Zaman ini, siapa yang tidak kenal dengan beton. Hampir setiap bangunan menggunakan konstruksi beton karena dipercaya lebih kuat dan kokoh. Kita bisa lihat saat ini, beton digunakan untuk berbagai bahan baku konstruksi pada sebuah bangunan, seperti jalan raya, jalan perkampungan, jalan tol, fly over, pembatas jalan, bendungan, gedung beringkat, rumah tinggal, hingga pagar rumah.

Ya, sudah banyak pagar rumah yang menggunakan bahan baku konstruksi beton. Pembuatan pagar menggunakan beton sebetulnya menjadikan pagar terlihat lebih kokoh dan artistik. Sebab, beton bisa digunakan seusai kebutuhan dan keinginan bentuk dari pemilik bangunan.

Pertimbangan Membuat Pagar Beton

Pembangunan pagar beton juga bukan perkara memperindah bangunan dan membuatnya terlihat lebih kokoh saja, melainkan juga sesuai dengan fungsi utama pembuatan pagar. Pagar dibuat untuk menciptakan sistem keamanan yang baik pada sebuah bangunan. Penggunaan beton untuk pagar, membuat rumah lebih terasa aman dengan elemennya yang solid dan kuat. Meski harga beton cor cenderung tinggi, demi keamanan, tetap banyak yang menggunakannya sebagai bahan pembuatan pagar rumah.

Kesan kaku dan cenderung flat sangat kuat pada pagar yang terbuat dari beton, namun memang pagar yang terbuat dari beton juga bersifat tahan lama. Sehingga, pagar terhindar dari korosi atau rayap yang membuat tampilan depan rumah tidak elok dipandang. Tentu saja rasa bosan dan kesan kaku pada pagar beton masih bisa diatasi dengan cara memberikan warna cat khusus eksterior yang eye catching dengan bangunan, terutama pada bangunan yang desainnya minimalis dan modern.

pxhere.com

Ide Desain Pagar Beton

Jika Anda sudah mantap memilih beton sebagai bahan baku pembuat pagar rumah Anda agar lebih tahan lama, maka Anda tinggal mencari desain yang indah untuk membuatnya jauh dari kesan kaku dan membosankan. Berikut ini kami berikan beberapa ide desain pagar dari beton, agar membuat tampilan rumah Anda semakin terlihat elegan dan aman. Yuk, kita lihat!

  1. Perpaduan dengan Aluminium

Perpaduan ini kerap ditemui di perumahan-perumahan baru bergaya minimalis. Sebab, modelnya memang simpel dan terbilang tidak terlalu kaku. Anda mungkin bisa merasakan pemilihan warna abu-abu dari beton dan hitam dari aluminium sangatlah tepat untuk rumah bergaya minimalis. Rumah dengan pagar seperti ini menggambarkan interaksi sosial dengan lingkungan yang tetap terjaga dan rumah juga tetap terlindungi.

  1. Berlapis Batu Alam seperti Villa

Anda yang rumahnya tidak bergaya minimalis dan merupakan rumah mewah, namun tidak bergaya klasik, bisa memilih bahan beton untuk pagar rumah. Caranya adalah dengan memilih desain pagar dari bahan beton yang dilapis pemukaannya dengan batu alam. Selain membuat lingkungan rumah lebih aman oleh bahaya dari luar, rumah jadi terkesan elegan dan tetap modern. Desain semacam ini juga cocok untuk Anda yang memiliki villa agar lebih terasa menyatu dengan alam.

pxhere.com
  1. Mixed batu Bata

Desain ini menjadi bukti, bahwa material apapun cocok dijadikan perpaduan pagar dari beton. Baru bata bisa disusun vertikal, sehingga masih terlihat rongga-rongga yang membuatnya semacam bangunan tradisional ala Pulau Dewata. Pagar yang dibuat dengan desain seperti ini menimbulkan kesan sederhana yang begitu kuat, namun tetap terlihat artistik dan unik. Tentu saja dari segi biaya pun lebih terjangkau! Tembok beton yang digunakan tidak menyeluruh, karena dipadukan dengan batu bata, otomatis harga cor beton pada model pagar seperti ini lebih murah.

  1. Mixed Besi Ukir

Desain pagar semacam ini biasanya lebih banyak diaplikasikan rumah-rumah atau bangunan-bangunan mewah. Mengapa demikian? Sebab, desain pagar seperti ini memakan biaya cukup besar dari segi paduannya, yaitu ukiran besinya.

Bukan hanya itu, pemeliharaannya pun tentu saja tidak bisa masuk kategori mudah dan akan membutuhkan biaya pemeliharaan yang cukup mahal. Namun demikian, bagi anda yang memiliki budget cukup besar, tidak ada salahnya mencoba desain pagar beton semacam ini. Dijamin, hasilnya tidak akan mengecewakan dan bisa memberi kesan mewah dan elegan pada tempat tinggal Anda.

pxhere.com
  1. Perpaduan dengan Kayu Gaya Rustic

Anda yang suka dengan gaya rustic, bisa mencoba desain pagar dari beton yang dipadukan dengan jajaran kayu memanjang vertikal atau horizontal. Kayu ini bisa diposisikan di atas beton, sehingga meski bagian bawah tertutup, bagian atas pagar masih ada celah untuk bersosialisasi dengan keadaan sekitar.

Penggunaan material kayu ini juga dapat difungsikan sebagai pelapis beton atau ditempatkan di permukaan terluar, untuk menimbulkan kesan rustic. Jadi meski rumah Anda begaya modern, tetap menimbulkan kesan rustic dari pagar paduan beton dan kayu ini.

Pagar dengan bahan baku pembuat beton bukan hanya banyak manfaat dari segi keamanan dan kekuatan, melainkan juga estetika. Selain itu, rumah Anda jadi tidak terlalu terkesan terbuka dan tetap memiliki privasi tersendiri.

Anda yang hobi berkebun, bisa memanfaatkan beton pada pagar untuk menggantung tanaman gantung untuk mempercantik tembok pagar. Selain tanaman gantung, Anda juga bisa menggunakannya untuk membangun instalasi tanaman hidroponik yang membuat rumah terkesan asri dan sejuk. Banyak sekali bukan manfaat dari rumah berpagar beton? Yuk, segera wujudkan!

 

Tindo Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *