Organisasi pada tingkatan pelajar biasa digunakan sebagai sebuah wadah untuk menggembangkan softskill bagi para anggotanya. Tapi sebelum mebahas lebih jauh tentang organisasi alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian organisasi. Organisasi adalah sebuah wadah atau tempat berkumpul sekelompok orang yang berkerja bersama-sama secara sistematis, terstukur, terkendali dan terpimpin guna mencapai suatu tujuan bersama.

Untuk artikel lain bisa sobat kases di ngopimasi.com disini sobat bisa membaca artikel didampingi segelas kopi hangat yang sobat sediakan sendiri tentunya hehe..

Jadi organisasi terdiri dari berbagai bagian-bagian di dalamnya. Tiap bagian tersebut berkerja dibawah komando dari ketua. Katakanlah organisasi sebagai sebuah sistem karna melibatkan banyak bagian di dalamnya. Seperti sistem pencernaan yang tidak dapat bekerja secara optimal bila salah satu bagianya tidak bekerja atau tekendala begitu pula dengan organisasi tidak akan dapat bekerja optimal bisa salah satu bagianya berhenti bekerja atau terkendala.

Organisasi karna terdiri dari kumpulan orang yang berproses bersama maka ada aturan yang ditetapka guna dilaksanakan dan ditaati, aturan tersebut tentunya mengikat semua anggota organisasi. Karna bila sobat mendaftar sebagai anggota sebuah organisasi berarti sobat menyetujuai aturan yang berlaku didalamya.

Berorganisais berarti sobat akan bertemu dengan banyak orang dengan kharakteristik yang mereka masing-masing mereka miliki, dan tentunya antara yang satu dengan yang lain pasti memiliki kharakter yang berbeda, lha.. disini sobat dapat belajar bekerjasama dengan orang lain. Karna dalam organisasi sobat pasti akan dituntut berbaur dengan orang lain.

Anggota dari organisasi dibagi menjadi beberapa bidang. Yang tiap bidang memiliki fungsi yang berbeda dengan bidang lainya, tiap bidang memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Pembagian bidang ini didasari atas prinsip agar lebih mudah dalam mengerjakan suatu pekerjaan, dan agar tiap orang dapat terfokus dalam pekerjaanya masing-masing.

Seperti devisini dari organisasi sendiri, sebuah organisasi pastilah memiliki tujuan, dimana semua anggota berkerjasama untuk mewujudkan tujuan dari organisasi yang melingkupi mereka. Tujuan dari organisasi biasanya adalah tujuan mulia. Sebuah organisasi dalam walau berganti pemimpin ataupun berganti anggota namun biasanya tujuan utama dari organisasi tidak akan berganti.

Oraganisasi memiliki struktur dasar yang biasanya sering kita jumpai di semua jenis organisasi, berikut struktur dasar organisasi yang sering kita jumpai:

pexels.com

Orang yang memimpin suatu organisasi biasa disebut sebagai ketua, ketua disini bukan berarti orang yang tua apa lagi orang yang dituakan. Tetapi ketua disini adalah orang yang dipercaya dapat memimpin dan mengendalikan para anggotanya, ketua disini juga orang yang dipercaya dapat mengemban amanah yang telah diberikan kepadanya, selain memimpin ketua juga memiliki fungsi mengayomi para anggotanya.

Pemilihan ketua biasanya memiliki kharakter utama yang tidak semua orang miliki, ketatua seharusnya memiliki sifat ‘memiliki pendirian’ karna sebuah organsisasi pada suatu saat pasti aakn dihadapkan pada sebuag masala, maka ketua dituntut untuk memiliki pendirian agar tidak udah tergoyahkan saat dihadapkan pada sebuah masalah.

Selain memiliki pendirian ketua dituntut memiliki sifat dapat mengambil keputusankarna fungsi ketua adalah sebagai pengambil keputusan, ketua harus komunikatif dan percaya diri agar dapat dengan mudah dalam berkomunikasi baik dengan stafnya maupun anggotanya, cerdas dan berpikiran terbuka karna dalam pengambilan keputusan seorang pemimpin harus mempertimbangkan segala aspek agar keputusan yang diambil adalah keputusan terbaik.

  1. Sekretaris

Sekretaris memiliki fungsi membantu pemimpin dalam kegiatan surat menyurat, semua terkait surat yang masuk dan keluar diorganisasi semua adalah tugas dan wewenang dari sekretaris, sekretaris juga bertugas menerima tamu, dimana tiap tamu yang akan berkunjung atau menjalin hubbungan dengan organisasi tahapan pertama adalah menemui sekretaris, selain menerima tamu.

Sekretaris memiliki peran yang cukup penting karna ia bisa dibilang sebagai asisten pemimpin, sekretaris harus dapat berperan sebgaai penghubbug antara ketua dan orang lain, baik anggota organisasi maupun organisasi lain. Ai juga bisa menggantikan peran ketua bila ketua berhalangan hadir dalam suatu pertemuan.

Adapun tugas pokok sekretaris adalah menjalankan permintaan pimpinan seperti mencari informasi, mengumpulkan data, membuat naskah pidato untuk pemimpin dan seterusnya dan lain-lain. Nah.. jadi dengan tugas-tugas yang harus diemban oleh sekretaris, seorang skeretaris juga harus memiliki kharakter dasar seperti bertanggungjawab,komunikatif,cekatan,paha teknologi,memiliki sopan santun.

  1. Bendahara

Terkait dengan bendahara pasti sobat akan mengingat uang? Ya si emmang tugas utama dari bendara pasti terkait dengan keuangan, dan bila membicarakan bendahara pasti akan membicarakan uang. Tapi bidang keuangan apa saja si yang harusnya ditangani oleh seorang ebndahara?, yik langsung aja kita bahas.

Seorang bendahara memiliki tugas untuk menyimpan dan mengeluarkan uang yang dimiliki oleh organisasi, agar dalam pengeluaran uang lebih sistematis dan rapi bendahara juga bertugas mencatat segala pengelauaran sesuai dengan tanggal keluarnya uang tersebut dan sesuai dengan tujuan dikeluarkanya uang tersebut serta jumlah seberapa besar uang yang dikeluarkan.

Dalam mengeluarkan uang bendahara harus meminta persetujuan dari pemimpin terlebih dahulu, karna pemimpilah yang memiliki wewenang paling tinggi. Karna seorang bendahara dituntut untuk memegang uang milik organisasi maka ia harus memiliki kharakter sebagai orang yang jujur,amanah, trampil dalam perhitungan, tanggung jawab, dapat dipercaya, cekatan dan lain-lain.

pexels.com
  1. Sekbid

Sekbid atau akronim dari sekretaris bidang adalah orang yang bertugas mengurusi bidang bidang tertentu yang telah diembankan padanya. Uagas dari sekretaris bidang ini berbeda beda tiap bidangnya, tugasnya pastinya akan menyesuaikan bidnag yang mereka geluti.

Jadi bidang apa saja si yang biasanya ada dalam susunan organisasi? Yuk selengkapnya akan kita bahas bidnag-bidang yang sering ada dalam sebuah organisasi.

Yang pertama ada bidang kerohanian biang ini bertugas mengurus urusan agama untuk para anggotanya dan bisa juga berkontribusi untuk kegiatan luar anggota. Yang kedua bidang informasi dan media, bidang ini bertugas sebagai sarana komunikasi anatara organisasi dengan luar organisasi melalui media. Yang ketiga yakni humas, humas sendiri bertugas sebagai sarana penggubung organisasi dna pihak luar.

Adapun divisi keempat yakni divisi kewirausahaan yakni divisi yang bertugas mencari dana untuk kepentingan organisasi yang dana tersebut selanjutnya akan disimpan oleh bendahara. Mengingat tiap divisi yang memiliki tugas yang berbeda-beda kharakter khusus yangharus dimiliki oleh tiap divisi juga berbeda-beda sesuai denga tugas dan fungsi divisi tersebut.

karna kita sudah membicarakan struktur utama dari organisasi makan kurang afdol kan sobat bila kita tidak mengetahui manfaat kita ikut sebuah organisasi. Jadi kenapa si orang harus mengikuti sebuah organisasi? Apakah sebuah organisasi benar – benar penting dan dapat merubah jiwa seseorang? Ataukah sbeuah organisasi dapat merubah hidup seseorang?

pexels.com

Berikut adalah manfaat organisasi yang dapat kita peroleh untuk kehidupan social:

  1. Mengembangkan kemampuan public speaking.

Tidak semua orang memiliki keberanian berbicara didepan umum. Organisasi adalah wadah bagi seseorang untuk belajar berbicara dan mengeluarkan pendapatnya. Disini seseorang dilatih untuk berani berpendapat dan berbicara dihadapan banyak orang. Dengan demikian kemampuan public speaking sedikit demi sedikit akan terasah, dan akan menjadikanya berani berbicara dihadapan orang banyak.

  1. Belajar membagi waktu.

Berorganisasi berarti kita melakukan kegiatan lebih dari kegiatan kita yang biasanya, tunntutan untuk berkumpul, rapat, dan event menjadikan kita harus siap membagi waktu kita agar semua kegiatan tetap dapat kita kerjakan dan tidak saling menggangu kegiatan lain.

Di sini kita belajar cara membagi waktu agar semua kegiatan yang kita lakukan berjalan lancar dengan waktu sehari yang tetap sama yaitu 24 jam namun dengan intensitas kegitan yang tentunya lebih padat karna kita mengikuti sebuah organisasi. Selain belajar membagi waktu disini kita juga belajar menghargai waktu, yakni dengan memaksimalkan waktu yang kita miliki tidak kita gunakan untuk bersantai-santai ria.

  1. Melatih jiwa kepemimpinan.

Setiap orang pasti akan menjadi seorang pemimpin, baik ia memimpin dirinya sendiri ataupun nanatinya ia mempin orang lain. Dalam organisasi jiwa kepemimpinan kita akan diasah salah satunya dengan cara  mengedepankan kepentingan umum diatas kepentingan perbadi. Kita dituntut untuk selalu menghargai pendapat orang lain, memaksimalkan musyawarah dan mufakat terlebih dahulu ketimbang voting.

Selain hal tersebut, organisasi juga mengajarkan pada kita agar selalu mengambil keputusan yang bijak dengan alasan yang logis didasari fakta yang ada, bukan hanya sekedar opini atau keinginan yang dimiliki saja. Sebuah organisasi benar-benar akan memupuk jiwa kepemimpinan kita bila kita dengan sungguh-sungguh ingin belajar didalamnya.

pexels.com
  1. Menambah pengetahuan dan wawasan.

Selain dikarnakan dalam organisasi para anggotanya harus bisa menujukan perkembangan, organiasasi juga dapat memacu pola piker para anggotanya agar lebih kritis, serta emngembangkan pola piker sesuai dengan perkembangan zaman.

Di dalam organisasi kita banyak melakukan kegiatan,event, dan lain-lain. Hal ini menuntut kita untuk berpikir dan mencari tahu tentang hal yang sedang kita kerjakan. Dari kita mencari tahu tersebut kita dapat menemukan hal baru yang sbelumnya belum kita ketahui.

Di dalam organisasi juga banyak memiliki anggota, dan tiap kepala pastilah memiliki pemikiran dan pengetahuan yang berbeda, disini adalah gudang wawasan kita. Belajar dari orang lain adalah guru terbaik bagi kita namun jangan lupa untuk tetpa memiliki pendirian agar pemikiran kita tidak mudah tergerus dan terbawa oleh pemikiran orang lain.

  1. Dapat memecahkan masalah.

Didalam organisasi kita dijarkan ‘musyawarah untuk mufakat’ hal ini bertujuan agar suatu masalah dapat dipecahkan dengan dilandasi pemikiran dan perhitungan. Jadi kita diajarkan agar berpikir dahulu sebelum memutuskan suatu, berpikir dahulu sebelum bertindak, untuk meminimalisir kemungkinan terburuk yang bis saja terjadi.

Di salam organisasi pastilah memiliki banyak kendala. Di sini kita juga diajarkan untuk bagaimana harus bersikap dan meyikapi masalah yang sedang kita hadapi, hal ini akan sangat bermanfaat bila  suatu saat nanti kita terjun di masyarakat. Karna masyarakat mencakup ruang lingkup yang besar dan masyarakat bersifak komplek serta majemuk.

Sekian artikel tentang organisasi dari ngopimasi.com jangan lupa untuk selalu mapir ke blog kita, karna sobat bisa mencari artikel yang sobat butuhkan tentunya di blog kita. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berjumpa lagi di artikel lainya.

Tindo Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *