Fakta Menarik Tentang Tiongkok yang Jarang Diketahui

Saya tinggal satu tahun di China, sebagai siswa dan sebagai guru bahasa Inggris. Saya ingat banyak hal dari masa tinggal saya di Tiongkok, tetapi saya telah mendaftarkan 5 hal yang paling mengejutkan saya, hal-hal yang saya alami secara langsung dan juga pola keseluruhan tentang Tiongkok.

Apakah Anda merencanakan perjalanan ke Tiongkok atau mempertimbangkan untuk pindah ke sana dalam jangka panjang, harapan saya adalah bahwa perspektif saya memberi Anda wawasan tentang apa yang dapat Anda harapkan di Tiongkok.

Ekonomi Tiongkok

Cina adalah ekonomi terbesar kedua di dunia yang segera menggantikan Amerika Serikat sebagai Negara Adidaya di dunia; PDB Tiongkok diperkirakan dua kali lipat dari Paman Sam pada 2050.

Ada waktu di masa lalu, ketika orang akan mengasosiasikan China dengan tenaga kerja murah membuat sepatu dan pakaian dan memproduksi produk-produk murah, berkualitas rendah dan bernilai rendah seperti mainan.

Tetapi hari-hari itu sudah berakhir, hari-hari itu jauh di belakang kita; dan industri tekstil Tiongkok yang lama dan bernilai rendah sedang direlokasi ke negara-negara Asia dan Afrika yang berdekatan.

Dan sekarang Tiongkok menjadi pemimpin kelas dunia dalam teknologi dan inovasi. Bahkan, pada kuartal kedua tahun 2018, perusahaan rintisan Cina menerima 47% dari total pendanaan dunia, berada di puncak daftar untuk pertama kalinya (Amerika dan Kanada hanya menerima 37% dari total pendanaan di seluruh dunia).

Saya pikir kita mengalami terobosan dalam geopolitik dan hubungan internasional. Selama berabad-abad terakhir, Barat (dengan Amerika memimpin) telah mendominasi dunia dalam hal ideologi, perdagangan, teknologi dan militer.

Sekarang setelah Cina menjadi Negara Adidaya Dunia , mereka mengubah aturan main dan membentuk kembali dunia tempat tinggal kita.

Ayah saya menunjukkan kepada saya sepotong rekaman yang diambil kakek saya selama perjalanan kerjanya ke Cina pada 1950-an. Tak perlu dikatakan bahwa negara telah sepenuhnya bermetamorfosis sejak itu, pergi dari sepeda dan rumah kayu ke mobil dan gedung pencakar langit.

Pembentukan organisasi yang aneh

Tinggal di China Anda akan mengalami hal-hal yang tidak akan Anda saksikan atau alami di mana pun, seperti bangunan yang dibentuk di depan mata Anda, dan toko yang sepenuhnya direnovasi dan diubah semalaman ― dan sebagai orang Barat yang tinggal di Cina Anda akan menemukan pikiran itu hembusan.

Biarkan saya berbagi dengan Anda pengalaman yang terukir selamanya di pikiran saya. Dulu ada restoran cepat saji yang dulu sering saya lewati (dan kadang-kadang makan di) dalam perjalanan pulang-pergi dari institusi tempat saya mengajar bahasa Inggris .

Tetapi suatu hari, dalam perjalanan kembali ke rumah saya menyadari bahwa restoran cepat saji telah tutup, hanya untuk menyadari sehari setelah itu dibentuk kembali menjadi sebuah toko pakaian.

Kisah nyata. Saya terpana dan terpesona pada kecepatan di mana toko-toko di Cina dapat dibeli, sepenuhnya direnovasi dan berubah menjadi bisnis baru. Ini benar-benar terjadi dalam semalam.

Keinginan bersama untuk belajar bahasa Inggris.

Kebanyakan orang Tionghoa tidak dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik, tetapi saya terkejut dengan jumlah orang yang benar-benar ingin belajar bahasa dan mempraktikkannya: Ada 300 juta orang di Cina yang aktif belajar bahasa Inggris.

Jika Anda sedang tinggal di kota besar seperti Shanghai, Beijing atau Hong Kong orang mungkin akan sombong Anda, tetapi jika Anda tinggal di 2 nd tier atau 3 rdkota-kota tingkat Anda akan bertemu dengan orang-orang yang ingin berbicara dan berlatih bahasa Inggris dengan Anda.

Meskipun kebanyakan orang Tionghoa dari generasi sebelumnya tidak memiliki pengetahuan bahasa Inggris yang buruk, mereka ingin anak-anak mereka dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik.

Ada penekanan besar pada belajar bahasa Inggris; Orang tua Tionghoa menjadikan prioritas bahwa anak-anak mereka belajar bahasa Inggris, dan akibatnya ada permintaan besar bagi guru Bahasa Inggris Barat untuk datang dan mengajar bahasa Inggris kepada anak-anak mereka.

Untuk memberi Anda ide, ada 100.000 guru ESL pergi ke Cina setiap tahun untuk mengajar Bahasa Inggris, tetapi jumlah itu masih sedikit dibandingkan dengan permintaan.

Pentingnya menjaga wajah

Perawatan wajah adalah aspek mendasar dari budaya Tiongkok , dan sebagai orang Barat atau Orang Asing yang tinggal di Tiongkok, Anda harus memahami pentingnya. Perawatan wajah adalah kehormatan. Perawatan wajah adalah kebanggaan. Menjaga wajah adalah martabat. Bagi banyak orang Tiongkok, kehilangan muka adalah pengalaman yang memalukan dan menghina. Dan Anda tidak ingin menyebabkan itu.

Sekarang apa maksudnya secara persis, bagaimana Anda membuat seseorang kehilangan muka? Yah, pada dasarnya Anda tidak ingin membuat seseorang terlihat buruk di depan orang lain baik secara eksplisit maupun implisit. Penampilan sangat penting di Cina.

Jenis seperti di Barat, jenis seperti di mana-mana Anda mungkin berdebat ― tentu saja, tetapi di Cina menghadapi dimensi budaya yang bukan bagian dari cara Barat kita.

Di Cina Anda tidak boleh meneriaki orang di depan umum, juga tidak secara terbuka mengkritik mereka, atau bahkan lebih buruk lagi, menghina atau merendahkan mereka.

Melakukannya adalah seperti melakukan pelanggaran langsung atas kehormatan, kebanggaan, atau harga diri mereka, dan itulah yang terburuk yang dapat Anda lakukan pada orang Cina.

Obrolan ringan dan keterusterangan

Banyak percakapan saya dengan orang-orang Cina melibatkan pembicaraan ringan dan keterusterangan tiba-tiba. Ketika Anda tidak terbiasa dengan gaya komunikasi ini, Anda mungkin akan lengah. Sebagai contoh, saya pernah berada di rumah sakit dan ingin memiliki beberapa informasi dan bertanya kepada salah satu pegawai rumah sakit; yang dia jawab sebagai fakta: “Apa masalahmu?”. Sekarang di Barat ketika seseorang mengatakan itu, biasanya ada agresivitas dan permusuhan yang melekat padanya, tapi itu bukan kasus petugas yang menanyakan pertanyaan itu: dia lebih spesifik dalam kata-katanya dan ingin tahu apa yang menyebabkan masalah bagi saya sehingga dia bisa membantu saya dengan solusinya.

Fakta Tentang Seni Bela Diri Cina

Ada banyak dinasti yang membentuk sejarah seni bela diri Tiongkok. Ketika Anda melihat sejarah seni bela diri Tiongkok, sebenarnya cukup sulit untuk menemukan asal-usulnya yang asli dan alami.

Referensi paling awal yang diketahui berasal dari abad ke-5 SM dan dapat ditemukan dalam apa yang disebut “Sejarah Musim Semi dan Musim Gugur”, di mana bentuk teknik pertarungan tangan-ke-tangan yang “lunak” dan “keras” disebutkan.

Gaya seni bela diri Cina lainnya termasuk, tetapi tentu saja tidak terbatas pada:

Wushu

Dikenal lebih di dunia kontemporer sebagai tidak benar-benar gaya, tetapi lebih sebagai olahraga atau kecakapan memainkan pertunjukan bentuk.

Tai Chi

Gaya bela diri internal yang sangat populer yang ditandai dengan teknik pernapasannya. Jutaan orang berlatih seni bela diri ini untuk menghilangkan stres, tujuan meditasi, dan kesehatan serta keseimbangan dalam kehidupan mereka yang penuh stres.

Kung Fu

King Fu digunakan di dunia kontemporer untuk menggambarkan banyak gaya seni bela diri di Tiongkok. Ada juga berbagai sub gaya Kung Fu dari Cina Utara dan Selatan. Sedangkan wilayah utara membual Shaolin, Eagle Claw, Long Fist dan Monkey Style dan wilayah Selatan mengklaim Wing Chun, Hung Gar, dan Choy Li Fut.

Shuai Jiao

Shuai Jiao adalah salah satu seni bela diri pertama di Cina. Shuai Jiao diajarkan kepada pasukan dengan cara memanfaatkan tanduk pada helm mereka dan melempar serta pertempuran darat adalah fokus utama seni bela diri ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *