Di era globalisasi dan modern ini, mempunyai sebuah website seperti sudah menjadi kebutuhan pokok bagi siapapun. Entah itu bagi pelaku bisnis yang ingin usahanya sukses, artis atau seniman yang karyanya ingin tetap laku dan eksis, atau bahkan kalangan orang-orang yang hanya ingin panjat sosial atau social climbing. Tidak dapat dipungkiri bahwa website yang bagus merupakan salah satu jalan menuju sukses.

Website yang dirancang dengan baik, ditambah memilih jasa backlink yang baik, akan menarik para pengunjungnya sehingga menciptakan peluang interaksi yang lebih besar. Apalagi sekarang telah hadir website berbasis CMS (Content Management System), yang membuat orang awam sekalipun bisa membangun dan mendesain sebuah website dengan mudah. CMS sendiri jumlahnya saat ini terbilang lumayan banyak. Yang cukup terkenal di kalangan netizen antara lain : WordPress, Drupal, dan Joomla. Jika anda ingin membuat website untuk suatu tujuan namun bingung CMS mana yang harus digunakan, penulis tanpa ragu akan merekomendasikan salah satu dari banyaknya CMS yang ada yaitu WordPress.

pexels.com

Mengenal WordPress Lebih Dalam

Sebelum masuk ke bagian alasan mengapa penulis memilih wordpress, ada baiknya kita mengenal wordpress lebih dalam. WordPress lahir di tahun 2003, dari cikal bakal software bernama b2 atau cafeblog. Pemrakarsanya adalah 2 programmer hebat, Mike Little dan Matt Mullenweg. Software b2 atau cafeblog sendiri tadinya digarap oleh beberapa developer, namun karena dianggap terlalu sulit dan hanya membuang-buang biaya, waktu, dan tenaga. Meski begitu, Little dan Mullenweg tetap bertahan pada proyek itu lalu mentake over, mempertahankan, dan melakukan riset-riset untuk mengembangkan platform tersebut dengan cara dan gaya mereka sendiri.

Setelah melalui beberapa proses, WordPress pertama atau versi 1.0 launching di bulan Januari tahun 2004. Tampilan pertamanya bisa dibilang masih sangat sederhana  dan jika kita membandingkannya dengan WordPress versi sekarang tentu akan sangat berbeda. Walau begitu, versi pertama tersebut sudah tersematkan banyak fitur-fitur yang terdapat pada WordPress versi sekarang seperti editor, instalasi langsung, manajemen user, permalink, kolom komentar, dan sebagainya.

Karena berbasis open-source alias terbuka untuk siapa saja, banyak komunitas yang mendedikasikan waktunya untuk terus mengembangkan WordPress. Komunitas ini tersebar di seluruh dunia. Sebagian dari komunitas tersebut bahkan bekerja sebagai volunteer alias sukarelawan tanpa dibayar. Dedikasi mereka tidak bisa dianggap remeh, karena itulah bisa tercipta WordPress seperti sekarang ini yang sangat fenomenal, dan tentu akan terus dan terus berkembang.

pexels.com

Alasan mengapa anda harus memilih WordPress

Setelah anda mengenal wordpress melalui sejarah dan latar belakangnya, sekarang penulis akan menjabarkan mengapa anda harus memilih WordPress dibanding dengan CMS-CMS lainnya. Berikut ini adalah beberapa keunggulan WordPress yang menjadikannya CMS terbaik dan layak untuk anda pilih

  • Tampilan Antarmuka dan Fitur yang user friendly

WordPress adalah CMS dengan tampilan antarmuka dan fitur yang paling user friendly diantara CMS-CMS lain. Tampilan dan fiturnya sangat simpel dan mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun. Sebagai contoh, jika anda ingin membuat dan mempublikasi konten baru, anda hanya diharuskan untuk mencari dan mengeklik menu “post” yang ada di sebelah kiri dashboard. Setelah itu, pilih dan klik sub menu “add new ”. Kemudian anda akan dibawa ke sebuah halaman kosong dimana disitu anda bisa mengetik, menambahkan gambar, grafik, atau apapun sesuai keinginan anda. Setelah itu, tinggal klik “publish” di bagian bawah halaman. Voila, postingan baru anda sudah jadi dalam sekejap dan bisa dilihat semua orang yang mengakses website anda. Tidak perlu mahir desain web dan bahasa pemrograman untuk membuat konten melalui WordPress.

  • Optimisasi Gambar

Pepatah kuno mengatakan, gambar/foto berbicara lebih banyak dibanding sekedar kata-kata. Itulah mengapa ada fitur image optimization atau optimisasi gambar. Dengan fitur ini, anda bisa menambahkan gambar sesuka anda, lalu anda bisa memberi gambar itu tag, deskripsi, dan/atau permalink. Dengan optimisasi gambar, tentu saja pengunjung website bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas dan baik ketika mengunjungi situs anda, dibandingkan hanya sekedar membaca tulisan yang panjang dan membosankan.

pexels.com
  • Banyak tersedia tema dan plugin gratis

Tema yang dimaksud disini adalah desain website secara umum. Seperti sudah dijelaskan di bagian mengenal wordpress lebih dalam pada poin sebelumnya, tidak perlu keahlian khusus seperti programming atau desain web (HTML, CSS dsb) untuk membuat tampilan situs yang indah. Anda tinggal memilih tema-tema yang tersedia gratis, lalu anda bisa memodifikasinya sendiri dengan mudah. Misal tema hitam putih, tema klasik, tema full color, dan masih banyak yang lain. Tema tersebut juga bisa diganti sesuai keinginan jika anda bosan atau ingin mengubah image website yang anda miliki. Sedangkan plugin adalah fitur atau fasilitas tambahan yang bisa anda instal ke platform website anda. Plugin yang paling terkenal dan wajib anda instal adalah Yoast. Yoast ini berfungsi sebagai pendongkrak SEO (Search Engine Optimization). Dengan bantuan dari Yoast, anda bisa memutuskan judul, kata kunci, dan juga frasa yang paling pas untuk konten anda. Dengan isi tulisan yang sudah ter SEO secara baik, maka konten atau artikel anda akan tampil di posisi teratas saat orang mengetikkan kata kunci di mesin pencari seperti google, yahoosearch, bing, dan lain lain. Nah, jika artikel anda ada di urutan teratas, pastinya jumlah pengunjung juga akan bertambah bukan? Itulah gunanya SEO. Disamping urusan SEO, masih ada plugin-plugin lain yang tidak kalah keren seperti algori pdf, contact form 7 dan lain-lain. Mereka mempunyai fungsi masing-masing yang berguna bagi website anda.

  • Relatif aman dari malware dan hacking

Setelah mengenal wordpress sejauh ini, pastinya anda bertanya tentang keamanan bukan? Tenang saja, walaupun berbasis open source, wordpress relatif aman karena ada komunitas yang mendedikasikan dirinya secara khusus untuk menanggulangi serangan malware dan hacking. Justru yang sering dikhawatirkan oleh para pengguna wordpress adalah terblokirnya situs oleh pihak wordpress sendiri,dikarenakan konten yang menurut mereka tidak sesuai. Jika ini terjadi, cara buka situs yang di blokir adalah dengan menghubungi WordPress support, lalu catat apa konten yang tidak sesuai, hapus atau ganti dengan konten yang lain. Biasanya respon dari pihak wordpress berkisar antara 3 hari hingga 2 minggu untuk menangani masalah anda.

Itulah latar belakang serta alasan mengapa WordPress adalah CMS terbaik untuk saat ini dibandingkan dengan yang lain. Nah, bagaimana? Sudah puaskah anda penulis ajak mengenal WordPress? Jika masih ada yang terasa kurang, anda bisa menghubungi Worpress support center atau join ke forum-forum wordpress yang sangat mudah dijumpai di internet. Mereka dengan senang hati akan membantu dan bertukar pikiran dengan anda, khususnya yang masih pemula atau newbie. Demikianlah ulasan penulis kali ini, selamat membangun website impian anda!

Tindo teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *