Manfaat kesehatan dari Biji Rami

Selama berabad-abad, biji rami sebenarnya telah dihargai karena sifatnya yang melindungi kesehatan.

Bahkan, Charles yang Agung membeli makanan biji rami untuk kesehatannya. Jadi tidak mengherankan bahwa mereka memperoleh nama Linum usitatissimum, menunjukkan “yang paling menguntungkan.”

Saat ini, biji rami menjadi “makanan super” karena lebih banyak penelitian klinis menunjukkan manfaat kesehatan dan kesejahteraannya.

Di sini adalah 10 manfaat kesehatan dari biji rami yang didukung oleh ilmu pengetahuan.

1. Biji Rami Dikemas Dengan Nutrisi
Tumbuh mengingat bahwa mulai orang, biji rami hanyalah salah satu tanaman paling awal. Ada 2 jenis, kecoklatan dan juga keemasan, yang sama-sama sehat.

Ukuran porsi khas untuk biji rami tanah adalah 1 sendok makan (7 gram).

Hanya satu sendok makan menawarkan jumlah protein, serat, dan lemak omega-3 yang sangat baik, serta menjadi sumber daya yang berlimpah dari beberapa vitamin dan mineral.

Satu sendok makan biji rami tanah meliputi: (1):

Kalori: 37
Protein: 1,3 gram
Karbohidrat: 2 gram
Serat: 1,9 gram
Keseluruhan lemak: 3 gram
Lemak terhidrogenasi: 0,3 gram
Lemak tak jenuh tunggal: 0,5 gram
Lemak tak jenuh ganda: 2,0 gram
Lemak Omega-3: 1.597 mg
Vitamin B1: 8% dari RDI
Vitamin B6: 2% dari RDI
Folat: 2% dari RDI
Kalsium: 2% dari RDI
Besi: 2% dari RDI
Magnesium: 7% dari RDI
Fosfor: 4% dari RDI
Kalium: 2% dari RDI
Anehnya, manfaat kesehatan biji rami umumnya dikaitkan dengan asam lemak omega-3, lignan dan juga serat yang mereka masukkan.

Rekap:
Biji rami adalah sumber nutrisi yang sangat baik. Keuntungan kesehatan mereka terutama karena bahan mereka dari lemak omega-3, lignan serta serat.
2. Biji Rami Tinggi Lemak Omega-3
Jika Anda seorang vegetarian atau tidak makan ikan, biji rami bisa menjadi sumber lemak omega-3 terbaik Anda.

Mereka adalah sumber daya yang berlimpah dari asam alfa-linolenat (ALA), sebagian besar lemak omega-3 nabati (Sumber 2Trusted).

ALA adalah salah satu lemak vital yang harus Anda peroleh dari makanan yang Anda konsumsi, karena tubuh Anda tidak menghasilkannya.

Penelitian pada hewan telah benar-benar mengungkapkan bahwa ALA dalam biji rami mencegah kolesterol ditransfer dalam pembuluh darah jantung, meminimalkan peradangan di arteri dan juga mengurangi pertumbuhan benjolan (3Trusted Resource, 4Trusted Source, 5Trusted Source).

Sebuah studi penelitian di Kosta Rika termasuk 3.638 orang menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak ALA memiliki pengurangan ancaman penyakit kardiovaskular dibandingkan mereka yang makan jauh lebih sedikit ALA (6Trusted Resource).

Juga, kesaksian besar dari 27 penelitian yang melibatkan lebih dari 250.000 orang menemukan bahwa ALA dikaitkan dengan risiko 14% lebih rendah dari penyakit kardiovaskular (7Trusted Resource).

Sejumlah penelitian sebenarnya juga mengaitkan ALA dengan ancaman stroke yang lebih rendah (8Trusted Source, 9Trusted Source, 10Trusted Resource).

Selain itu, ulasan terbaru dari data empiris berakhir bahwa ALA memiliki manfaat kesehatan jantung yang mirip dengan asam eikosapentaenoat (EPA) serta asam docosahexaenoic (DHA), dua dari lemak omega-3 yang lebih terkenal (11).

RINGKASAN:
Biji rami adalah sumber yang kaya akan ALA lemak omega-3. Lemak ALA nabati dipastikan memiliki manfaat kesehatan jantung serta dikaitkan dengan bahaya stroke yang lebih rendah.

3. Biji Rami Adalah Sumber Lignan yang Berlimpah, Yang Dapat Mengurangi Risiko Sel Kanker
Lignan adalah zat tanaman yang memiliki sifat antioksidan dan residensial estrogen, yang keduanya dapat membantu menurunkan risiko kanker serta meningkatkan kesehatan (12Trusted Resource).

Anehnya, biji rami mengandung lignan hingga 800 kali lebih banyak daripada makanan nabati lainnya (Sumber Daya 5Trusted).

Studi penelitian empiris menunjukkan bahwa mereka yang makan biji rami memiliki pengurangan risiko sel kanker payudara, terutama wanita pascamenopause (13Trusted Resource).

Selain itu, menurut penelitian di Kanada yang melibatkan lebih dari 6.000 wanita, mereka yang mengonsumsi biji rami 18% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan sel kanker payudara (14Trusted Source).

Namun demikian, pria juga dapat memperoleh manfaat dari mengkonsumsi biji rami.

Dalam sebuah penelitian kecil termasuk 15 laki-laki, mereka menyediakan 30 gram biji rami sehari sementara mengikuti diet rendah lemak menunjukkan penurunan tingkat sel kanker prostat, menunjukkan berkurangnya risiko kanker prostat (15Trusted Source).

Biji rami juga muncul memiliki kemungkinan untuk mencegah sel-sel usus besar dan juga kanker kulit di laboratorium penelitian dan juga penelitian hewan peliharaan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini (16).

Namun, bukti sejauh ini menunjukkan biji rami menjadi makanan yang mungkin berharga dalam melawan sel kanker yang berbeda.

Rekap:
Biji rami mengandung tim nutrisi yang disebut lignan, yang memiliki sifat anti-oksidan serta estrogen yang efektif. Mereka dapat membantu dalam menghindari kanker payudara dan prostat, serta berbagai jenis sel kanker lainnya.

4. Biji Rami Berlimpah dalam Serat Makanan
Cukup satu sendok makan biji rami mengandung 3 gram serat, yaitu 8 – 12% dari asupan harian yang disarankan untuk pria dan wanita, khususnya (Sumber Daya 17Trusted).

Terlebih lagi, biji rami memiliki dua jenis serat makanan – larut (20– 40%) dan juga tidak larut (60– 80%).

Duo serat ini difermentasi oleh kuman di usus besar, mengembang tinja serta menghasilkan gerakan usus yang lebih teratur.

Di satu sisi, serat larut meningkatkan keseragaman komponen usus Anda dan memperlambat harga pencernaan Anda. Ini telah terbukti membantu mengelola glukosa darah serta menurunkan kolesterol (18Trusted Source).

Di sisi lain, serat yang tidak larut memungkinkan lebih banyak air untuk mengikat feses, meningkatkan curah mereka dan menghasilkan feses yang lebih lunak. Ini berguna untuk mencegah penyimpangan serta bagi mereka yang memiliki gangguan usus rewel atau kondisi divertikular (5Trusted Source).

Rekap:
Dengan begitu banyak serat yang dijejali di setiap biji kecil, menambahkan biji rami ke dalam diet Anda mendorong buang air besar secara teratur dan juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

5. Biji Rami Bisa Meningkatkan Kolesterol
Keuntungan kesehatan dan kebugaran lain dari biji rami adalah kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol.

Dalam sebuah penelitian pada orang dengan kolesterol tinggi, mengonsumsi 3 sdm (30 gram) bubuk biji rami setiap hari selama tiga bulan menurunkan kolesterol total sebesar 17% dan juga kolesterol LDL “negatif” dengan praktis 20% (19 Sumber terpercaya).

Satu lagi penelitian tentang individu dengan masalah diabetes yang menemukan bahwa mengambil 1 sendok makan (10 gram) bubuk biji rami setiap hari selama satu bulan menyebabkan kenaikan 12% kolesterol HDL “sangat baik” (20Trusted Resource).

Pada wanita pascamenopause, mengkonsumsi 30 gram biji rami setiap hari menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL sekitar 7% dan juga 10%, khususnya (21Trusted Resource).

Dampak ini tampak sebagai akibat dari serat dalam biji rami, karena ia mengikat garam empedu dan setelah itu diekskresikan oleh tubuh.

Untuk mengisi kembali garam empedu ini, kolesterol diambil dari darah Anda langsung ke hati Anda. Proses ini mengurangi kadar kolesterol dalam darah Anda (18 Sumber terpercaya).

Ini benar-benar berita bagus bagi mereka yang ingin meningkatkan kolesterol mereka.

RINGKASAN:
Bahan serat rami biji tinggi dapat membantu mengurangi kolesterol serta dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan jantung.

6. Biji Rami Dapat Menurunkan Tekanan Darah
Penelitian tentang biji rami sebenarnya juga berfokus pada kemampuan alami untuk mengurangi tekanan darah (22Trusted Source).

Sebuah studi penelitian Kanada menemukan makan 30 gram biji rami setiap hari selama 6 bulan mengurangi tekanan sistolik serta diastolik sebesar 10 mmHg dan 7 mmHg, khususnya (23Trusted Resource).

Bagi mereka yang sedang minum obat tekanan darah, biji rami mengurangi tekanan darah tinggi juga lebih jauh dan mengurangi jumlah orang dengan tekanan darah tinggi yang tidak terkendali sebesar 17% (23 Sumber Daya Terpercaya).

Selain itu, menurut evaluasi besar yang melihat informasi dari 11 studi, mengambil biji rami setiap hari selama lebih dari tiga bulan mengurangi tekanan darah sebesar 2 mmHg (Sumber Daya 24Trusted).

Sementara itu bisa tampak tidak relevan, penurunan 2-mmHg dalam tekanan darah tinggi dapat mengurangi bahaya kematian akibat stroke sebesar 10% dan dari masalah jantung sebesar 7% (25Trusted Source).

RINGKASAN:
Biji rami telah terbukti menurunkan tekanan darah tinggi serta sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

Sumber : bukabukumu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *