Pancasila adalah dasar negara dari Indonesi ayang dicetuskan oleh para pendiri bangsa Indonesia. Pancasilan ini dibentuk agar Indonesia mempunyai pondasi yang kuat dalam arah pemerintahannya dan dalam hidup bernegara. Dalam Pancasila ini, terdapat beberapa simbol yang terdapat pada burung Garuda yang mana melambangkan setiap silanya. Beberapa simbol tersebut adalah padi dan kapas, rantai, bintang, pohon beringin dan juga kepala banteng.  Nah, kebayakan orang hanya sekedar tau bahwa pancasila adalah dasar negara dengan berbagai simbol yang telah disebutkan tersebut tanpa mengetahu pengertian Pancasila itu sendiri yang benar. Hal ini tentunya tidak boleh diteruskan dan harus segera diberantas mengingat betapa pentingnya Pancasila bagi Indonesia. Terlebih lagi fungsi dari Pancasila yang begitu vital bagi seluruh segi kehidupan bernegara di Indonesia. Maka dari itulah disini Anda harus mengetahui pengertian dari Pancasila beserta dengan fungsinya bagi Indonesia.

pxhere.com

Penjelasan Lengap Mengenai Pengertian Pancasila

Para ahli banyak yang membuat pengertian pancasila yang mana bisa Anda temukan dengan mudah pengertian tersebut di internet. Sebenarnya dari berbaga pengertian para ahli ini mempunyai satu benang merah yang sama yang akan dijelaskan pada pengertian dari Pancasila secara umum. Selain pengertian secara umum tersebut, Anda juga harus mengetahui bagaimana penjelasan Pancasila secara etimologis dilihat dari pengertiannya. Adapun berikut ini penjelasan lengkap mengenai pengertian dari Pancasila yang harus Anda ketahui secara umum dan etimologis:

  1. Pengertian dari Pancasila Secara Umum
    1. Pancasila merupakan sebuah idelogi bangsa Indonesia. Pancasila dijadikan dasar dari negara Indonesesia sebagai bangsa Pancasila yang mana melandasi segala keputusan yang ada di negara ini. Pancasila dianggap sebagai cermin kepribadiaan dari bangsa Indonesia sendiri.
    2. Pancasila adalah sebuah dasar yang mengatur bagaimana pemerintah Indonesia mengutamakan kepentingan seluruh Indonesia.
  2. Penjelasan Pengertian dari Pancasila Secara Etimologis

Bila dilihat secara etimologis, Pancasila berasal dari bahasa sansekerta india dari kasta brahmana. Kata tersebut berasal dari gabungan kata, yakni “Panca”dan “Sila”. Arti dari  kata “panca” adalah lima, sedangkan “sila” mempunyai arti sebagai dasar.  Maka dari itulah dapat diartikan secara harafiah bahwa Pancasila mempunyai pengertian secara etimologis sebagai lima dasar.

pxhere.com

Fungsi Pancasila Bagi Indonesia

Hal berikutnya yang wajib diketahui Warga Negara Indonesia (WNI) setelah pengertian Pancasila adalah fungsinya sendiri bagi bangsa Indonesia. Tentunya melihat kedudukan Pancasila ini sebagai dasar negara, fungsinya tidak akan main-main. Maka dari itulah setiap WNI harus mengetahui apa saja fungsinya agar bisa memahami, menjalankan dan merasakan fungsi dari Pancasila tersebut. Nah, berikut ini adalah fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia yang harus Anda ketahui:

  1. Jiwa Bangsa

Fungsi pertama Pancasila bagi Indonesia adalah sebagai jiwa bangsa.  Perlu diketahui bahwa setiap negara pastinya mempunyai jiwa, dan jiwa dari Indonesia adalah Pancasila. Maka setiap nilai dari Pancasila harus diterapkan oleh semua masyarakat Indonesia.

  1. Kepribadian Bangsa

Pancasila di Indonesia juga berfungsi sebagai kepribadian bangsa. Sehingga perilaku dan mental masyarakatnya sesuai atau berlandaskan dari Pancasila. Hal inilah yang mampu membedakan atau menjadi keunikan dari bangsa Indonesia dibandingkan dengan bangsa-bangsa lainnya.

  1. Sumber dari Segala Sumber Hukum

Seluruh hukum yang ada di Indonesia, sumbernya adalah dari Pancasila. Untuk itulah tidak akan ada peraturan-peraturan hukum di Indonesia yang isinya bertentangan dengan dasar negara Indonesia yakni Pancasila.  Anda bisa mengecek dan meneliti setiap hukum yang ada di Indonesia, pastinya tidak akan bertentangan dengan Pancasila.

pxhere.com
  1. Pandangan Hidup Bangsa

Fungsi keempat dari Pancasila adalah sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.   Pancasila mampu memberikan pentunjuk mengenai cara berperilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.  Selain itu, semua cita-cita budaya maupun moral yang dipunyai Indonesia  sumbernya selalu dari Pancasila yang sudah menjadi satu serta takkan terpisahkan.

  1. Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia

Seperti yang diketahui bahwa cita-cita dari bangsa Indonesia tercantu dalam alinea 4 Pembukaan UUD 1945. Cita-cita tersebut, semuanya menjelaskan mengenai Pancasila. Silahkan Anda lihat dan pastikan sendiri agar lebih meyakinkan fungsi yang kelima ini.

  1. Falsafah Hidup Bangsa

Tidak dapat dipungkri lagi bila Pancasila mempunyai nilai-nilai yang begitu luhur. Dalam berbagai nilai yang terkandung tersebut terdapat nilai kepribadian yang memang dipercaya merupakan hal yang paling benar, bijaksana, adil, serta mampu menimbulkan persatuan dalam masyarakat. Seluruh hal tersebutlah yang membuat Pancasila berfungsi sebagai falsafah hidup Indonesia.

  1. Dasar Negara Republik Indonesia

Sudah dijelaskan dan disebutkan bahwa memang  adalah dasar dalam kehidupan bernegara dan penyelengaraan negara yang ada di Indonesia Dampaknya adalah seluruh peraturan yang dibuat pemerintah selalu menjadikan Pancasila sebagai landasannya.

  1. Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia

Untuk merumuskan Pancasila, para pendiri bangsa Indonesia melakukan perjuangan yang begitu berat. Dapat dikatakan bahwa Pancasila hasil dari  perjanjian dengan rakyat dan para pendiri bangsa dengan perjuangan yang berat.

pxhere.com

Mulai dari informasi pertama hingga kedua yakni pengertian dari Pancasila dan fungsinya bagi bangsa Indonesia silahkan Anda simak terlebih dahulu satu persatu dengan baik. Pastinya setelah itu Anda akan mempunyai tambahan wawasan penting yang berguna dalam kehidupan Anda di Indonesia  yang berlandaskan dengan Pancasila yang mempunyai nilai-nila luhur tersebut.

 

 

Tindo pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *