Bagi anda yang sangat senang mendaki mungkin sudah banyak gunung – gunung yang anda taklukkan sebelumnya. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang mempunyai jumlah gunung terbanyak di dunia dibandingkan negara lainnya. Gunung – gunung yang ada di Indonesia ini ada yang merupakan gunung akif berapi dan ada juga gunung yang non aktif sehingga banyak dijadikan sebagai tempat mendaki yang difavoritkan. Indonesia mempunyai beberapa gunung yang bisa anda nikmati yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya ada di pulau jawa.

Pulau jawa juga termasuk salah satu wilayah yang ada di Indonesia yang mana di dalamnya terdapat berbagai gunung cantik. Sebagai salah satu anak muda tentu saja melakukan kegiatan mendaki ini sangat menyenangkan untuk dilakukan, salah satu manfaat mendaki adalah para pendaki bisa merasakan berbagai keindahan yang belum tentu di temukan di kota. Selain itu dengan mendaki para pendaki bisa dengan mudah merasakan kedekatan dengan alam yang lebih dalam. Tidak hanya merasakan nikmatnya dengan alam, mendaki ternyata ada filosofinya bagi kehidupan. Sebelum membahas gunung di Jawa Timur yang bisa anda datangi, kini akan dijelaskan mengenai filosofi perjalanan hidup dari kegiatan mendaki gunung tersebut.

www.pexels.com

Filosofi Mendaki Gunung

Sebagai seorang pendaki sejati, ketika mendaki gunung tidak hanya sekedar ingin sampai di atas puncak gunung saja, melainkan ada banyak hal – hal lainnya yang ditemukan di setiap langkah kaki menuju puncak gunung. Sejatinya anda akan menemukan banyak folosifi hidup yang sangat bermakna ketika anda mendaki gunung, bagi anda yang belum tahu mengenai makna mendaki gunung ini anda bisa menyimak informasi yang ada di bawah ini.

  1. Siapkan Tujuan Sebelum Mendaki Gunung

Ketika anda mendaki gunung maka hal utama yang harus anda siapkan adalah tujuan mendaki. Mungkin setiap orang mempunyai tujuannya masing – masing ketika akan mendaki, ada orang yang ingin mendaki karena ingin merasakan bagaimana rasanya berada di puncak gunung ataupun ada tujuannya yang lain. Nah tentu saja tujuan mendaki ini sama halnya ketika anda ingin menjalani kehidupan, ketika anda menjalani kehidupan ini anda harus mempunyai tujuan yang tepat. Dari menyiapkan tujuan tersebut maka jalan yang akan anda lalui menjadi lebih mudah. Itulah yang membuat kegiatan mendaki gunung ini terdapat berbagai filosofi kehidupan.

  1. Menyiapkan Peralatan Mendaki Langkah Utama

Sebelum mendaki gunung maka anda membutuhkan perlatan mendaki yang lengkap. Ketika anda menyiapkan peralatan mendaki ini maka anda bisa mengatur kebutuhan – kebutuhan yang anda butuhkan, hal ini sangat membantu anda ketika anda ingin melakukan berbagai hal atau ingin berpergian maka anda bisa lebih mudah menentukan perlatan yang anda bawa.

  1. Mendaki Bersama Teman – Teman Lebih Menyenangkan

Mendaki memang identik dengan orang banyak, jarang ditemukan seseorang sendirian yang mendaki gunung. Hal ini juga menggambarkan filosofi bahwa ketika menjalani kehidupan semua orang membutuhkan bantuan orang, pasalnya manusia hidup menjadi salah satu makhluk sosial.+

www.pexels.com
  1. Bukan Menaklukan Gunung Tapi Diri Sendiri Juga Ditaklukan

Ketika mendaki gunung mungkin anda merasa sudah puas karena bisa menaklukan gunung tersebut. Namun pada dasarnya ketika anda mendaki gunung anda tidak hanya menaklukan gunung saja melainkan menaklukan diri anda sendiri. Mendaki gunung bukanlah hal yang mudah yang bisa dilakukan semua orang, ketika anda berhasil sampai di atas maka anda sudah bisa menaklukkan diri anda, pasalnya untuk sampai di atas puncak anda akan melewati banyak rintangan di perjalanannya.

  1. Membutuhkan Pengorbanan Yang Tinggi

Tidak semudah yang dibayangkan mereka yang belum pernah mendaki gunung, para pendaki gunung ketika melangkahkan kakinya menuju puncak tentu saja akan melakukan banyak pengorbanan untuk bisa sampai di atas. Sama halnya ketika menjalankan kehidupan sehari – hari, semua orang akan membutuhkan pengorbanan untuk mencapai tujuan yang diinginkan masing – masing.

  1. Keluar Dari Zona Nyaman Mencari Keindahan

Sesuatu yang indah yang ingin anda temukan didunia ini harus anda lalui dengan perjuangan atau pengorbanan yang cukup berat. Sama halnya ketika anda ingin merasakan sesuatu yang indah, anda harus bisa keluar dari zona nyaman. Dengan mendaki gunung maka anda akan belajar bahkan untuk menemukan sesuatu yang indah dan baru tidaklah mudah, anda harus keluar dari zona nyaman dan harus mengeluarkan pengorbanan yang cukup besar.

  1. Tubuh Butuh Istirahat Jangan Dipaksa

Filosofi mendaki gunung yang sesuai dengan kehidupan yakni membutuhkan istirahat. Tidak hanya mendaki gunung saja yang membutuhkan waktu istirahat, ketika anda menjalankan kehidupan yang begitu sibuk anda juga membutuhkan waktu untuk istirahat. Jangan sekali – kali memaksakan tubuh untuk melakukan kegiatan diluar kemampuan tubuh, ketika tubuh lelah maka anda harus menghentikan aktivitas pada tubuh anda sehingga anda tidak akan mudah sakit.

 

  1. Merasa Menjadi Makhluk Keci Ketika Berada Dipuncak

Ketika sudah sampai di atas puncak anda akan merasa bahwa anda hanyalah makhluk kecil yang  berada di bumi . Kamu akan merasa bahwa didunia ini ada berbagai makhluk hidup yang saling membutuhkan satu sama lain.

 

  1. Banyak Orang Baik Diluar Sana

Untuk bisa sampai di atas puncak anda akan membutuhkan banyak pengrobanan yang tidak ada habisnya. Ketika anda merasa bahwa di dunia tidak ada orang yang baik maka anda akan menemukan banyak orang baik ketika mendaki gunung. Walaupun anda membutuhkan perjuangan yang sangat luar biasa untuk sampai di atas puncak, anda tidak akan merasa kesusahan karena ada banyak orang baik di setiap langkahmu. Filosofi ini sangat cocok dengan kehidupan ketika anda merasa sendirian dan tidak ada orang yang baik maka anda akan menemukan banyak orang – orang baik di luar sana.

 

  1. Keluarga Adalah Harta Berharga Ketika Sendirian

Mempunyai banyak orang yang anda sayang dan selalu anda temui setiap hari mungkin rasa kangen jarang untuk anda rasakan. Ketika anda merasa bahwa keluarga bukanlah hal yang luar biasa, maka ketika anda berada di atas puncak gunung anda akan merasa kangen keluarga dirumah. Anda akan merasa ingin segera pulang dan menemui keluarga di rumah.

Itulah beberapa filosofi mendaki gunung yang bisa anda samakan dengan kehidupan, pada dasarnya disegala urusan di dunia ini akan ada sesuatu hal yang bisa anda ambil sebagai pelajaran hidup yang penting. Kini anda bisa mencoba mendaki beberapa gunung di Jawa Timur yang menjadi gunung dakian yang banyak diincar oleh pendaki gunung dipenjuru dunia.

www.pexels.com

8 Gunung Di Jawa Timur Tempat Mendaki Favorit

Jawa Timur menjadi salah satu tempat yang mempunyai banyak gunung cantik untuk didaki. Bagi anda yang suka mendaki gunung kini anda bisa menikmati berbagai keindahan gunung di sana. Inilah 8 gunung yang cocok kamu daki di saat anda liburan, ketika mendaki kedepalan gunung ini maka anda bisa mulai merencanakan ingin mendaki gunung yang mana, banyaknya pilihan di bawah ini maka akan lebih mempermudah anda untuk menemukan tempat dakian yang sesuai dengan keinginan anda.

 

  1. Gunung Bromo

Gunung Bromo menjadi salah satu gunung yang difavoritkan, hal ini dikarenakan gunung Bromo terbilang tidak mempunyai banyak tantangan. Bagi anda para pendaki pemula mungkin anda ingin mendaki di gunung yang tidak terlalu banyak tantangan, walaupun mudah untuk ditaklukan bukan berarti gunung ini tidak mempunyai tampilan yang menarik. Salah satu keindahan yang ditawarkan oleh gunung Bromo adalah keindahan tampilan gunung berapi, bahkan bagian kaki gunung Bromo sering dipakai untuk melakukan berbagai ritual.  Maka dari itu gunung Bromo menjadi salah satu gunung yang paling terkenal di Jawa Timur di bandingkan dengan beberapa gunung lainnya yang ada di wilayah tersebut. Bagi anda yang ingin mendaki gunung ini maka anda bisa menggunakan paket wisata bromo yang telah disediakan dan bisa digunakan oleh semua orang, dengan adanya paket tersebut maka anda bisa menikmati keindahan dari gunung bromo tersebut.

  1. Gunung Ijen Jawa Timur

Gunung Ijen tentu sudah tidak asing atau bahkan anda pernah menaklukan gunung satu ini. Apa sih yang menarik dari gunung Ijen? Banyak pendaki yang ingin mendaki gunung Ijen karena di gunung ini anda akan menemukan airnya yang berwarna biru. Gunung Ijen ini memang sudah terkenal di seluruh dunia, bahkan katanya sunia berwarna biru ini hanya bisa ditemukan di gunung Ijen ini. Gunung Ijen ini lebih tepatnya berada di daerah Bayuwangi, gunung ini juga terbilang mudah untuk didaki, maka dari itu semakin banyak para pendaki gunung yang ingin menikmati birunya air di kawah yang hanya ada di gunung Ijen.

 

  1. Gunung Kelud

Walaupun mempunyai ketinggian yang tidak terlalu tinggi bukan berarti gunung Kelud ini menjadi gunung yang tidak cantik. Walaupun tidak tinggi bukan berarti anda bisa dengan mudah sampai di atas puncak, pasalnya bagi anda yang ingin menikmati gunung Kelud ini anda harus menyiapkan banyak minuman, pasalnya nanti anda akan melewati kawasan kawah yang terkenal dengan hawanya yang panas. Maka dari itu bagi anda yang ingin mendaki harus membawa banyak cadangan minuman sehingga bisa menyelesaikan perjalanan dengan baik.

  1. Gunung Arjuna atau Gunung Welirang

Kedua gunung ini menjadi gunung yang saling berdekatan, selain itu gunung ini juga banyak didaki oleh pendaki yang sedang berada di Jawa Timur. Ketika anda ingin menaiki gunung ini anda tidak perlu merasa cemas karena sumber air di gunung ini sangat melimpah.

www.pexels.com
  1. Gunung Raung

Bagi para pendaki gunung mungkin mendaki gunung ini pernah dilakukan, gunung ini nampaknya mempunyai ketinggian yang cukup tinggi. Terkadang para pendaki yang ingin mendaki gunung ini harus membawa bekal minuman yang cukup banyak. Selain itu medan dari gunung ini terbilang cukup terjal, banyak rintangan yang harus dilalui oleh para pendaki gunung.

  1. Gunung Argopuro

Pernah mendengar gunung Argopuro? Gunung ini memang menjadi gunung yang cukup terkenal dikalangan para pendaki. Pendaki gunung ini lebih sering mengenal gunung ini sebagai gunung angker. Tentu saja banyaknya mitos – mitos yang dimiliki gunung inilah yang membuat banyak orang tertarik dan ingin mencoba menaikinya. Walaupun ada banyak mitos angker tentang gunung ini bukan berarti membuat gunung ini tidak disukai oleh banyak pendaki gunung. Walaupun terkenal denga keangkerannya namun dibalik itu semua ada banyak keindahan dari gunung ini, gunung ini menyimpan banyak hewan dan tumbuhan yang sangat beranekaragam, ketika anda mendaki anda akan menemukan sejuta keindahan di atas puncak gunung ini.

  1. Gunung Lawu

Berbeda dengan gunung – gunung yang lainnya, gunung Lawu ini memang menjadi salah satu gunung yang banyak dijadikan pendakian pemula. Sebagai seorang pemula mendaki gunung tentu saja anda tidak bisa dengan mudah mendaki sembarang gunung, anda bisa mencoba mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi terlebih dahulu. Salah satu gunung yang banyak didaki untuk pemula adalah gunung Lawu. Gunung ini memang terletak di Jawa Timur dan banyak pendaki pemula yang mencoba menaklukan gunung ini.

www.pexels.com
  1. Gunung Semeru

Gunung Semeru menjadi salah satu gunung yang menawarkan banyak keindahan. Mungkin anda pernah mendaki gunung ini bersama teman – teman sebelumnya, apa sih keindahan dari gunung ini ? Keindahan yang dimiliki gunung ini adalah adanya Ranu Kumbolo. Hampir semua pendaki gunung sudah kenal dengan keindahan dari gunung ini. Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau dengan airnya yang jernih dan mempunyai tampilan serta pemandangan yang sangat bagus. Bahkan dengan adanya danau ini, gunung Semeru menjadi idolanya para pendaki karena sangat cocok membawa pasangan ketika mendaki di gunung ini. Itulah yang membuat gunung ini tidak pernah sepi dari para pendaki gunung, bahkan bagi yang pernah mendaki tidak hanya cukup sekali mendatangi gunung ini bahkan akan sering mengulang untuk mendaki Semeru.

Bukankah kedepalan gunung tersebut menjadi gunung yang menarik untuk didaki bukan? Hampir semua gunung tersebut pernah ditaklukan oleh para pendaki yang ada di dunia. Mungkin anda pernah mendaki kedepalan gunung yang telah dijelaskan di atas, selain itu masih ada gunung – gunung lainnya yang ada di Jawa Timur yang bisa anda coba daki.

Delapan gunung di Jawa Timur ini nampaknya menjadi delapan gunung yang banyak didatangi oleh pendaki. Hampir dikatakan bahwa gunung – gunung ini sepi dari pendaki, bahkan anda bisa mendaki gunung tersebut pada hari – hari tertentu. Beberapa pendaki gunung memilih untuk mendaki gunung ketika ada acara – acara tertentu. Bahkan ada beberapa pendaki yang ingin mendaki gunung untuk merayakan berbagai hari tertentu. Bagi anda yang sedang liburan mungkin ingin menghabiskan waktu anda untuk menikmati keindahan alam, kegiatan mendaki ini mungkin sangat cocok untuk anda lakukan.

Sebenarnya tidak hanya delapan gunung tersebut yang bisa anda nikmati di Jawa Timur, namun masih ada banyak gunung di Jawa Timur lainnya yang bisa anda nikmati keindahannya. Sejatinya mendaki adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan terutama bagi anda yang ingin menikmati ketenangan pastilah anda akan menemukan ketenangan tersebut ketika mendaki gunung.

Depalan gunung di Jawa Timur tersebut bisa anda jadikan sebagai reverensi anda untuk menentukan ingin mendaki di gunung ya mana. Semoga dengan informasi di atas anda akan lebih mudah untuk menentukan reverensi mendaki anda. Mendaki akan lebih menyenangkan ketika anda mendaki bersama teman – teman.

 

Tindo Provinsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *