Anak 90an, masih ingatkah buah mungil terbungkus kulit tipis berbentuk serupa belimbing, namun lembut, yang sering digunakan untuk bahan main masak-masakan? Buah ini banyak ditemukan di dekat pohon-pohon rindang, pinggir sawah, juga kerap tumbuh liar di sekitaran kebun. Ya, ia adalah buah pohon ciplukan.

Pohon ciplukan atau disebut juga dengan nama golden berry dulu hanyalah dianggap tanaman liar yang diketahui tidak memiliki manfaat sama sekali. Saking dianggap tidak bermanfaat, buah manis dari pohon ini kerap digunakan sebagai bahan main masak-masakan dan berakhir dipembuangan.

Siapa sangka, ciplukan yang dianggap tak berguna ini, kini telah berubah menjadi komoditi yang memiliki harga jual cukup fantastis. Buah pohon ciplukan bahkan bisa dengan mudah ditemukan di supermarket besar dengan banderol harga mencapai ratusan ribu rupiah per kilogramnya. Hal ini bisa dikatakan wajar, karena orang semakin banyak yang mengetahui khasiat dari buah pohon ciplukan untuk kesehatan.

Beberapa khasiat luar biasa dari buah pohon ciplukan, yaitu sebagai berikut:

  • Mengurangi kolestrol

Dalam buah ciplukan terdapat kandungan Asam Oleat dan Linoleat yang memiliki khasiat menurunkan jumlah kadar kolestrol jahat di tubuh. Kedua jenis asam ini juga mampu menjaga keseimbangan kolestrol untuk memastikan keadaan jantung baik, serta menangkal radikal bebas.

  • Mengatasi berat badan

Buah ciplukan yang berkalori rendah ini mampu menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan atau asupan untuk program diet. Buah cuplikan hanya mengandung 53 kalori per 100 gramnya dan bisa menjadi asupan nutrisi yang baik tanpa menyumbang lemak ataupun kalori yang bersifat negatif

  • Mengatasi nyeri sendi

Terdapat kandungan senyawa antiinflamasi yang terkandung dalam ciplukan. Ini dapat mengatasi rasa nyeri yang disebabkan oleh asam urat, radang sendi, nyeri otot, dan lainnya. Bahkan, ekstrak buah ini juga bisa mengatasi nyeri karena penyakit lupus.

  • Menjaga kesehatan mata

Karotenoid yang terkandung dalam buah ciplukan sangat baik utnuk meningkatkan kesehatan mata. Kandungan ini juga mampu mencegah terjadinya penyakit katarak dan menjaga ketajaman penglihatan.

 

Tindo Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *