Institut Teknologi Sumatera atau kerap disebut dan mendapat julukan (ITERA) adalah salah satu nama kampus bidang teknologi yang berada di Pulau Sumatera. Tepatnya berada di Provinsi Lampung, diantara Kabupaten Lampung Barat dan Kota Bandar Lampung. Kampus ini tergolong masih baru, karena mulai diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2014 dan mulai menerima mahasiswa baru pada tahun 2013. Akan tetapi walaupun masih baru Institut Teknologi Sumatera ini sudah mampu bersaing dengan kampus lain sejenis nya seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS) dan satu lagi yang baru saja didirikan yaitu Institut Teknologi Kalimantan.

Perguruan Tinggi bidang teknologi yang mempunyai motto Smart, Friendly, and Forest Campus ini sudah mempunyai kualitas dan prestasi yang cukup mrmbanggakan dan tidak diragukan lagi. Khususnya bagi Anda yang bertempat tinggal di pulau Sumatera dan berminat untuk masuk dalam sekolah ini karena tentunya peluang akan terbuka lebih lebar bagi anda yang berdomisili di Pulau Sumatera. Selain penduduk asli Sumatera juga bisa apabila ingin melanjutkan pendidikan ke ITERA ini.

Institut Teknologi Sumatera adalah satu satu nya sekolah teknologi sekaligus institut yang berada di Pulau Sumatera, jadi khususnya bagi Anda warga Sumatera yang ingin melanjutkan sekolah dan mengenyam pendidikan di bidang teknologi, maka ITERA ini lah yang menjadi sasaran dan tujuan utama Anda. Mengenai jurusan dan program studi di kampus ini juga sudah termasuk baik dimana kampus ini notabene masih tergolong sebagai kampus yang masih baru, karena baru lima tahun berdiri. Walaupun hanya beberapa program studi, dan belum begitu banyak yang tersedia di kampus ini, Akan tetapi ada beberapa program studi dan jurusan yang masih dalam taraf pendirian bahkan dalam proses perizinan dari pihak yang berwenang. Seiring berganti nya tahun, ITERA ini mengalami perubahan yang progressive diantaranya mengenai penambahan program studi, fasilitas serta sarana dan prasarana.

Pada awal pendirian pada tahun 2012/2013 walaupun belum diresmikan secara langsung pendiriannya, Institut Teknologi Sumatera ini sudah mempunyai lima program studi yang notabene menjadi modal awal pendirian dengan jumlah siswa masing-masing 20 orang per jurusan atau program studi. Lima program studi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut

pexels.com

Program Studi Institut Teknologi Sumatera pada Awal Pendirian

  1. Program Studi Teknik Fisika
  2. Program Studi Teknik Geomatika
  3. Program Studi Teknik Elektro
  4. Program Studi Teknik Geofisika
  5. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota

Institut Teknologi Sumatera pada awal pendiriannya masih banyak dibantu oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Negeri Lampung (UNILA) mengenai tenaga pengajar, jadi sudah tidak diragukan lagi mengenai kualitas tenaga pengajar, karena mereka telah menguasai dalam bidang teknologi dan teknik. Dalam hal ini, tenaga pengajar yang dimaksud adalah mereka yang mempunyai gelar S1, S2, S3 dan doktor. Memang perlu Anda ketahui bahwa dunia pendidikan dan perkuliahan teknik dan teknologi adalah program studi yang membutuhan keterampilan dan keahlian sehingga jenjang pendidikan yang ditempuh pun juga cukup lama.

Kampus yang dibangun diatas tanah seluas 265 hektare ini akan menjadi salah satu kampus terbesar di Indonesia. Walaupun masih dalam tahap pembangunan, sekolah teknologi dan teknik ini sudah mrmpunyai rencana pembangunan yang sungguh menakjubkan dan pastinya akan membuat banyak orang kagum, karena apa? karena fasilitas dan sarana prasarana yang komplit. Beberapa Fasilitas penunjang yang kini sedang dibangun diantaranya adalah sebagai berikut

pexels.com

Fasilitas Penunjang yang masih dalam Tahap Pembangunan di Institut Teknologi Sumatera

  1. Gelora Indoor, gedung olahraga indoor ini dibangun bertujuan untuk mendukung segala bentuk aktivitas olahraga baik oleh mahasiswa, tenaga pengajar ataupun pihak lain yang terkait. Selain Gedung olahraga, kampus ini juga melengkapi dengan berbagai sarana prasarana olahraga yang mendukung.
  2. Laboratorium penelitian, untuk mendukung jalannya proses pembelajaran maka sangat dibutuhkan adanya laboratorium penelitian, terutama program studi seperti sains dan teknologi. Serta dilengkapi dengan berbagai macam alat-alat laboratorium yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan kampus.
  3. Gedung Pertemuan dan Perkantoran sebagai sarana untuk perkumpulan, sosialisasi, seminar dan aktivitas kampus lainnya.
  4. Asrama, Hal ini sangat banyak membawa manfaat dan ditunggu-tunggu pembangunannya, karena dengan adanya asrama ini akan mempermudah mahasiswa dalam mencari tempat tinggal, akomodasi terutama yang rumahnya jauh. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari kampus, maka asrama ini sangat menguntungkan mahasiswa dan karyawan dalam beraktivitas ke kampus.
  5. Tempat Ibadah berupa masjid atau sering disebut sebagai Masjid Raya ITERA.

Bagaimana perasaan Anda setelah membaca sedikit ulasan mengenai Institut Teknologi Sumatera diatas? Apakah mempunyai sedikit gambaran mengenai Institut Teknologi Sumatera? Yap, untuk mengetahui lebih lanjut lagi mengenai seluk beluk dan segala informasi tentang Institut Teknologi Sumatera Anda bisa membuka sendiri web resmi nya ya guys.

Mengenai kualitas, standar dan mutu jelas sudah tidak diragukan lagi dibandingkan dengan ke tiga sekolah-sekolah teknik dan teknologi yang ada di Indonesia seperti ITB, ITS, dan ITK. Untuk ingin mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana kira-kira macam dan jenis teknologi yang ada di sana, tentang alat dan teknologi penunjang yang tersedia di sana Anda bisa membuka web internet atau berselacar online di Thegorbalsla. Dimana nanti di web tersebut Anda bisa memilih sub judul Teknologi untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *