Istilah mod dalam dunia game mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta game. Mod berasal dari modification atau modifikasi, artinya game dapat dibuat baru dengan melakukan modifikasi di beberapa bagian. Biasanya pada background suara, karakter, dan lain sebagainya.

Pada umumnya sebuah game dibuat melalui proses yang cukup rumit. Pengembangan game juga melalui proses yang panjang. Namun beberapa game android mod masih sering dijumpai. Beberapa orang dapat membuat game baru dengan mod atau modifikasi.

Para gamers yang merasa bosan juga bisa melakukan modifikasi sehingga menghasilkan game baru yang lebih menarik. Beberapa yang lainnya sengaja dilakukan untuk bisa membuat aplikasi menjadi gratis, padahal versi aslinya merupakan game berbayar.

Tidak sulit untuk menemukan game versi mod ini melalui search engine. Cukup ketikan nama aplikasi atau game yang didownload dan beri tambahan kata mod. Sebelum download, game lama atau versi aslinya harus dihapus terlebih dahulu. Beberapa game berikut adalah yang populer melalui pengembangan mod.

pixabay.com

Game Populer yang Dikembangkan dari Mod

Ada banyak game terkenal dan populer yang sebenarnya dikembangkan dari Mod. Berikut adalah berapa contoh game populer dibuat dari mod.

  1. The Stanley parable

The Stanley Parable merupakan game yang dimodifikasi dari Half-Life 2 yang berhasil dilakukan oleh Davey Wreden. Game buatannya tersebut berhasil menawarkan sesuatu yang baru bagi Anda yang sudah bosan dengan game yang itu-itu saja.

Game yang dikembangkan dari mod ini menggunakan konstruksi ruang seperti game aslinya. Namun untuk versi mod, The Stanley Parable menghilangkan permainan tembak-tembakan. Mungkin akan terlihat absurd dan terasa aneh untuk dimainkan, tetapi game yang dimodifikasi ini justru menjadi unik.

  1. Insurgency

Game populer Half-Life 2 merupakan kategori game shooter. Modifikasi populer tersebut menghasilkan game baru dengan judul Insurgency. Sayangnya game versi mod tersebut tidak dipilih Valve karena lebih tertarik game lain yakni Counter-Strike.

Pada tahun 2019, New World Interactive berhasil mengembangkan game versi mod dari Half-Life 2. Komunitas yang menggalang dana untuk menghadirkan versi mod game tersebut menyukai Insurgency. Game ini dianggap memiliki gameplay yang lebih beragam dengan cerita yang lebih realistis.

  1. Day Z

Day Z merupakan game android yang dikembangkan dari mod di game populer Arma 2. Kategori game ini adalah shooter dan eksplorasi yang dikembangkan sejak tahun 2013. Dikembangkan oleh Bohoemia Interactive, Day Z menyajikan game dengan peningkatan pada kualitas grafis yang disajikan.

Game yang dikembangkan dari mod ini berhasil dengan gameplay single player yang memiliki cerita realistis. Pengembang juga mengeluarkan ekspansi pada konsol. Day Z disebut-sebut sebagai inspirasi dari terciptanya game terpopuler sekarang yakni PUBG.

pixabay.com
  1. Auto Chess

Gameplay baru dari versi mods yang cukup berhasil selanjutnya adalah Auto Chess. Game ini dikembangkan dari sebuah mod di game Dota 2. Game dari mod yang sangat orisinal tersebut menawarkan banyak hal menarik dan menjadi populer.

Pengembang game asli atau Dota 2 yakni Valve meminta untuk Auto Chess menggunakan karakter baru karena masih memakai karakter Dota 2. Game dari mod ini juga membuat banyak pengembang melakukan imitasi atau mengembangkan game dari mod.

  1. Counter-Strike

Counter Strike merupakan game yang dikembangkan dari mod di game Half-Life. Steam memodifikasi game dengan menawarkan shooter taktis dan cerita yang realisme. Modifikasi game yang satu ini disebut-sebut sebagai game yang paling populer.

Valve merilis game dari mod ini pada tahun 2000 silam. Counter-strike yang awalnya hanya disebarkan di forum online tersebut, kini menjadi game sekuel yang paling populer. Tembak-tembakan atau aksi shooter di dalam dianggap sebagai yang paling mutakhir.

pixabay.com
  1. PUBG

PUBG merupakan game android yang ternyata termasuk game yang dikembangkan dari mod. Brendan Greene menciptakan PUBG sebagai modifikasi dari Arma 3. Game ini termasuk game yang bertema battle royal dengan mekanisme permainan yang unik.

Brendan kemudian dikontrak oleh BlueHole untuk menciptakan game dari mod dan mengimplementasikan PUBG. Setelah dikembangkan dan akhirnya dua tahun kemudian game dari mod ini resmi dirilis. Berkat game ini pula, kategori game battle royal semakin populer.

  1. Dota 2

Game populer yang ternyata dikembangkan dari mod lainnya adalah Dota 2. Awalnya DotA merupakan game yang dikembangkan melalui mod dari game Warcraft III: Frozen Throne. Game ini dikenal baik oleh pecinta Dota termasuk saat masih berupa DotA Allstars.

DotA pada awalnya adalah sebuah tampilan map yang dibuat dengan mod custom scenario. Steve Feak mengembangkan game dari mod tersebut dengan membuat game baru yang memiliki karakter hero. Game dengan kategori real time strategi yang populer membuat Steve berani melakukan modifikasi.

Gameplay baru yang berhasil diciptakan Steve ini adalah League of Legends. Sementara Dota 2 selesai dikembangkan oleh IceFrog dan resmi dirilis Valve melalui steam. Game ini pun hadir sebagai game bertema MOBA yang kini merupakan genre yang paling populer.

Itulah beberapa game android mod yang populer bagi para gamers. Game tersebut membuktikan bahwa para pengembang termasuk pecinta game bisa menuangkan ide dan kreativitas untuk menghasilkan gameplay baru.

 

Tindo teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *