Bagi lulusan SMA/SMK atau sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, tentu akan berupaya memilih jurusan secara cermat. Sebab ternyata untuk memilih jurusan di Perguruan Tinggi diperlukan pertimbangan dari berbagai aspek serta prospek ke depan nantinya. Jangan sampai hanya asal memilih jurusan yang justru nantinya tidak sesuai bakat dan minat yang dimiliki. Dari sekian banyak jurusan di Perguruan Tinggi, Kedokteran Gigi merupakan salah satu yang banyak diminati. Namun diperlukan usaha dan kerja keras agar bisa lolos seleksi kuliah di jurusan Dokter Gigi.

Alasan Kenapa Memilih Kuliah di Jurusan Dokter Gigi?

Menjadi seorang dokter gigi merupakan impian bagi sebagian orang yang memang memiliki minat yang tinggi dalam dunia dokter gigi. Pastinya setiap orang memiliki alasan tersendiri kenapa akhirnya memilih jurusan dokter gigi saat berkuliah. Hal tersebut biasanya berkaitan dengan cita-cita serta prospek masa depan yang sangat menjanjikan. Berikut ini ada beberapa alasan kenapa banyak orang memilih kuliah di jurusan dokter gigi sebagai bahan pertimbangan anda.

pxhere.com
  1. Dapat Memberikan Pelayanan Kesehatan
    Dengan menjadi seorang dokter gigi maka dapat membantu masyarakat memperbaiki serta mempertahankan kesehatan mulut, penampilan dan kualitas hidup. Sebab melalui jurusan ini, mahasiswa akan dilatih untuk memiliki keterampilan sosial melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan di komunitas sosial lokal.
  2. Hidup yang Seimbang
    Ketika menjadi dokter gigi maka akan memberikan fleksibilitas saat bekerja. Hal ini memudahkan anda untuk mengatur keseimbangan waktu baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan profesional.
  3. Rasa Percaya Diri Pasien Meningkat
    Dokter gigi akan membantu pasien memiliki gigi dan mulut yang sehat serta memperbaiki senyum. Hal ini dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri pasien ketika sedang tersenyum.
  4. Teknologi dan Riset
    Dalam bidang kedokteran gigi sering mengalami perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat. Dengan memilih jurusan dokter gigi maka seseorang bisa ikut terlibat dalam pengembangan ilmu kedokteran tersebut. Selain itu dalam bidang kedokteran ini juga memiliki prospek yang menjanjikan dalam teknologi dan risetnya.
  5. Menjadi Seorang Pemimpin
    Menjadi seorang dokter gigi secara tidak langsung oleh masyarakat dianggap memiliki strata sosial yang tinggi dan intelek sehingga seorang dokter gigi sering dipilih menjadi pemimpin di dalam sebuah forum, lingkungan kerja, lingkungan masyarakat dan lain sebagainya.
  6. Potensi Sukses
    Seiring dengan tingginya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi maka peran dokter gigi semakin dibutuhkan. Terlebih pekerjaan dokter gigi dapat memberikan penghasilan yang cukup tinggi di beberapa negara. Tidak hanya melayani pasien, dokter gigi juga bisa berkecimpung di dalam pelayanan rumah sakit maupun layanan kesehatan masyarakat.
  7. Mempekerjakan Diri Sendiri
    Dokter gigi bisa menjadi atasan klinik milik sendiri sehingga tidak harus menjadi pekerja.
pxhere.com

Program Pendidikan Berjenjang Dokter Gigi

Bagi mahasiswa jurusan dokter gigi maka harus siap menempuh masa pendidikan yang lebih lama. Sebab hal ini berkaitan dengan upaya untuk memperoleh legalitas dalam mempraktikkan ilmunya. Sebelum akhirnya membuka sendiri klinik gigi maka seorang mahasiswa dokter gigi harus melalui tahapan pendidikan diantaranya sebagai berikut.

  1. Program Sarjana
    Jenjang pertama yaitu sarjana dokter gigi yang juga merupakan jenjang pertama serta paling rendah jika ingin menjadi seorang dokter gigi. Setelah lulus maka mahasiswa tersebut akan memperoleh gelas SKG (Sarjana Kedokteran Gigi). Lama tempuh jenjang pendidikan ini yaitu 3,5 -4 tahun.
  2. Program Profesi Dokter Gigi
    Setelah lulus dan mendapat gelar sarjana maka mahasiswa tersebut harus mengikuti program profesi dengan lama tempuh pendidikan selama 2 tahun. Namun durasi program profesi tersebut belum termasuk ujian kompetensi dan magang. Biasanya universitas dengan FKG berakreditasi A yang hanya bisa menyelenggarakan program profesi dokter gigi ini. Setelah melalui masa pendidikan kemudian mahasiswa harus mengikuti ujian kompetensi dan jika lulus maka bisa mengajukan magang baik di puskesmas atau klinik di daerah terpencil. Setelah magang maka mahasiswa sah menjadi seorang dokter gigi (Drg).
  3. Program Pascasarjana
    Bila dokter gigi ingin mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilannya maka bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan pascasarjana dokter gigi.
pxhere.com

Trik Masuk Fakultas Kedokteran Gigi

Bagi anda yang berminat ingin melanjutkan pendidikan ke Fakultas Kedokteran Gigi maka berikut ada beberapa trik yang bisa anda terapkan.

  1. Belajar rajin dan berdoa tiada henti supaya bisa melewati passing grade fakultas kedokteran yang diinginkan. Sebab anda akan bersaing dengan ribuan calon mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia.
  2. Ikutilah bimbel kedokteran supaya persiapan semakin matang lalu uji cobalah hasil belajar anda sesering mungkin dengan mengikuti try out.
  3. Mencari info mengenai alur pendaftaran dan seleksi masuk fakultas kedokteran yang anda inginkan. Pastikan mencari informasi dari sumber yang terpercaya agar akurat.
  4. Persiapkan mental bila nanti anda tidak lolos seleksi namun tak perlu khawatir karena masih banyak jalur seleksi untuk bisa masuk ke Fakultas Kedokteran.

Itulah tadi penjelasan mengenai seputar dokter gigi yang bisa menambah wawasan anda. Bila anda berminat menjadi dokter gigi maka belajarlah dengan giat dan persiapkan diri sebaik mungkin agar kemungkinan lolos semakin besar.

 

Tindo pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *