Teknologi informasi dan komunikasi yang makin berkembang membuat banyak aspek ikut terdampak. Banyak industri atau instansi tertentu mengembangkan secara mandiri mesin – mesin atau teknologi yang mereka miliki. Pengembangan itu bertujuan agar untuk mendapatkan sebuah teknologi yang sesuai harapan dan mampu mengimbangi kinerja dalam industri tersebut. Tidak jarang para pelaku industri banyak mendatangkan ahli yang khusus untuk mengembangkan atau membuat teknologi yang sesuai kriteria tersebut. Bagi para pelaku industri salah satu hal krusial yang harus dimiliki di era sekarang ini adalah komputer. Komputer menjadi hal wajib yang harus di miliki dan kuasai oleh para pelaku industri. Komputer yang bagus sesuai dengan kebutuhan dalam industry tentu adalah suatu hal wajib yang dibutuhkan pada setiap kegaiatan operasional. Akan tetapi tidak semua komputer yang terjual bebas di pasaran memiliki standart yang sama yang ditetapkan oleh tiap industri. Maka untuk mengatasi masalah tersebut para pelaku industri mendatangkan para ahli untuk membuat komputer rakit.

pxhere.com

Pengertian Komputer Rakit

Komputer rakit adalah komputer yang tidak dapat dibeli di toko –toko elektronik biasanya. Teknologi ini memanfaatkan keinginan dari sang pemesan dalam proses pembuatannya. Para pemesan akan mengatakan komputer seperti apa yang dinginkan dan para ahli akan merakit komputer sesuai yang diinginkan oleh pemesan. Setiap industri pasti memiliki standart yang berbeda dalam teknologi yang akan dimanfaatkan sebagai kegiatan operasional sehari – hari. Komputer sendiri terdiri sebuah layar monitor dan CPU dengan kemampuan yang berbeda. Layar komputer memiliki lebar yang berbeda-beda. Hal tersebut dapat menyesuaikan dengan keinginan pemesan . CPU adalah salah satu komponen dalam komputer. CPU berguna untuk mengatur segala jenis kegiatan dalam komputer tersebut. CPU adalah jantung dari komputer itu sendiri. jika CPU mengalami Kendala maka akan dapat dipastikan komputer tersebut tidak akan bisa digunakan. Selain CPU dan layar monitor yang juga tidak kalah penting adalah media penyimpanan dari komputer itu sendiri. Makin besar kapasitas dari memori yang bisa digunakan tentu akan makin banyak pula peminatnya.

Membuat komputer rakit tidak hanya mengedepankan dari spesifikais yang diinginkan oleh pemesan. Komputer rakitan juga harus menyesuaikan keadaan dari industri yang memesan. Apakah hasil rakitan tersebut akan berdampak bagi kegiatan operasional. Tidak jarang spesifikasi yang terlalu rendah akan memperlambat kegiatan opersional dari suatu industry. Hal inilah yang harus di waspadai oleh para pembuat komputer rakitan. Salah dalam menentukan spesifikasi akan berdampak merugikan bagi si pemesan itu sendiri. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat sebuah komputer rakitan tidak lah sama seperti membeli komputer yang telah di rakit oleh toko. Perbedaan ini terdapat dari kualitas dan spesifikasi dari bahan yang digunakan. Makin bagus barang tersebut tentu akan membuat komputer rakitan makin mahal. Barang – barang yang telah terbukti kualitasnya tentu akan memberi nilai tambah pada hasil rakitan tersebut.

pxhere.com

Penggunaan Komputer Rakit Pada Sekolah – Sekolah

Pada era yang makin modern ini komputer rakit tidak hanya digunakan pada kalangan pelaku industri saja, akan tetapi banyak kalangan masyarakat lain yang mulai memilih komputer rakitan. Selain karena lebih sesuai dengan keinginan komputer rakitan juga akan mewujutkan komputer impian yang bisa dipakai dalam setiap kegiatan masyarakat tersebut. Kalangan yang terbanyak memakai komputer rakitan adalah sekolah. Sekolah – sekolah pada masa kemajuan ini telah memakai komputer sebagai salah satu dari pembelajaran mereka. Menguasai komputer pada masa sekarang ini adalah suatu hal wajib yang harus dilakukan. Komputer telah merajai hampir seluruh kehidupan masyarakat. Anak –anak sekolah dipersiapkan lebih awal untuk dapat mengikuti perkembangan zaman tersebut.

Dalam lingkup sekolah  komputer – komputer tersebut dipesan secara khusu dalam bentuk bahan mentah. Seorang ahli yang biasanya merangkap sebagai guru komputer lah yang akan merakit komputer tersebut. Rakitan komputer sekolah tentu tidak sama dengan rakitan untuk kegiatan industri. Para pelajar hanya akan diberi beberapa pengetahuan dasar tentang komputer yang nantinya akan mereka terapkan dalam kehidupan sehari –hari. Pada masa yang lebih maju ini juga mulai banyak sekolah menengah kejuruan yang memiliki jurusan multimedia atau jurusan perangkat keras. Para siswa tersebut akan diajari bahan –bahan untuk dapat merakit sebuah komputer dan belajar bagaimana caa merakit komputer yang baik dan benar. Sekolah menengah kejuruan yang seperti ini telah tersebar banyak di seluruh Indonesia.

pxhere.com

Hal tersebut memicu munculnya banyak ngenerasi milineal seperti Leskompi yang mulai bergerak dibidang yang sama. Generasi muda inilah yang mulai merajai pasar tanah air dalam bidang perakitan komputer. Komputer yang dulu adalah barang mewah yang tidak semua orang bisa menggunakannya kini telah menjadi teknologi sehari –hari yang melingkupi segala lapisan masyarakat. Perkembangan tersebut memicu munculnya generasi maju yang mampu bersaing dengan kemajuan zaman. Sekolah yang telah mempersiapkan para siswa nya untuk dapat bersaing dengan ketatnya persaingan global juga menjadi salah satu penunjang keberhasilan dari para generasi muda milenial ini. pada masa ini tidak lagi diperlukan ahli yang mematok bayaran tinggi untuk dapat memiliki komputer impian. Memanfaatkan keahlian anak bangsa menjadi salah satu solusi cerdas dalam memiliki komputer sesuai keinginan.

Tindo teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *