Jaket merupakan salah satu kebutuhan dalam berbusana. Di negara Indonesia sendiri ada dua musim. Yaitu musim hujan dan musim kemarau. Ketika memasuki musim penghujan maka, kebutuhan untuk tetap membuat tubuh hangat adalah dengan menggunakan pakaian yang hangat. Pakaian tersebut seperti jakat. Namun, dalam perkembangan zaman yang semakin modern ini, jaket tidak hanya digunakan sebagai penghangan tubuh saja. Melainkan sebagai bentuk fesyen dari setiap orang. Selain bentuk atau desainnya yang semakin beragam, bahan yang digunakan untuk membuat jaket sendiri juga semakin berfariasi. Salah satu model jaket yang banyak di minati oleh masyarakat Indonesia adalah jaket kulit. Bagi kalangan pria penggunakan jaket dengan bahan kulit hewan ini akan menambah fesyen dari yang menggunakan.

Tips Memilih Jaket Kulit

Bagi para pengguna jaket kulit pria, tentu harus berhati-hati dalam memilih kualitas yang baik untuk jaket itu sendiri. Terlebih saat ini banyak sekali yang memcoba berbuat curang demi keuntungan yang lebih besar. Bagi orang awan yang baru saja akan membeli jaket dengan bahan kulit ini, tentu akan kesusahan dan bingung membedakan yang asli dan palsu. Lalu bagaimana cara memilih jaket kulit yang baik dan berkualitas? Berikut ini merupakan tips bagi Anda yang akan membeli atau mencari jaket yang berkualitas.

pxhere.com
  1. Teliti

Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah teliti dengan benar bahwa jaket kulit yang akan Anda beli tersebut  benar-benar berbahan kulit hewan seperti domba atau kulit sapi yang berkualitas bagus tentunya. Hal ini bisa dilihat dengan tekstur kulitnya lembut jaket tidak kaku dan jika Anda mencium jaket  yang berbahan kulit asli akan ada aroma khas tersendiri. Sehingga pastikan Anda benar-benar teliti untuk menghindari kecurangan dari para pedagang yang nakal.

  1. Menarik jaket

Langkah yang selanjutnnya adalah dengan menarik-barik jaket kulit. Coba untuk  sedikit Anda tarik-tarik jaket kulit yang akan Anda pilih tersebut. Jika jaket tersebut elastis atau melar saat ditarik maka bahan jaket tersebut bukan dari kulit asli. Namun, jika jaket kulit yang berbahan tidak elastis atau melar melainkan lembut maka jaket tersebut berbahan dari kulit asli.

  1. Mengangkat jaket

Langkah yang nomor tiga adalah dengan mengangkat atau menjinjing jaket Anda. Jika Anda jinjing jaket kulit tersebut tidak terlalu berat dan juga warnanya tidak begitu mengkilap maka jaket tersebut dari kulit asli. Sehingga perhatikan juga detail dari jaket yang akan Anda beli tersebut.

  1. Membakar jaket

Cara yang berikutnya adalah dengan membakar jaket kulit tersebut. Cara yang satu ini memang sedikit ekstrim. Tentu tidak semua penjual jaket kulit akan memperbolehkan. Anda bisa melakukan cara ini jika Anda sudah yakin bahwa jaket tersebut benar-benar berbahan kulit asli. Anda bisa membakar salah satu bagian jaket kulit tersebut, saat sudah dibakar bahan kulit asli tidak akan meleleh seperti bahan jaket kulit imitasi. Dan saat jaket tersebut dibakar bahan kulit asli akan mengeluarkan aroma yang khas akibat pembakar tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek atau mengetes apakan jaket tersebut terbuat dari kulit asli maupun tidak. Sehingga ketika Anda akan membeli jaket tersebut sudah benar-benar yakin bahwa tidak ada kecurangan dari penjual. Atau bahkan Anda mendapatkan jaket kulit imitasi.

pxhere.com

Kelebihan Jaket Kulit

Jaket kulit juga memiliki begitu banyak kelebihan dibandingkan jaket yang lainnya. Salah satu kelebihannya adalah jaket kulit memiliki sifat kuat. Sehingga tidak mudah ditembus oleh angin. Baik bagi Anda para pengendara sepeda motor. Sehingga angin tidak akan langsung terkena di tubuh Anda terlebih bagian dada yang rawan. Jaket kulit juga memiliki daya serap keringat yang baik. Sehingga ketika cuaca panas juga masih bisa digunakan karena daya serap keringatnya yang baik. Jekat dengan bahan kulit ini memang cocok dipakai dalam kondisi apapun baik dalam cuaca yang dingin maupun panas.

Selain itu jaket kulit  juga memiliki daya tahan yang tinggi, apabila dibandingkan dengan jaket yang imitasi. Jika dilihat dari dunia fesyen jaket kulit juga relatif tidak ketinggalan zaman. Bahkan anak-anak muda juga bisa memakainya. Karena desain dari jaket kulit sendiri juga semakin beragam dan berfariasi.

Itulah beberapa kelebihan dari jaket kulit dibandingkan dengan jaket dengan dasar bahan yang lainnya. Meskipun jaket kulit ini lebih mahal harganya dibandingkan dengan jaket denga bahan dasar yang lain. Namun, jika harga nya yang mahal setara dengan kualitasnya yang baik maka keawetan dari jaket tersebut juga akan semakin baik dan tahan lama.

pxhere.com

Pada aslinya jaket kulit yang bagus itu terbuat dari kulit domba, akan tetapi jika Anda lebih senang dengan berbahan kulit sapi juga tidak kalah bagus kualitasnya.  Namun, biasanya jaket kulit dari sapi akan terasa lebih berat dibandingkan yang berasal dari domba dan agak sedikit kaku jika Anda pakai.

Selain itu tips untuk memilih jaket kulit adalah dengan memilih mode jaket kulit yang sederhana atau klasik saja. Karena jaket kulit yang terlalu banyak model dan juga warnanya kemungkinan rusak dibagian jahitan sambungan antar warna lebih cepat dan lebih tinggi. Berbeda dengan yang jaket kulit polos atau satu warna akan ada begitu banyak jahitan.

 

Tindo Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *