Jangan Abaikan Mata Merah, Ternyata Begini Dampaknya Jika Tidak Segera Diatasi

Jangan Abaikan Mata Merah, Ternyata Begini Dampaknya Jika Tidak Segera Diatasi

15 February, 2019

            Memiliki mata yang sehat merupakan sebuah anugerah luar biasa yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada kita. Tidak dapat dipungkiri bahwa di dunia ini memang terdapat beberapa orang yang tidak dikaruniai mata sehat. Namun, tentu saja Tuhan berkehendak demikian bukan tanpa alasan, melainkan pasti ada rencana yang lebih baik di balik itu semua. Dalam hal ini, bagi kita yang masih di anugerahi mata sempurna, maka sudah seharusnya kita senantiasa bersyukur dan menjaga indra pengelihatan ini dengan sebaik mungkin. Oleh sebab itu, perlu adanya penanganan yang tepat apabila suatu saat mata kita mengalami masalah.

Salah satu permasalahan mata yang acap kali dialami oleh sebagian besar orang ialah mata merah. Seseorang yang mengalami hal ini umumnya akan merasakan gatal dan perih pada area sekitar mata. Pada dasarnya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mata seseorang menjadi berwarna merah. Kebanyakan kasus mata berwarna merah yang dialami oleh seseorang diakibatkan karena kurang tidur. Jika penyebabnya memang seperti demikian, maka Anda tidak perlu khawatir pasalnya tidak memerlukan penanganan khusus. Anda hanya perlu mengobati mata tersebut dengan cara menambah volume tidur. Tetapi, sebenarnya tidak hanya hal tersebut saja yang bisa menyebabkan mata menjadi berwarna merah. Ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan mata seseorang menjadi berwarna merah seperti pterygium, pinguecula, pendarahan bola mata, hingga gejala tumor dan kanker mata. Maka dari itu, Anda perlu waspada pada saat mata Anda berwarna merah tanpa sebab yang jelas.

Mirisnya, beberapa orang hanya mengabaikan dan menganggap spele permasalahan tersebut. Mereka menganggap bahwa mata yang berwarna merah merupakan hal yang tidak memerlukan penanganan lebih lanjut. Namun taukah Anda jika nyatanya mata merah yang tidak segera ditangani bisa membahayakan kesehatan mata?? Jika belum, maka simaklah ulasan informasi di bawah ini.

www.pexels.com

Dampak Akibat Mata Merah yang Tidak Ditangani dengan Tepat

            Berdasarkan beberapa kasus mata berwarna merah yang tidak ditangani dengan tepat oleh sebagian orang, ternyata dampaknya bukan main. Adapun dampak tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Sakit Kepala

Kebanyakan seseorang yang menderita sakit mata akan disertai dengan sakit kepala pada bagian belakang mata. Umumnya, permasalahan mata yang bisa menimbulkan sakit kepala disebabkan karena beberapa hal, antara lain: terlalu sering melihat tulisan pada laptop atau gadget, membaca buku sambil tiduran, melihat tv terlalu dekat, dan sebagainya. Di samping itu, adanya astigmatisme serta rabun dekat dan rabun jauh pada mata juga bisa menyebabkan sakit kepala pada bagian belakang mata. Hal tersebut tentu saja menyebabkan ketidaknyaman bagi kita. Jika tidak ada tindakan pengatasan secara intensif, maka hal tersebut dapat memperkeruh keadaan mata kita.

  1. Minus

Mata minus merupakan suatu keadaan dimana mata seseorang tidak mampu melihat secara optimal. Beberapa orang menyebut mata minus sebagai rabun jauh atau miopi. Pada umumnya, mata minus berawal dari mata berwarna merah yang tak kunjung sembuh. Dalam hal ini, beberapa orang hanya mengabaikan dan menganggapnya sebagai sakit mata biasa. Jika tidak segera diatasi, minus pada mata seseorang dapat bertambah parah.

  1. Kebutaan

Mungkin kasus ini jarang terjadi, tetapi nyatanya ada beberapa kasus sakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan. Sama halnya dengan kasus-kasus sebelumnya, hal ini umumnya berawal dari mata yang berwarna merah. Namun, kebutaan ini umumnya terjadi karena pendaharaan bola yang tidak segera diatasi. Maka dari itu, berhati-hatilah jika Anda mendapati bitnik-bintik berwarna merah pada mata Anda.

Melihat beberapa dampak yang seperti demikian, maka sudah sepatutnya kita tidak mengabaikan mata merah. Apabila tidak segera diadakan tindakan yang lebih lanjut, hal tersebut bisa memberparah kondisi mata. Maka dari itu, Anda harus segera mengambil tindakan pengatasan pada saat mata Anda berwarna merah. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan mata yang satu ini.

www.pexels.com

Cara Ampuh untuk Mengatasi Mata yang Berwarna Merah

  1. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin A

Seperti yang telah diketahui bahwa vitamin A memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan mata. Maka dari itu, Anda harus rutin mengonsumsi vitamin A untuk mencegah kerusahan mata. salah satu sayur yang terkenal dengan kandungan vitamin A berlebih ialah wortel. Tentu Anda sudah tidak asing dengan sayur berwarna oranye ini. Selain wortel Anda juga bisa mengonsumsi sayur dan buah bervitamin A lainnya, seperti brokoli, tomat, bayam, sawi hijau, buah bit, dan masih banyak lagi. Cara ini merupakan cara alami yang dijamin ampun dan tidak menimbulkan efek samping.

  1. Menghindari Asap Rokok

Menurut pada ahli, asap dari pembakaran tembakau dapat menyebabkan gangguan mata seperti gatal, berair, hingga mata merah. Maka dari itu, sebaiknya Anda menghindari orang yang merokok.

  1. Mengompres Mata dengan Air Dingin

Salah satu penyebab sakit mata ialah alergi. Dalam hal ini, mengompres mata menggunakan air dingin akan mengurangi iritasi pada mata. Selain itu, air dingin juga bisa digunakan untuk menghampat aliran darah yang menuju mata serta mengobati beberapa peradangan yang terjadi.

  1. Tidak Membaca Buku, Melihat Laptop, Gadget dalam Cahaya yang Redup

Pada bagian atas telah disinggung bahwa beberapa penyebab sakit mata ialah karena terlalu sering membaca buku di tempat yang redup, memandangi gadget dan laptop tanpa mengistirahatkan mata, dan beberapa hal lain. Maka dari itu, apabila mata Anda terasa lelah dan sakit saat melakukan hal-hal tersebut, maka sebaiknya kegiatan tersebut jangan dilanjutkan.

www.pexels.com

  1. Tidur Secara Teratur

Ya!! Kurangnya tidur merupakan salah satu penyebab umum dari munculnya mata yang berwarna merah. Tentunya Anda sendiri yang mengerti tentang diri Anda, apakah mata merah tersebut diakibatkan karena kurang tidur atau tidak. Jika memang nyatanya Anda kurang tidur, maka ada baiknya Anda menyempatkan waktu sejenak untuk tidur.

  1. Konsultasi ke Dokter

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mata berwarna merah ialah dengan berkonsultasi pada dokter mata. Hal ini dapat Anda lakukan jika nyatanya sakit mata yang Anda derita tidak kunjung sembuh. Umumnya, dokter akan menyarankan penggunaan obat tetes mata yang tepat untuk permasalahan mata yang Anda alami. Penyakit mata yang tak kunjung sembuh biasanya disebabkan karena beberapa hal-hal serius seperti tumor atau kanker. Maka dari itu, jangan sampai terlambat untuk berkonsultasi dengan dokter atau baca tentang hooded eyes.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai bahaya dan cara mengatasi mata yang berwarna merah. Dengan adanya tindakan pengatasan yang tepat, tentu saja dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada mata kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *