Bacaan Niat Sholat Fardhu

Bacaan Niat Sholat Fardhu

8 February, 2019

Sholat merupakan suatu ibadah yang menjadi kewajiban bagi setiap orang yang menganut agama Islam. Dalam Islam sholat yang diwajibkan yaitu ada 5 yang disebut dengan sholat wajib atau sholat fardhu. Dalil tentang kewajiban pada setiap muslim dan muslimah wajib sholat telah diatur oleh Allah SWT pada Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 103 yang berbunyi “maka dirikanlah sholat, sesungguhnya sholat itu adalah ibadah wajib yang telah ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”.

Sholat fardhu sendiri dilakukan dalam 5 waktu dalam sehari semalam. Yaitu ketika pagi hari atau fajar yaitu umat islam menjalankan sholat subuh yang memiliki jumlah rakaat sebanyak 2, kemudian pada waktu siang hari ketika matahari berada di atas kepala yaitu sholat dhuhur yang memiliki jumlah 4 rakaat. Dilanjut saat sore hari yaitu sholat ashar dengan 4 rakaat, lalu maghrib yang dilakukan ketika matahari tenggelam sebanyak 3 rakaat, dan terakhir sholat isya’ 4 rakaat yang dilakukan selang satu setengah jam dari maghrib. Selain itu ada sholat sunnah salah satunya sholat tahajud yang dilakukan saat sepertiga malam setelah tidur.

Dalam menjalankan sholat tentunya ada tata cara tersendiri yang sudah dijelaskan oleh Allah SWT dalam firman-firman-Nya dan juga melalui Nabi Muhammad SAW yang diajarkan oleh malaikat Jibril. Salah satunya yang menjadi hal terpenting yaitu niat sholat, karena jika tidak ada niat maka sholat bisa batal. Berikut ini niat-niat sholat fardhu.

www.pexels.com

Niat sholat fardhu

  1. Niat sholat subuh

Subuh merupakan sholat yang dikerjakan tepat ketika cahaya putih bermunvulan dari arah timur sampai matahari terlihat, sholat ini memiliki jumlah 2 rakaat. Untuk niat sholat subuh anda bisa menghafalnya. “ushalli fardhosh subhi rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa an lillahi ta’ala”.

  1. Niat sholat dhuhur

Kemudian sholat dhuhur yang dilakukan saat matahari berada tepat di atas kepala dengan jumlah rakaat empat. sedangkan untuk niatnya bisa anda hafalkan “ushalli fardhodh dhuhri arba’a roka’aatim mustaqbilal qiblati adaa an lillahi ta’aala”.

www.pexels.com

  1. Niat sholat ashar

Sholat ashar merupakan sholat yang dilakukan saat menjelang sore hari hingga hilangnya matahari. Sholat ini memiliki jumlah rakaat sebanyak 4 rakaat dengan niat “ushalli fardhol ‘ashri arba’a roka’aatim mustaqbilal qiblati adaa an lillahi ta’aala”.

  1. Niat sholat maghrib

Sholat maghrib dilakukan ketika matahari sudah benar-benar terbenam dengan jumlah rakaat sebanyak 3. Untuk niat sholat maghrub yaitu “ushalli fardhol maghribi tsalatsa roka’atim mustaqbilal qiblati adaa an lillahi ta’aala”.

  1. Niat sholat isya’

Yang terakhit yaitu sholat isya’ yang dilakukan setelah waktu maghrib habis yaitu sekitar 1,5 jam setelah maghrib dengan jumlah rakaat 4. Niat sholat isya’ yaitu “ushalli fardhol ‘isya’i arba’a roka’atim mustaqbilal qiblatin adaa an lillahi ta’aala”.

Demikian uraian mengenai niat sholat fardhu yang menjadi kewajiban bagi muslim dan muslimah. Setelah niat tentunya ada tata cara dalam melakukan sholat berikut ini tata caranya.

www.pexels.com

Tata Cara Sholat Fardhu

  1. Niat
  2. Takbirotul ikhrom
  3. Membaca doa i’tidal
  4. Membaca alfatihah dan surat pendek
  5. Rukuk-baca do’a rukuk
  6. Bangun dari rukuk-baca doa
  7. Sujud 1- baca doa sujud
  8. Duduk di antara sujud- baca doa
  9. Sujud 2- baca doa

Di atas merupakan tata cara sholat dalam satu rakaat, ketika 2, 3, dan 4 rakaat anda tinggal mengulang-ulang seperti di atas, namun untuk rakaat 3 dan 4 tak perlu surat pendek. Semoga artikel ini bermanfaat untuk yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *