Keyword : ikan badut

 

Selama ini pasti anda sudah tidak asing dengan film Finding Nemo yang begitu populer. Dimana film tersebut menceritakan tentang sekor ikan berwarna jingga bergaris putih. Ternyata ikan tersebut merupakan ikan badut yang mungkin namanya belum diketahui oleh banyak orang. Namun dalam bahasa Indonesia ikan ini mempunyai nama lain yaitu ikan giru. Pemberian nama badut pada ikan ini sesuai dengan warna ikan yang cerah mirip kostum badut.

Dibalik warnanya yang menarik, ternyata ikan ini memiliki fakta unik yang selama ini belum banyak diketahui. Berikut ini akan dijelaskan fakta tentang ikan giru yang perlu anda ketahui.

  1. Ikan Ini Terlahir sebagai Jantan
    Fakta yang pertama mengenai ikan ini yaitu semua ikan ini terlahir sebagai jantan. Biasanya ikan ini juga hidup secara berkelompok dan terdiri dari beberapa ekor ikan. Ikan tebesar dalam kelompok akan memperoleh 2 posisi teratas. Selanjutnya ikan terbesar akan berganti kelamin menjadi betina dan bertugas untuk bertelur. Sedangkan ikan besar satunya bertugas membuahi ikan betina. Sedangkan ikan yang lain adalah pejantan yang tidak aktif secara seksual.
  2. Bersimbiosis Mutualisme dengan Anemon Laut
    Ikan jenis ini juga menjalin hubungan yang menguntungkan dengan anemon laut. Anemon laut mempunyai tentakel yang menyengat tapi ikan ini justru kebal dengan sengatan tersebut dan berlindung di dalam anemon laut dari predator. Sedangkan anemon laut diuntungkan oleh ikan ini karena keberadannya bisa agresif mengusir pemangsa anemon.
  3. Ikan Ini Tidak Jago Berenang
    Ikan ini biasanya lebih suka berada di dalam anemon laut sebagai tempat tinggalnya. Ikan ini memang bisa berenang cepat menghindari predator tetapi hanya beberapa saat saja. Untuk itulah ikan ini berlindung di dalam anemon laut karena kemampuan berenang ikan ini yang tidak begitu jago.
  4. Ikan Ini adalah Ayah yang Baik
    Ikan jantan tidak hanya bertugas membuahi ikan betina tetapi juga mempersiapkan tempat untuk ikan betina agar bisa bertelur secara aman. Kemudian si ayah akan menjaga telur-telur tersebut lalu membersihkan sarang dari kotoran.
  5. Bisa Hidup Lebih Lama di Alam
    Jenis ikan ini ternyata hanya bisa hidup selama 10 tahun di alam. Namun bila dipelihara hanya bisa bertahan hingga 2-5 tahun saja.

Demikianlah penjelasan mengenai fakta ikan badut yang bisa menambah wawasan anda. Ikan yang unik dan cantik satu ini memang begitu memukau untuk dipelihara. Namun akan lebih baik tidak memeliharanya agar populasi mereka tetap banyak di alam.

 

Tindo Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *