Khasiat Madu Kurma untuk Kesehatan

Khasiat Madu Kurma untuk Kesehatan

4 February, 2019

Madu kurma mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Masyarakat Indonesia sendiri sudah tidak asing lagi dengan buah kurma dan berbagai produk berbahan kurma. Kurma merupakan jenis buah yang banyak tumbuh di beberapa negara timur tengah seperti Arab Saudi, Iran, Iran, Mesin, dan negara lainnya. Buah yang identik dengan padang pasir tersebut memilki rasa yang enak dan manis. Menurut banyak penelitian, buah kurma memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Mengonsumsi buah kurma dipercaya mampu memberikan manfaat yang bagus untuk tubuh seperti berikut.

Khasiat Kurma

Buah yang sering dijadikan untuk menu berbuka puasa ini ternyata bisa dikonsumsi setiap hari, karena ada banyak khasiatnya untuk kesehatan. Berikut beberapa khasiat dari buah kurma.

  1. Memberikan energi untuk tubuh

Ada banyak jenis kurma yang ada di pasaran dengan rasa dan tekstur yang berbeda-beda. Namun untuk khasiatnya hampir sama dan salah satunya adalah memberikan energi bagi tubuh secara instan atau dengan lebih cepat. Tidak heran jika banyak orang yang setelah berpuasa biasanya berbuka dengan kurma. Kandungan nutrisi dari kurma seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa cukup tinggi sehingga bagus untuk mengembalikan energi bagi tubuh.

www.pexels.com

  1. Melancarkan pencernaan

Buah kurma ternyata bagus untuk memperlancar pencernaan. Hal tersebut karena di dalam kurma sendiri mengandung cukup banyak serat. Mengonsumsi kurma bisa menjadi solusi bagi orang yang sedang mengalami masalah pencernaan seperti sembelit. Manfaat dari kurma tersebut dapat diperoleh dengan mengonsumsi langsung buah kurma. Anda bisa membeli buah kurma, baik kurma madu atau kurma lain seperti ajwa yang terkenal manis. Tidak sulit untuk mendapat buah ini, karena banyak yang Jual kurma ajwa di pasaran.

  1. Memberikan rasa kenyang yang lebih lama

Kurma sangat bagus dikonsumsi bagi yang sedang melakukan diet. Hal tersebut karena khasiat dari kurma yang bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Ada banyak vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang bisa diperoleh dari kurma. Mengonsumsi kurma bagus untuk mengendalikan rasa lapar karena mengadung karbohidrat diperlukan tubuh. Tidak hanya itu, kurma juga mengandung vitamin A, C, E, magnesium, riblofavin, tembaga, dan beragam nutrisi penting lainnya.

  1. Menyehatkan usus

Fakta lain dari khasiat kurma adalah menyehatkan organ pencernaan yaitu usus. Serat dalam kurma dapat membantu usus mencerna makanan dengan lebih ringan. Mengonsumsi kurma akan berkhasiat untuk siklus pencernaan karena tinggi serat. Membuat usus lebih sehat dan melancarkan buang air besar. Sisa-sisa makanan di dalam sistem pencernaan pun akan dibersihkan dengan lebih maksimal sehingga usus menjadi lebih sehat.

maxpixel.net

  1. Mencegah penyakit di organ pencernaan

Kurma juga bagus untuk mencegah beberapa masalah kesehatan di organ pencernaan. Kurma dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker usus dan lambung. Semua orang dari segala usia bisa mengonsumsi kurma setiap hari untuk mendapatkan khasiat yang satu ini. Mengonsumsi kurma merupakan alternatif yang mudah dan aman untuk mencegah berbagai masalah kesehatan, baik di usus maupun lambung.

  1. Mengurangi gejala anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah sering membuat seseorang menjadi mudah lelah dan lesu. Buah kurma bisa menjadi pilihan tepat bagi yang mengalami masalah kesehatan tersebut. Kandungan zat besi di dalam buah kurma terbilang tinggi hingga 1 mg per 100 gram kurma. Zat besi yang diperoleh dari mengonsumsi kurma juga bisa dikatakan lebih aman karena tidak ada bahan kimia seperti yang terdapat dalam obat-obatan.

  1. Meningkatkan kemampuan otak

Manisnya buah kurma aman untuk dikonsumsi setiap hari. Selain lezat, buah kurma juga bagus untuk kesehatan dan fungsi otak. Mengandung kalium yang cukup tinggi yang bagus untuk menjaga kemampuan daya ingat. Tidak hanya itu saja, buah kurma juga mengandung nutrisi esensial lain seperti niacin dan folat yang bagus untuk otak. Mengonsumsi kurma setiap hari dapat membantu menjaga kemampuan konsentrasi dan fokus.

  1. Menjaga kesehatan mata

Tempat yang jual kurma ajwa bisa menjadi pilihan tepat untuk masyarakat memperoleh buah dengan banyak nutrisi dan khasiat. Buah kurma yang manis dan bisa memberi energi ternyata juga bagus untuk kesehatan mata. Beragam vitamin yang terkandung di dalam buah ini dapat memberikan nutrisi untuk mata. Manfaat yang sama seperti halnya mengonsumsi wortel yang tinggi vitamin A.

www.pexels.com

  1. Mengurangi reaksi alergi

Gejala alergi akan muncul saat seseorang berkontak fisik dengan zat alergan. Biasanya gejala tersebut akan terlihat atau dirasakan dalam beberapa menit, walaupun ada yang langsung. Kurma ternyata bisa menjadi buah yang bagus untuk mengatasi masalah tersebut. Buah yang mengandung sulfur organik ini bagus untuk mengatasi gejala alergi. Sulfur organik sangat jarang ditemukan di bahan makanan atau minuman, namun buah kurma memiliknya. Mengonsumsi buah kurma dapat mengatasi reaksi alergi dengan efektif.

  1. Mengurangi radang tenggorokan

Kurma mengandung air dan beragam nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Kurma juga sangat disarankan bagi masyarakat yang sedang mengalami radang tenggorokan. Zat anti radang di dalam kurma dapat bekerja untuk memulihkan tenggorokan yang mengalami radang. Masyarakat yang sering mengonsumsi makanan tidak sehat maupun yang mudah terserang radang tenggorokan dapat memilih kurma untuk mengurangi rasa sakit dan mengobati radang.

  1. Menjaga kepadatan tulang

Kesehatan tulang adalah hal penting karena berpengaruh terhadap kemampuan gerak seseorang. Beberapa orang terutama yang sudah lanjut usia seringkali mengalami keterbatasan gerak karena sakit di bagian tulang akibat pengeroposan. Untuk mencegah hal tersebut, mengonsumsi kurma bisa menjadi pilihan yang tepat. Mengandung kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang hingga 64 mg per 100 gram kurma. Kalsium dari kurma ini bagus untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Mencegah pengeroposan atau pengapuran tulang yang bisa membuat sulit bergerak.

  1. Menjaga kesehatan syaraf

Kurma adalah buah yang kaya akan nutrisi dan khasiat untuk kesehatan. Menurut beberapa penelitian zat yang terkandung dalam kurma memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan syaraf. Syaraf merupakan bagian penting dalam sistem tubuh manusia. Apabila syaraf bermasalah, maka akan ada gangguan kesehatan di organ tubuh yang lainnya. Selain dengan olahraga dan makan makanan bernutrisi, mengonsumsi kurma juga menjadi pilihan tepat untuk menjaga kesehatan syaraf.

maxpixel.net

  1. Memperbaiki masalah tidur

Gangguan tidur seperti insomnia merupakan masalah yang banyak dialami orang. Faktanya, kurma bisa mengatasi masalah insomnia tersebut. Mengonsumsi kurma yang mengandung banyak vitamin dan mineral dipercaya dapat membantu mengurangi masalah tidur. Hal tersebut terjadi karena sistem pencernaan dan metabolisme tubuh yang menjadi lebih lancar.

  1. Mencegah penggumpalan darah

Khasiat lain dari kurma adalah untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah. Penggumpalan yang terjadi di aliran darah bisa berbahaya bagi tubuh karena sirkulasi darah dan oksigen yang menjadi tersumbat. Untuk mencegah penggumpalan darah yang bisa berakibat pada stroke atau serangan jantung ini, bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi kurma.

Madu kurma memang tinggi serat dan nutrisi. Mengonsumsi setiap hari akan memberikan khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Mengurangi risiko penyakit, menjaga fungsi organ tubuh, dan memberikan tenaga untuk tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *