Rumah bergaya minimalis hingga kini masih jadi favorit banyak keluarga. Selain karena gaya rumah minimalis tak akan habis termakan zaman, rumah bergaya minimalis tidak memakan lahan terlalu banyak. Apalagi, pemilik rumah masih bisa membuat rumah minimalis agar terkesan maksimalis dengan mengangkat desain eksterior dan interior rumah minimalis itu sendiri.

Tentu tidak berhenti hanya pada desain saja. Anda harus memutar otak untuk mewujudkan impian ini. Sebelum bangunan rumah Anda jadi seutuhnya, Anda harus rajin browsing berbagai desain interiornya agar rumah minimalis memiliki kesan maksimalis. Anda juga harus rajin mengunjungi atau survey harga ke toko-toko yang menjual furniture dan perabot rumah untuk rumah minimalis.

Mungkin kini Anda sudah memiliki banyak pilihan untuk mendesain interior rumah minimalis Anda. Namun, Anda masih bingung karena ukuran rumah Anda sangat sempit dan tidak mau terlalu terlihat sumpek. Nah, jika Anda memiliki budget berlebih, kami merekomendasikan untuk menata rumah Anda agar lebih bergaya dan memiliki fungsi yang tepat dengan memanfaatkan jasa desain rumah minimalis.

unsplash.com

Tips Interior untuk Rumah Minimalis

Hal ini guna mengurangi kesalahan penataan interior rumah dan memberi kesan yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Tapi sebelum itu, Anda juga perlu mencari tahu terlebih dahulu mengenai tips interior untuk rumah minimalis agar memiliki kesan lebih maksimalis, meski di lahan sempit. Anda masih bisa kok membuat rumah mungil Anda menjadi tempat berkumpul kerabat yang nyaman. Simak tips berikut!

  • Investasi tempat penyimpanan yang estetik

Memiliki rumah mungil membuat Anda memiliki ruang yang sangat terbatas untuk penyimpanan. Artinya, jika Anda memilki banyak barang, Anda harus berinvestasi tempat penyimpanan barang yang memiliki desain unik. Kini, rasanya tidak sulit lagi mencari box penyimpanan barang yang estetik. Kotak penyimpanan ini juga bisa difungsikan sebagai dekorasi interior rumah yang enak dipandang.

  • Pilih furnitur dengan desain simple dan stylish

Rumah mungil nan minimalis, jika dibenturkan dengan furnitur yang terlalu banyak gaya akan membuat ruangan semakin sempit. Karenanya, Anda bisa mensiasatinya dengan memilih desain furnitur yang sederhana, namun tetap stylish. Tentunya dengan warna-warna yang tidak terlalu terang dan memilih warna natural atau netral.

  • Pilih cat ruangan dengan warna netral

Cat ruangan sangat mempengaruhi suatu desain interior maupun eksterior. Rumah bergaya minimalis perlu memperhatikan betul warna-warna yang digunakannya untuk cat interior rumah. Salah pilih warna, ruangan di rumah Anda akan terasa semakin sempit.

Sebaiknya, pilihlah cat dinding interior rumah Anda dengan warna-warna yang netral. Warna furniturnya bisa disesuaikan dengan turunan warna dasar yang dipilih. Kesan warna netral ini akan membantu rumah mungil minimalis Anda akan terlihat jauh lebih besar dan bergaya.

unsplash.com
  • Pilih lantai berukuran lebar

Bicara soal interior untuk rumah minimalis bukan hanya bicara soal warna dan furniture saja. Namun, penting juga untuk memperhatikan ukuran lantai yang Anda gunakan. Rumah bergaya minimalis yang mungil akan terasa begitu sempit jika menggunakan lantai dengan sekat yang terlalu banyak. Misalnya, penggunaan lantai ukuran 30×30 yang terlalu banyak sekat.

Baiknya, untuk menunjang interior yang baik, Anda menggunakan lantai rumah berukuran 40×40. Jika Anda memiliki budget berlebih, penggunaan bahan marmer sebagai lantai rumah juga bisa membuat rumah minimalis mungil Anda terlihat maksimalis.

  • Bermain dengan tekstur

Desain interior untuk rumah minimalis juga perlu mengandalkan permainan tekstur. Jangan sampai rumah mungil minimalis Anda ini terkesan begitu datar dengan penggunaan tekstur dan bahan yang sama. Diperlukan adanya perbedaan tekstur untuk membuat rumah minimalis Anda terkesan hidup dan lebih maksimalis.

Hal ini bisa diwujudkan, misalnya dengan memanfaatkan kayu solid untuk meja makan. Kemudian pada bagian dinding ruang keluarga bisa Anda tambahankan aksen batu bata yang tidak ditiban dengan semen, sehingga terlihat aksen batu batanya. Lalu, pada ruang dapur misalnya, gunakan dinding keramik berwarna putih agar dapur terlihat lebih luas.

unsplash.com
  • Atur pencahayaan yang tepat

Salah satu cara untuk mendapatkan rumah yang nyaman adalah dengan mengatur ke luar – masuknya cahaya di dalam rumah. Tidak ada salahnya mengubah tata letak lampu atau menambahan jendela besar agar rumah Anda mendapatkan pencahayaan alami. Usahakan setiap ruangan memiliki penerangan yang maksimal, karena rumah Anda akan terlihat tua dan usang jika kurang penerangan.

Gunakan lampu tanam pada bagian atas, sehingga cahaya yang dipancarkan menyebar ke seluruh ruangan. Anda juga bisa memanfaatkan stand lamp yang diletakkan di beberapa bagian sudut ruangan untuk memaksimalkan desain interios rumah. Pilihlah desain stand lamp yang sederhana dan tidak terlalu banyak motif atau ukiran.

Tidak susah kan, menciptakan kesan maksimalis pada interior rumah mungil bergaya minimalis Anda? Tips ini bisa membantu Anda untuk menentukan furnitur dan warna cat apa yangakan Anda pilih untuk rumah minimalis Anda nantinya.

Jika Anda menggunakan jasa desain rumah profesional untuk mengatur interior pada rumah minimalis Anda, sebaiknya diskusikan hal ini bersama dengan pihak jasa desain. Jangan lupa juga untuk selalu mengkomunikasikan keinginan Anda pada pihak jasa desain.

 

Tindo design

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *