Sabar adalah kunci manusia dalam menjalani hidup agar bisa lebih baik dan bermanfaat. Sabar meruapakan sifat wajib yang harus dimiliki seorang umat muslim. Allah menyukai umatnya yang bisa selalu sabar dalam setiap hal dan bertawakal. Mungkin sabar itu tidak mudah tapi dengan cara kita mengikhlaskan yang sudah terjadi pasti sabar akan menjadi lebih mudah. Anda tau apa keutamaan orang yang berjiwa sabar dan ikhlas? Mereka akan memiliki hidup yang lebih tenang karena bisa menghadapi masalah dengan sabar. Nah, anda bisa mendengarkan materi dakwah sabar dan ikhlas agar hidup bisa lebih terkendali lagi ya. Walaupun sulit tapi harus tetap mencobanya karena sudah tertulis dalam ayat Al-Qur’an jika manusia wajib bersabar dan ikhlas.

Contoh Materi Dakwah Sabar dan Ikhlas

Dakwah biasanya dilakukkan didepan orang banyak dan terkadang ada yang memakai kaos dakwah sebagai simbol. Nah, agar lebih jelasnya lagi anda mengetahui bagaimana cara bersabar dan ikhlas disini kami akan memberikan contoh materi dakwah yang bisa dibaca dengan hati yang tenang.

pxhere.com
  1. Materi Dakwah Sabar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahirabbil’alamin, marilah kita ucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, karena telah memberi kesempatan untuk berkumpul di masjid besar Baiturahhman ini saling bersilaturahim. Pada kesempatan ini, saya akan sedikit menjelaskan mengenai sifat dan keutamaan dari ‘’sabar’’. Sabarberasal dari kata sobaro yasbiru yang artinya menahan. Menahan disini memiliki pengertian yang sangat luas. Sabar bisa juga diartikan ketika kita berpuasa menahan nafsu untuk ini dan itu. Menahan lapar disini berarti kita harus bersabar untuk tidak makan hingga waktunya untuk berbuka yaitu pada waktu adzan maghrib. Perlu diingat, bahwa tidak semua orang bisa mendapatkan kenikmatan dari rasa sabar yang telah dilakukan tersebut karena memang sering tidak bisa menahannya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi saudara-saudara untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah agar selalu diberi kesabaran yang tiada batasnya. Sehingga kita bisa mendapat pahala yang banyak. Allah SWT berfirman dalam QS Al-Baqarah ayat 153 tentang sabar. Ayat ini menerangkan bahwa Allah akan selalu memberikan pertolongan kepada hambannya yang selalu menjalankan semua perintahNya. Pada ayat tersebut dijelaskan jika Allah SWT menjanjikan pertolongan bagi hambannya yang sedang dalam keadaan kesusahan jika kita telah mengerjakan sholat wajib dan bisa menahan diri atau rasa sabar. Jika kita lolos, kita akan selalu beristigfar dan selalu berfikir positif terhadap semua ketentuan Allah. Niscaya akan mendapat kemuliaan dan keberuntungan yang banyak yang datang dari pintu manapun.  Semoga apa yang saya sampaikan bisa memberi manfaat bagi kehidupan para jamaah semuannya. Kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

pxhere.com
  1. Materi dakwah ikhlas

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahirabbil’alamin, marilah kita ucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, karena telah memberi kesempatan untuk berkumpul di masjid besar Baiturahhman ini saling bersilaturahim. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai ikhlas. Ikhlas adalah amaliyah hati yang tingkatannya sangat tinggi. Ikhlas berkaitan dengan amaliyah dzohir manusia. Berbeda dengan sabar, yang bila mana sabar adalah sifat menerima atas suatu ketetapan, ketentuan dan sesuatu yang mengenai dirinya. Ikhlas bekerja tanpa minta imbalan.

Dalam tingkatan yang lebih tinggi lagi, beramal karena mengharap surga itu masih belum termasuk ikhlas, sebab dalam amalnya masih mengharap sesuatu, yaitu surga. tetapi, bukan berarti beramal karena mengharap surga dan takut neraka itu tidak baik ya. Seperti yang dijelaskan  dalam Al Qur’an surat Al Bayyinah ayat 5 “Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan Ikhlas menaatinya semata-mata karena (menjalankan) agama”.

Dari keterangan ayat tersebut menunjukkan bahwa betapa tingginya derajat sifat ikhlas. Dengan ikhlas, semua orang dengan profesinya masing-masing sudah menjadi seorang sufi (orang yang bersih hatinya). jika dia adalah seorang pedagang maka akan menjadi pedagang yang baik dan jujur. Jika dia adalah seorang petani maka akan menjadi petani yang baik. Jika ia adalah pejabat maka akan menjadi pejabat yang baik, dst. Imam Ghozali Rohimahullah juga berkata: Semua manusia akan rusak, kecuali manusia yang berilmu.

Semua manusia berilmu akan rusak, kecuali yang mengamalkan ilmunya. Semua manusia memiliki dan mengamalkan ilmunya akan rusak, kecuali yang ikhlas. Dan orang-orang yang ikhlas masih dalam keadaan kekhawatiran besar. Dari ungkapan diatas menunjukkan bahwa semua ilmu dan amal akan sia-sia jika didalamnya tidak ada sifat ikhlas. Ilmu dan amal tidak dapat dibanggakan. Bagaimana mau dibanggakan, sedangkan yang ikhlas saja masih dalam keadaan khawatir yang besar. Semoga apa yang saya sampaikan bisa memberi manfaat bagi kehidupan para jamaah semuannya. Kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itu lah ulasan tentang dakwah dan 2 contoh materi dakwah sabar dan ikhlas yang bisa menjadi refrensi anda. Semoga kita senantiasa menjadi orang yang sabar dan ikhlas. Amin

 

 

 

 

Tindo Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *