Deskripsi

Anda belum mengetahui cara bedakan burung robin jantan dengan betina? Ada cara mudah, untuk melakukannya. Bagaimanakah cara membedakan burung yang dimaksud?

 

Artikel

Burung di Indonesia sangatlah beragam jenisnya. Bahkan terdapat burung dari luar negeri yang memiliki kesempatan hidup dan berkembang biak di Indonesia. Burung yang dimaksud adalah Burung Robin yang berasal dari Cina. Burung ini banyak disukai karena memiliki warna bulu yang menarik. Karena dibagian leher dan paruhnya memiliki warna cerah, yaitu kuning dan merah. Karena sama-sama memiliki warna yang cantik, sulit untuk membedakan burung jantan ataupun betina. Lantas, adakah cara mudahnya?

 

3 Cara Mudah Membedakan Burung Robin Jantan dan Betina

Terdapat tiga cara yang dapat dilakukan untuk membedakan burung jenis robin jantan maupun betina. Caranya cukup mudah, jadi tidak perlu takut kesulitan. Berikut informasi lengkapnya.

 

  1. Perhatikan Supit Burung

Satu hal yang mudah dilakukan adalah perhatikanlah supit burung. Pengecekan supit burung dapat dilakukan pada semua jenis burung, termasuk jenis Robin. Untuk membedakannya, anda dapat melihat apakah supit burung rapat ataupun sebaliknya. Jika burung ini nampak rapat, maka burung tersebut jantan. Sedangkan jika longgar, maka burung tersebut adalah betina.

 

  1. Perhatikan Paruh Burung

Jika kesulitan dengan cara pertama, perhatikan pula cara lain. Salah satunay dengan melihat paruh burung yang tersedia. Paruh burung robin jantan, akan terlihat lebih gelap dibandingkan burung betina. Di mana, paruh burung jantan, warnanya adalah orange kekuningan. Sedangkan paruh betina adalah orange kekuning-kuningan. Jika penasaran, perhatikan gambar di internet.

 

  1. Perhatikan Kicauan Burung

Satu langkah lain yang harus diperhatikan adalah kicauan suara burung. Hal ini dapat membantu anda untuk membedakan apakah burung yang dimilikki jantan ataupun betina. Suara kicauan burung jantan, memiliki suara yang lebih bervariasi. Sedangkan burung betina, memiliki kicauan burung yang monoton dan hanya digunakan sebagai suara panggilan saja.

 

Mudah bukan untuk membedakan burung robin jantan ataupun betina? Jadi tidak perlu kebingungan untuk menentukan burung manakah yang siap dijual dan dijadikan sebagai indukan. Namun saat sudah memilikinya, pastikan bahwa merawat burung ini dengan benar agar dapat dipelihara hingga dewasa.

 

Tindo Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *