Ikan air tawar merupakan salah satu ikan yang banyak dicari oleh masyarakat. Salah satunya adalah iklan Gupi. Ikan gupi ini merupakan salah satu spesies ikan tawar (Poecilia reticulata). Ikan gupi ini hidup di air tawar dan merupakan salah satu ikan yang populer di dunia. Sebutan lain dari ikan gupi ini adalah ikan seribu, ikan cere, atau ikan suwadakar. Sebagai salah satu ikan tawar yang mudah berkembang biak, ikan gupi ini mudah ditemukan di berbagai tempat. Sebagai salah satu ikan hias ikan gupi ini juga diperjualbelikan secara online. Karena begitu banyak variasi jenis ikan gupi yang menjadi ciri khasnya. Ikan gupi ini juga merupakan ikan hias yang terkenal di dunia.
Perkembangbiakan Ikan Gupi
Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa ikan gupy ini mudah berkembang biak. Masa kehamilan dari ikan gupi ini berkisar antara 21 sampai 30 hari atau bisa dikatakan rata-rata nya yaitu 28 hari. Hal tersebut dipengaruhi oleh suhu air dimana ikan gupi ini berkembang. Suhu yang paling cocok untuk perkembangan dari ikan gupi ini adalah 27 derajat celcius atau setara dengan 72 derajat fahrenheit. Uniknya ikan gupi ini merupakan salah satu spesies ikan tawar yang tidak bertelur. Namun dalam berkembangbiak ikan gupi ini akan mengandung dan juga melahirkan anaknya atau yang biasa disebut dengan livebearers. Dan menariknya ikan gupi ini sudah siap untuk dibuahi lagi setelah beberapa jam melakukan persalinan. Ikan gupi dewasa dapat melahirkan 2 sampai 100 ekor anak ikan gupi. Namun kebanyakan rata-rata hanya 5 sampai 10 ekor anak gupi. Anak-anak ikan gobi menjelang persalinan sudah dapat terlihat dari bintik-bintik matanya. Anak-anak ikan gupi yang sudah lahir secara langsung sudah dapat hidup mandiri. Mereka dapat mencari makan sendiri, berenang, dan juga menghindari musuh-musuh mereka mereka. Hidup secara berkelompok dengan keluarga mereka dan juga ikan-ikan besar.
Namun hal yang perlu diperhatikan adalah ikan gupi yang sudah dewasa tidak segan-segan untuk memakan anak-anak ikan gupi. Sehingga ketika sedang dalam proses perkembangbiakan di akuarium ada baiknya jika anak-anak ikan gupi langsung dipisah dari induknya nya. Ikan gupy sudah dikatakan dewasa ketika umurnya mencapai 1 sampai 2 bulan. Ketika itu ikan gupi siap untuk dikembangbiakkan. Sehingga dengan cepatnya proses perkembangbiakan tersebut ikan gupi dinamakan ikan seribu.

Tindo Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *