Produk makanan dan minuman adalah salah satu produk yang sangat membutuhkan kemasan saat dijual. Hal  ini sangat diperlukan jika seseorang memang berniat untuk dibawa pulang atau biasanya dikenal dengan sebutan take away. Saat ini, jenis pengemas makanan dan minuman sangatlah bervariasi. Ada yang dikemas menggunakan plastik, kaca, dan kertas.

Jika pengemas kertas biasanya dikenal dengan nama kardus makanan. Jika anda sedang mencari referensi dalam membeli kardus makanan, maka sebelumnya perlu anda ketahui terlebih dahulu bahan kardus makanan yang beredar atau yang bisa anda temukan saat mencari jual kardus makanan.

Bahan – Bahan Pembuatan Kardus Makanan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika pengemas atau kardus makanan sangat penting jika produk makanan tersebut akan dibawa pulang. Jika sudah berkaitan dengan urusan makanan, maka diharapkan pengemas atau kardus makanan yang digunakan aman untuk menyimpan produk makanan.

Jika anda belum mengetahui dengan baik bahan apa saja yang tepat untuk kardus makanan, maka anda bisa membaca lebih lanjut artikel yang satu ini. Pada pembahasan akan dijelaskan secara ringkas untuk anda sehingga anda tidak lagi bingung dalam mencari kardus makanan yang mungkin saja anda gunakan untuk usaha catering atau usaha – usaha yang berhubungan dengan makanan.

pxhere.com
  1. Kertas Duplex

Salah satu bahan pembuat kardus makanan yang paling umum untuk ditemui adalah menggunakan kertas duplex. Kertas yang satu ini merupakan kertas yang cocok digunakan sebagai pengemas makanan. Mengapa demikian? Karena kertas yang satu ini merupakan jenis kertas berlapis atau biasanya disebut dengan kertas coated.

Maksud dari kertas berlapis adalah kertas yang digunakan memiliki lapisan tipis yang tahan terhadap minyak dan air. Hal ini memungkinkan menjaga makanan yang bersifat basah tidak langsung bocor. Ciri – ciri yang paling terlihat adalah di satu sisinya berwarna putih dan sisi lainnya berwarna bau – abu.

Pada sisi tersebutlah terdapat lapisan dan biasanya sisi berwarna putih diberikan desain untuk mempermanis penjualan dan promosi. Jika anda membutuhkannya, anda bisa mencarinya di online dengan berbagai jenis kertas duplex dalam jual kardus makanan.

  1. Kertas Duplex Putih

Kertas yang satu ini sebenarnya sama dengan kertas duplex pada umumnya. Pembedanya adalah kedua sisi kertas duplex berwarna putih sehingga sangat memperlihatkan kebersihan jika sedang mengemas makanan menggunakan kertas yang satu ini. Jika dibandingkan dengan duplex biasa, maka kertas duplex putih biasanya agak lebih mahal karena lapisannya tidak menggunakan kertas berwarna abu – abu.

Hal ini akan sangat menarik jika anda bisa memainkan warna pada produk makanan. Hal ini akan memberikan kesan yang cukup menarik dan menggoda orang – orang yang akan menjadi calon pembeli jika anda jadikan sebagai salah satu cara untuk promosi. Oleh karena itu pertimbangan kemasan menjadi salah satu poin penting dalam usaha berupa produk makanan.

pxhere.com
  1. Kertas Ivory

Kertas yang satu ini menjadi salah satu pesaing kertas duplex dalam mengemas makanan. Adapun keistimewaan kertas ivory sebagai salah satu kardus makanan. Sebelum itu ciri – ciri yang dimiliki oleh kertas ini adalah memiliki lapisan pada salah satu sisi. Kemudian keistimewaannya berdasarkan ketebalan kertas yang bisa anda pilih dan anda sesuaikan.

Hal inilah yang membuat kertas ivory menjadi salah satu kertas yang cukup spesial dan istimewa saat dijadikan sebagai pengemas makanan. Tidak hanya untuk kardus makanan, kertas ivory juga biasanya dijadikan sebagai pengemas produk lainnya yang menginginkan kesan istimewa.

Tentu saja harga yang dimiliki oleh kertas yang satu ini cukup mahal apabila dibandingkan dengan kertas duplex. Adapun keistimewaan lainnya dari kertas ini. Keistimewaan tersebut adalah menghasilkan kesan yang glossy bahkan bisa memberikan kesan timbul atau yang biasanya dikenal dengan sifat emboss.

  1. Yellow Board

Kertas yang ini berbeda dengan kertas yang lainnya. Kertas yellow board memberikan kesan keras sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan pengemas untuk fisik makanan yang mudah rusak akibat guncangan ataupun tekanan. Oleh karena itu jika anda merasa produk makanan yang anda cipatkan mudah tertekan atau fisiknya mudah rusak, maka kertas yang satu ini bisa menjadi salah satu solusi untuk melindungi produk anda.

pxhere.com

Pentingnya Pengemas Makanan

Pengemas makanan adalah salah satu elemen penting saat akan menjalankan usaha dibidang kuliner. Hal ini dikarenakan kemasan pangan memiliki tujuan untuk melindungi produk makanan dari cemaran yang bersifat kimia, biologi, dan fisik. Pastikan jika anda menggunakan kardus makanan, bahan yang anda gunakan memiliki sifat food grade atau yang dikenal dengan nama aman untuk makanan.

Pasalnya bisa saja jika anda tidak mencari pengemas atau kardus makanan yang tidak food grade maka akan menyebabkan reaksi lajutan di dalam kemasannya. Oleh karena itu sangat penting memilih kemasan untuk produk makanan. Tidak hanya kardus saja, pengemas makanan yang berbahan plastik atau kaca juga harus memiliki standar food grade agar lebih aman lagi.

Itulah beberapa hal tentang kardus makanan yang bisa anda ketahui. Semoga anda dapat mengambil ilmu yang bisa anda dapatkan hari ini tentang pengemas makanan.

Tindo Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *