara teratur kuman-kuman juga tak hinggap di dalam wc anda sehingga hidup pun akan sehat. Kerak yang sering menghinggapi wc bakal terusir ketika anda sering membersihkan.

  1. Bersihkan dengan cairan khusus pembersih toilet

Cara mengatasi wc mampet yaitu dengan rajin membersihkan wc dengan cairan khusus wc yang banyak tersedia di pasaran bebas. Dengan sering membersihkan kerak-kerak yang bisa juga menjadi penghambat wc mampet bakal hilang. Sehingga wc tidak lagi mampet akibat kerak yang membandel yang mengganggu saluran menuju penampungan.

  1. Bersihkan dengan Belimbing wuluh

Belimbing wuluh juga bisa menjadi bahan yang bisa digunakan untuk merawat tolit agar bersih dan terhindar dari bakteri. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggosokkan belimbing wuluh tersebut pada bagian wc yang memiliki kerak baik membandel maupun kerak yang biasa. Lalu diamkan sampai kering kemudian anda bisa menyikatnya dan bilas menggunakan air bersih jika masih ada noda bisa diulangi lagi seperti cara sebelumnya hingga noda benar-benar hilang.

pexels.com
  1. Bersihkan dengan kaporit

Kaporit juga menjadi salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan kerak yang membandel pada wc. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan menyiram wc dengan air panas kemudian taburi dengan kaporit tunggu hingga 30 menitan kemudian sikat wc lalu siram dengan air bersih, jika masih terlihat kotor bisa diulangi lagi. Hal tersebut akan mengurangi terjadinya wc mampet akibat kotoran yang masuk dalam lubang wc.

Demikian ulasan artikel mengenai cara mengatasi wc mampet dan cara merawat wc agar terhindar dari mampet. Jangan malas untuk membersihkan wc secara berkala karena membersihkan wc bisa menjadi salah satu alternatif agar wc tidak mampet. Selain itu jangan terlalu sering memasukkan cairan seperti air bekas cucian karena limbah tersebut bisa membunuh bakteri yang mengancurkan metabolisme, ketika bakteri mati maka metabolisme tak bisa hancur dan akan membuat penampungan wc tersebut bakal penuh dan akan mengakibatkan wc mampet hingga meluap yang bisa mengganggu indera penciuman anda dan juga tetangga.

Tindo Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *