Allah menurunkan beberapa kitab suci yang merupakan pedoman hidup bagi umat manusia mulai dari kitab Injil, Taurat, Zabur, hingga Al Qur’an. Dari semua kitab tersebut, Al Qur’an merupakan petunjuk terakhir yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Di dalam Al Qur’an terdapat banyak surat yang jumlahnya hingga 114 dimana setiap suratnya memiliki keutamaan. Al qur’an merupakan petunjuk yang diturunkan secara berangsur-angsur dimana ada hikmah dibalik itu semua. Diantara banyaknya surat yang ada di dalam Al qur’an, suray yasin merupakan salah satu surat yang memiliki banyak keutamaan. Sebelum kita membahas mengenai keutamaan surat yasin, ada baiknya jika kita mengetahui dulu alasan kenapa Al Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur.

Hikmah pertama kenapa surat dalam al qur’an diturunkan secara berangsur angsur adalah agar lebih mudah dipahami dan dimengerti maknanya. Hikmah lainnya adalah untuk menguatkan hati Rasulullah SAW yang pada masa itu menghadapi banyak kendala dalam berdakwa untuk menyebarkan agama islam. Tak hanya itu, ayat al qur’an juga banyak yang diturunkan sebagai jawaban atas pertanyaan umat sekaligus tantangan yang sering kali diajukan oleh kaum musyrik yang meragukan dakwan Rasulullah SAW. Setiap surat dari al qur’an memiliki keutamaan, begitu pula dengan Surat Yasin.

pexels.com

            10 Keutamaan Surat Yasin

Surat Yasin merupakan salah satu surat dalam Al qur’an yang memiliki banyak keutamaan. Namun yang akan kita bahas kali ini hanya 10 keutamaannya saja.  Surat Yasin merupakan salah satu surat Makkiyah yang diturunkan setelah surat Jin. Surat Yasin ini terdiri atas 83 ayat dan seringkali kita baca saat sedang mengaji. Dalam surat ini Allah mengemukakan bahwa Nabi Muhammad SAW benar-benar utusanNya yang diutus untuk memberikan manusia petunjuk dan pedoman hidup. Berikut beberapa keutamaan surat yasin yang sebaiknya kita ketahui karena keutamaannya sungguh luar biasa.

  1. Dipermudah segala urusan

Salah satu keutamaan yang kita dapatkan jika membaca dan mengamalkan surat yasin ini adalah dimudahkan segaa urusan kita di dunia. Entah itu masalah pertikaian, hutang, maupun urusan lainnya yang seringkali kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Keutamaan yang satu ini dijelaskan dalam sunaan daarimi juz 2 halaman 549 yang isinya mengenai kemudahan yang akan kita dapatkan jika membaca surat yasin di pagi dan sore hari.

  1. Memudahkan Sakaratul Maut

Jika kita membiasakan membaca surat yasin, maka kita akan dimudahkan saat sedang sakaratul maut atau menghadapi maut. Seperti yang dijelaskan dalam al qur’an bahwa saat sakaratul maut tubuh kita akan merasakan sakit yang luar biasa. Namun, lamanya sakaratul maut tergantung dari amal ibadah yang kita miliki. Salah satu cara untuk mempermudah sakaratul maut ini adalah dengan istiqomah membaca surat yasin sekaligus mengamalkan isinya.

  1. Diampuni dosanya

Keutamaan lainnya adalah diampuni dosanya oleh Allah SWT seperti yang dijelaskan oleh Al-baihaqy dalam sya’bil iman.

pexels.com
  1. Memberi syafa’at

Saat kita di akhirat, tidak ada yang kita bawa kecuali amal ibadah. Jika kita melakukan kebajikan semasa hidup di dunia termasuk mengamalkan surat yasin ini insyaallah kita akan mendapatkan syafa’at saat di akhirat nanti.

  1. Membersihkan jiwa

Keutamaan surat yasin berikutnya adalah dapat membuat jiwa kita menjadi bersih. Sama halnya dengan surat lain yang ada dalam al qur’an, surat yasin juga memiliki keutamaan untuk membuat hati kita lebih tenang dan bersih dari segala prasangka buruk.

  1. Pahala yang berlipat ganda

Keutamaan selanjutnya dari surat yasin ini adalah mendapatkan padala yang berlipat ganda. Rasulullah menjelaskan bahwa pahala yang kita dapatkan saat membaca surat yasin sama dengan pahala yang kita dapatkan jika membaca al qur’an 10 kali. Luar biasa bukan?

  1. Dikabulkan hajatnya

Untuk anda yang ingin dikabulakan hajatnya oleh Allah, bacalah surat yasin ini berkali –kali disertai dengan usaha untuk meraih hajat tersebut. Insyallah Allah akan memudahkan jalan atau cara untuk mendapatkan hajat tersebut.

  1. Meningkatkan kadar keimanan

Selanjutnya, surat yasin juga bisa menambah keimanan kita dan membuat kita lebih dekat kepada Allah SWT. Sama halnya dengan semua ibadah maupun kebajikan yang kita lakukan, membaca surat yasin juga membuat kadar keimanan kita meningkat sehingga tidak mudah tergoda akan godaan terhadap perbuatan maksiat.

  1. Dianggap orang yang mati syahid

Mati syahid maksudnya adalah mati dalam keadaan baik. Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mati syahid, dan kita tidak tahu bagaimana kita akan mati nanti. Untuk bekal menghadapi kematian kelak, seringlah membaca surat yasin ini yang dapat membuat kita dianggap mati syahid sama halnya dengan umat nabi yang mati membela islam.

  1. Terhindar dari siksa kubur

Keutamaan surat yasin yang ke 10 adalah terhindar dari siksa kubur yang mengerikan.

 

pexels.com

            Poin Pokok Makna Surat Yasin

Surat yasin merupakan surat makkiyah yang diturunkan pada saat Nabi Muhammad mulai berdakwah dan menghadapi berbagai rintangan. Salah satu rintangan tersebut adalah saat dimana Rasulullah dianggap gila dan dianggap menebarkan kebohongan mengenai Agama Allah. Pada saat seperti itu, Allah menurunkan surat yasin yang berfungsi sebagai penguat hati nabi serta jawaban atas fitnah yang diberikan oleh kaum jahiliyah kepada nabi. Surat yasin terdiri dari 83 ayat, dimana poin pokok dari makna surat yasin diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pernyataan Allah SWT tentang Nabi Muhammad SAW yang benar-benar utusan Allah yang ditugaskan untuk berdakwah dan mengajarkan ajaran islam yang disampaikan dalam Al qur’an.
  2. Kisah penduduk kota nasrani.
  3. Dalam surat yasin, Allah juga mengungkapkan penyesalan bagi mereka-mereka yang tidak mau beriman kepada Allah SWT.
  4. Tanda-tanda kekuasaan Allah

Dalam surat yasin ini juga diungkapkan berbagai tanda-tanda kekuasaan Allah SWT yang banyak diingkari oleh umat nasrani.

  1. Hari Kiamat

Di surat ini, Allah menjelaskan bagaimana kondisi orang-orang mukmin saat hari kiamat tiba.

  1. Allah berkuasa untuk membangkitkan orang mati

Makna lainnya mengenai kekuasaan Allah berkaitan dengan membangkitkan mereka yang sudah mati.

pexels.com

Selain memberikan berbagai keutamaan luar biasa jika dibaca, saat kita memahami arti dari surat yasin ini kita juga dapat mempelajari banyak hal. Mulai dari sejarah umat yang membangkang kepada rasulullah saw yang dapat kita jadikan pelajaran. Dari surat ini juga kita dapat lebih yakin bahwa Nabi Muhammad merupakan utusan Allah SWT. Keutamaan surat yasin sebaiknya kita manfaatkan dengan baik-baik. Selain mendapatkan pahala dengan membacanya surat yasin dan surat lainnya, dari maknanya kita akan memiliki pandangan serta motivasi dalam menjalankan hidup yang lebih baik lagi  kedepannya. Selain mempelajari arti al qur’an kita juga sebaiknya mengenal lebih baik al qur’an dimulai dengan mengetahui nama lain al quran.

 

Tindo Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *