Merhaba![i] Siapa yang tidak kenal Turki, negara dengan luas wilayah 783.562 km2 dan memiliki empat musim ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan berupa pegunungan dan pantai, budaya yang beragam, bangunan bersejarah, serta hidangan khas yang lezat. Hal inilah yang membuat Turki meraih penghargaan Best Destination pada Traveller’s Choice TripAdvisor Awards  di tahun 2014. Tapi kira-kira apa saja, sih, kehebatan Turki sehingga para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke sana?

 

Kehebatan Turki Yang Tersohor

  • Kota Dua Benua

Salah satu kehebatan Turki yang mampu menarik para wisatawan adalah kota Istanbul yang terbentang di antara benua Asia dan Eropa. Saat berada di kota terbesar di Turki ini kita dapat merasakan nuansa Eropa yang bisa dilihat dari tatanan kota dan arsitektur, juga adanya jembatan Bosphorus yang mempersingkat jarak tempuh Asia – Eropa hanya dalam hitungan jam. Banyak yang beranggapan bahwa Istanbul merupakan ibukota Turki, yang mana adalah tidak benar karena ibukota Turki adalah Ankara. Pun demikian, Istanbul sudah menjadi kota wajib kunjung bagi para wisatawan yang pergi berlibur ke Turki.

  • Tempat Wisata
  1. Hagia Sophia

Letak negara yang secara geografis berada di antara dua benua membuat Turki memiliki atmosfer perpaduan antara dua budaya yang cukup kental. Hal ini dapat dilihat dari salah satu tempat wisata bernama Hagia Sophia yang terletak di Istanbul. Pada awalnya, Hagia Sophia merupakan gereja katedral berusia ribuan tahun yang lalu pada tahun 1453 ketika Ottoman berhasil menaklukkan Constantinopele, Hagia Sophia beralih fungsi menjadi masjid, dan sekarang ini ditetapkan sebagai museum yang terbuka untuk umum oleh Pemerintahan Turki. Selain bangunan dan ornamennya yang megah, dan khususnya bagi para pecinta kucing, ada satu hal yang unik dari Hagia Sophia yaitu seekor kucing bernama Gli yang sudah tinggal di dalam Hagia Sophia selama 14 tahun. Gli si kucing bahkan memiliki akun Instagramnya sendiri, lho.

pexels.com
  1. Galata Tower

Selalu berpikir kalau menyaksikan matahari terbenam merupakan suatu hal yang klise dan terlalu murahan? Kamu dijamin tidak akan berpikir demikian jika pergi menikmati matahari terbenam di Galata Tower. Dari atas menara setinggi hampir 67 meter ini kamu dapat melihat seluruh pemandangan kota. Bayangkan pergi menyaksikkan cakrawala berubah warna dari biru menjadi keunguan lalu kemerahan bersamaan dengan matahari yang perlahan terbenam di Selat Bosporus. Sudah pasti akan menjadi pengalaman yang tidak dapat dilupakan.

  1. Cappadocia

Kalau ditanya hal apa yang ikonik dari Turki, orang-orang pasti menjawab balon udara. Ya, benar, di Cappadocia, atau Kapadokya dalam bahasa Turki yang merupakan destinasi wisata bersejarah seluas 5.000 m2 dan terbentang antara tiga provinsi di Anatolia Tengah (Keyseri, Nevşehir, and Niğde), menawarkan pengalaman luar biasa dengan mengelilingi penjuru kota dengan menaiki balon udara. Untuk masalah keamanan, tenang saja, dijamin aman karena pilot yang menerbangkan balon udara adalah seorang ahli dan memiliki izin khusus. Sebelum menaiki balon udara, para wisatawan akan diberikan panduan singkat tentang bagaimana posisi yang benar ketika naik dan turun serta hal apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika balon udara mulai diterbangkan.

Dari atas balon udara, para wisatawan akan disuguhi pemandangan yang benar-benar breathtaking seakan-akan berada di dalam adegan film. Hamparan bebatuan berbentuk cerobong asap yang terbentuk secara alamiah dari hasil erupsi vulkanik jutaan tahun lalu, puluhan balon udara lain yang menghiasi langit Cappadocia, matahari yang perlahan terbit dari ufuk timur, dan udara pagi yang terasa dingin dan sejuk. Setelah puas melihat pemandangan Cappadocia dari atas, para wisatawan kemudian akan dijamu dengan minuman dan makanan kecil khas Turki oleh para operator balon udara. Perut kenyang hati pun senang!

  1. Grand Bazaar Istanbul

Puas berjalan-jalan, sudah pasti waktunya untuk belanja. Kalau Jakarta punya Pasar Senen dan Tanah Abang, Yogyakarta terkenal dengan Malioboro, dan Bali dengan Pasar Sukawati, Turki juga tidak mau kalah dengan adanya wisata belanja bernama Grand Bazaar Istanbul yang merupakan salah satu pasar tertutup terbesar dan tertua di dunia dan meliputi lebih dari 4.000 toko yang mampu menarik pengunjung sebanyak 250.000 sampai 400.000 orang setiap harinya. Di pasar yang buka pada hari Senin sampai Sabtu pada pukul 08.30 – 19.00 waktu setempat ini, pengunjung dimanjakan dengan deretan kerajinan tangan mulai dari karpet, pernak-pernik yang terbuat dari perak dan perunggu, juga aksesoris dari yang antik sampai modern. Sama seperti tempat wisata belanja di belahan dunia lainnya, kegiatan tawar menawar dapat dilakukan di Grand Bazaar Istanbul.

pexels.com
  • Kuliner Khas Turki

Selain tempat wisata, hal yang wajib dieksplor ketika bepergian ke suatu tempat adalah kulinernya. Jika selama ini hidangan khas Turki yang kita tahu hanyalah kebab, kini saatnya mengulik kuliner khas Turki lebih mendalam dan yang wajib dicoba.

  1. Baklava

Mari kita awali dengan yang manis-manis. Baklava merupakan hidangan berupa roti lapis berisi kacang yang dihidangkan bersama madu atau sirup dan agak mirip seperti martabak manis di Indonesia. Kamu bisa menemukan Baklava hampir di seluruh toko roti di penjuru Turki.

  1. Boza

Boza atau Bosa merupakan minuman khas Turki yang terbuat dari gandum yang difermentasi dengan campuran air dan gula. Minuman ini memiliki tekstur yang kental dan rasa yang agak asam dan manis. Boza biasa disajikan dengan bubuk kayu manis yang ditaburkan di atasnya dan kacang chickpea yang dibakar.

  1. Dondurma

Para wisatawan pasti sudah tidak asing dengan Dondurma atau Turkish Ice Cream. Yang menarik dari Dondurma adalah penjualnya yang kerap menjahili pembeli dengan tidak segera memberikan es krim yang sudah dipesan melainkan mengerjai pembeli dengan berbagai macam atraksi yang menguji kesabaran dan menggelitik perut. Namun sesaat setelah merasakan nikmat dan segarnya dondurma, kejengkelan akan ulah penjual akan segera terlupakan.

pexels.com

Berkunjung ke Turki Yang Eksotis

Dalam hal memukau para wisatawan, Turki tidak pernah gagal dalam tugasnya seakan setiap tempat di Turki memiliki daya magis yang mampu menghipnosis para wisatawan untuk datang. Letak geografisnya yang berada di antara dua benua, destinasi wisata, dan kuliner khas hanyalah tiga dari sekian banyak kehebatan Turki yang menjadikannya salah satu negara dengan jumlah wisatawan terbanyak di dunia setiap tahunnya. Selain dari ketiga aspek di atas, kehebatan Turki juga tercermin dari bagaimana cara pemerintah setempat mengelola dan merawat objek wisata dengan amat baik dan mempromosikan Turki secara menyeluruh dan tepat sasaran ke masyarakat dunia.

Jadi untuk kamu yang ingin secara langsung merasakan kehebatan Turki yang lain, jangan segan-segan untuk pergi liburan ke Turki, ya! Dijamin tidak akan menyesal dan akan menjadi salah satu pengalaman liburan paling berkesan. Ttürkiyede görüşürüz![ii]

 

[i] (bahasa Turki ) Halo

[ii] (bahasa Turki) Sampai jumpa di Turki

Tindo Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *