Bunga mawar dikenal sebagai bunga yang melambangkan rasa kasih sayang kepada seseorang. Seringkali seseorang memberikan bunga mawar kepada orang yang dicintai karena dianggap sebagai simbol romantisme. Apalagi, saat momen-momen tertentu seperti hari ulang tahun, peringatan anniversary hingga hari valentine yang biasanya para lelaki memberikan cokelat lengkap dengan bunga mawar yang indah. Memang tidak selamanya mawar digunakan sebagai simbol cinta kepada kekasih, karena bunga mawar juga bisa diberikan untuk mewakili cinta kepada sahabat maupun orang tua.

 

Dengan keindahan warna yang dimiliki membuat bunga mawar menjadi salah satu bunga yang paling disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Dengan banyaknya peminat terhadap bunga yang satu ini, bunga mawar kini semakin banyak dibudidayakan termasuk di Indonesia. Cara budidaya mawar yang digunakan pun ada beragam. Mulai dari setek hingga yang rumit seperti perkawinan silang. Dengan cara tersebut, maka tak heran jika jenis mawar terus bertambah setiap waktu. Apalagi, dengan semakin canggihnya teknologi memudahkan proses budidaya bunga yang cantik ini.

pexels.com

Jenis Mawar Tercantik di Dunia

Ada banyak jenis bunga mawar yang ada di dunia saat ini. Setiap jenis mawar memiliki ciri khasnya tersendiri sehingga memunculkan keindahan yang berbeda-beda. Berikut kami sajikan beberapa jenis bunga mawar tercantik yang ada             di dunia :

  1. Mawar Moss

Bunga mawar yang satu ini sering disebut dengan nama Moss Rose. Mawar Moss pertama kali ditemukan pada tahun 1724 di Inggris yaitu saat era kepemimpinan Ratu Victoria. Pada tahun 1746, bunga ini diperkenalkan untuk pertama kali di Normandia. Nama Moss Rose semakin melejit pada beberapa tahun terakhir karena memiliki warna yang beragam. Jenis yang pertama ini memiliki warna yang cerah sehingga membuatnya tampak sangat indah. Mulai dari warna merah jambu, kuning hingga ungu. Untuk habitat dari mawar ini biasanya di semak-semak dan bisa tumbuh hingga ukuran medium 100-180 cm. Mawar yang satu ini juga sering disebut sebagai bunga pukul 9 karena memiliki kebiasaan mekar pada pukul 9 pagi. Selain itu, masih ada banyak sebutan lain dari Mawar Moss seperti Krokot, Sutra Bombay dan Cantik Manis.

  1. Mawar Floribunda

Selanjutnya ada jenis bunga mawar Floribunda yang merupakan hasil perkawinan silang antara hydbrid tea dengan polyantha rose. Polyantha rose sendiri berasal dari perkawinan silang antar mawar Cina dengan mawar Jepang. Ciri khas dari Floribunda adalah ukurannya yang kecil dengan kelopak tebal. Meski berukuran kecil, mawar Floribunda memiliki jumlah bunga per cabang yang cukup banyak. Sedangkan untuk warna sendiri Floribunda terdapat beragam warna mulai dari merah, merah muda, putih dan kuning. Keindahan mawar Floribunda saat mekar dapat dinikmati hingga 5-7 hari.

  1. Mawar Galica

Mawar Galica yang juga sering disebut sebagai mawar Prancis atau mawar Provins ini juga merupakan salah satu mawar terindah di dunia. Mawar yang berasal dari persilangan dengan jenis Rosa Gallica ini merupakan jenis bunga mawar tertua yang dibudidayakan. Mawar Galica berasal dari kawasan Eropa Selatan dan Eropa Tengah. Mawar dengan jenis ini memiliki beragam warna antara lain merah, pink muda, pink tua, ungu muda hingga warna putih yang termasuk langka. Mawar Galica termasuk mawar yang berbunga setiap satu tahun sekali dan biasanya sering ditemui saat musim panas.

  1. Mawar Alba

Selain mawar Galica, jenis bunga mawar Alba juga termasuk yang berbunga setiap satu tahun sekali. Mawar Alba berasal dari hasil persilangan antara Rosa Arvensis dan Rosa Alba. Dahulu, mawar Alba ini dibawa oleh masyarakat Romawi Kuno ke Inggris dan sekarang menjadi salah satu jenis mawar terindah di dunia.

pexels.com
  1. Mawar Bourbon

Mawar yang merupakan hasil persilangan antara mawar Old Brush Tiongkok dan Autumns Damask ini pertama kali ditemukan pada tahun 1823. Saat itu, mawar Bourbon ditemukan di Prancis, tepatnya di daerah Ile de Bourbon yang merupakan daerah koloni Prancis di Laut Hindia atau Reunion. Sayangnya, keindahan warna kontras yang dimiliki oleh mawar Bourbon ini rentan terhadap penyakit jamur.

  1. Eglanteria

Mawar yang juga disebut dengan nama Rosa Rubiginosa ini merupakan jenis bunga mawar asli dari Eropa dan Asia Barat. Ciri khas dari Eglanteria adalah memiliki lima kelopak berwarna merah muda dengan dasar putih yang dilengkapi dengan benang sari berwarna kuning yang banyak. Mawar dengan aroma daun yang wangi seperti apel ini mekar setiap tahun tepatnya pada akhir musim semi hingga pertengahan musim panas.

  1. Banksiae

Bunga mawar jenis Banksiae ini banyak dibudidayakan di Tiongkok selama ratusan tahun. Mawar yang satu ini merupakan mawar yang paling awal saat berbunga. Mawar Braksiae bisa tumbuh dengan membutuhkan ruang yang cukup banyak dengan kondisi yang hangat dan cerah.

  1. Foetida

Mawar yang satu ini memiliki nama berdasarkan aroma khasnya yang busuk dan menyengat. Mawar Foetida juga dikenal dengan sebutan Briar Austria atau Yellow Rose Persia. Mawar yang memiliki bunga berwarna kuning ini  pertama kali diperkenalkan di Persia, kemudian diimpor pada tahun 1900 ke Eropa.

pexels.com

Jenis Bunga Mawar yang Bisa Tumbuh di Indonesia

Bunga mawar memang tidak berasal dari daratan tropis. Meski begitu, terdapat beberapa jenis mawar yang bisa tumbuh di Indonesia yang merupakan daerah tropis. Berikut di antaranya :

  1. Mawar Putri

Yang pertama ada mawar Putri yang memiliki ciri khas warna merah tua. Mawar Putri merupakan mawar yang populer karena memiliki aroma yang paling wangi dibanding jenis bunga mawar yang lainnya. Apalagi, kesegaran dari mawar Putri mampu bertahan hingga 9 hari setelah dipetik. Maka tak heran jika mawar ini sering dijumpai di penjual bunga potong.

  1. Mawar Mega Putih

Selanjutnya ada mawar Mega Putih yang memiliki ciri khas pada mahkotanya yang mengeriting di bagian pinggir. Sama seperti mawar Putri, kesegaran mawar Mega Putih setelah dipetik juga mampu bertahan hingga 9 hari. Hanya saja, wangi dari mawar ini tidak terlalu tajam.

  1. Mawar Talitha

Mawar Talitha memiliki mahkota dengan diameter sampai 8 cm saat mekar. Mawar ini memiliki tinggi mencapai 50-83 cm dan sering dijadikan sebagai bunga hias potong. Kesegaran bunga mawar Talitha bisa bertahan hingga 7-9 hari setelah dipetik dan ditaruh di dalam vas.

pexels.com
  1. Mawar Megawati

Mawar Megawati memiliki warna merah-oranye yang sangat indah. Apalagi, diameter mawar ini cukup besar yaitu 9-11 cm saat mekar. Mawar jenis ini dapat dijadikan sebagai tanaman hias dengan memasukkannya ke dalam vas. Apalagi, kesegaran dari mawar Megawati dapat bertahan selama 6-8 hari.

  1. Mawar Pertiwi

Terakhir ada mawar Pertiwi yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001 oleh Puslitbanghorti bersama dengan mawar Megawati. Keunikan dari mawar yang memiliki warna merah muda ini adalah pada jumlah duri yang lebih sedikit dibanding jenis mawar lainnya.

Tindo flora

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *