Lapangan pekerjaan yang kian sempit membuat para generasi muda mulai banyak yang memutar otak untuk bisa menghasilkan uang sendiri tanpa harus bekerja pada pihak tertentu. Salah satu caranya adalah dengan mencoba peluang di dunia bisnis. Tak dipungkiri beberapa tahun belakangan pelatihan kewirausahaan memang sedang digencarkan di berbagai wilayah Indonesia untuk mendorongan masyarakat khususnya generasi muda agar bisa berkarya dan bukannya mencari lapangan pekerjaan justru membuka lapangan pekerjaan baru. Tak heran kini semakin banyak ditemui pengusaha muda inspiratif yang sudah mampu mengembangkan bisnis ke skala yang cukup besar di usia yang terbilang muda.

Kisah Inspiratif Pengusaha Muda

Menjadi pengusaha bukanlah hal mudah, diperlukan mental yang baik agar bisa bertahan di dunia usaha. Pengusaha pun punya banyak sekali tantangan yang harus diselesaikan agar usaha tetap bisa berjalan tanpa hambatan berarti. Tapi, membuka usaha juga bisa menjadi hal yang mudah kalau Anda punya kreativitas dan jeli dalam membaca peluang pasar.

Ada banyak sosok-sosok pengusaha muda inspiratif yang bisa jadi contoh, salah satu diantaranya adalah Ghaida Tsurayya yang merupakan putri sulung dari Aa Gym. Ghaida kini sudah bisa dibilang menjadi seorang pengusaha muda wanita yang sukses di bidang bisnis pakaian muslim. Sebagai seorang muslimah yang berhijab dulu Ghaida merasa bahwa pakaian muslimah tidak banyak variasinya dan sulit mendapatkan model yang sesuai dengen selera dan keinginannya. Terbatasnya model pakaian muslimah kala itu juga menjadi salah satu yang menyebabkan banyak wanita belum mau berhijab karena menganggap pakaian orang berhijab cenderung monoton dan tidak bervariasi.

Berawal dari hobinya membuat berbagai desain baju dan merealisasikannya untuk dipakai sendiri, Ghaida pun mulai berani memproduksi sendiri merk fashion dagangannya untuk dijual secara komersil. Meskipun sama sekali tidak punya latar belakang pendidkan desain, dia terus berusaha mengembangkan brandnya secara otodidak. Kini semua kerja kerasnya sudah berbuah manis, Ghaida Tsurayya yang merupakan sosok ibu muda ini kini sudah menjadi salah satu pengusaha fashion muslimah yang cukup dikenal masyarakat.

www.pexels.com

Berkaca dari pengalaman Ghaida Tsurayya tadi siapapun bisa menjadi pengusaha sukses asalkan punya niat yang kuat dan juga kegigihan. Tak perlu pusing masalah modal karena dengan otak yang cemerlang modal minim pun bisa diputar dan dikembangkan guna mendatangkan keuntungan yang besar. Ada banyak sekali sektor usaha yang bisa dipilih dan dikembangkan oleh kalangan muda mulai dari bisnis pakaian, bisnis makanan, penyedia jasa ataupun bisnis kreatif. Semuanya bisa menghasilkan asalkan dilakukan dengan serius.

Tips Menjadi Pengusaha Muda yang Sukses

Jika ingin menjadi pengusaha muda sukses ada beberapa sifat yang harus ditanamkan dalam diri agar Anda mampu menghadapi pasang surut dunia usaha, berikut diantaranya:

  • Berani mencoba dan tidak takut gagal

Anda tidak akan tahu hasilnya sebelum Anda mencoba. Diperlukan sedikit kenekatan untuk terjun di dunia bisnis meskipun memang ada banyak hal lain yang harus dipertimbangkan secara matang. Setiap usaha atau bahkan apapun di dunia ini pasti punya risikonya masing-masing. Terjun di dunia usaha perlu nyali yang besar untuk mencoba sesuatu yang baru. Tidak usah terlalu pusing memikirkan segala risiko dan kemungkinan buruk yang bisa terjadi pada usaha Anda. Terjunlah dengan kemampuan yang Anda miliki dan coba untuk learning by doing. Jangan merasa putus asa jika menghadapi masalah ataupun kegagalan. Gagal di dunia usaha adalah hal yang wajar, justru dari kegagalan itu ada pengalaman dan pelajaran yang bisa Anda petik.

  • Perhitungan

Salah satu hal utama di dunia bisnis adalah tentang untung dan rugi. Setiap usaha tentu dilakukan dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan meminimalkan kerugian. Keuntungan di sini tidak melulu soal materi tapi bisa juga keuntungan dalam sisi lainnya. Nah, agar usaha yang dijalankan bisa menghasilkan sesuai dengan keingian maka diperlukan perhitungan yang jitu. Sebelum memulai sebuah usaha sebaiknya lakukan analisis usaha lebih dulu untuk memperkirakan segala sesuatu yang terkait dengan pelaksanaan usaha Anda. Jangan pula tergesa-gesa setiap akan mengambil sebuah keputusan terkait usaha Anda.

www.pexels.com
  • Jeli membaca peluang

Seorang pengusaha sukses tentunya jeli dalam membaca dan mengambil peluang yang ada di depan mata. Agar menjadi pengusaha muda sukses Anda perlu memperluasa wawasan dan pergaulan agar mendapatkan banyak informasi tentang peluang-peluang bisnis yang ada di sekitar Anda. Semakin luas jaringan Anda maka akan semakin banyak keuntungan yang diperoleh, termasuk mengembangkan aplikasi cek resi.

  • Fokus

Pengusaha yang sukses haruslah fokus untuk mencapai tujuan dan apa yang dicita-citakannya. Jika Anda sedang mulai merintis sebuah usaha maka cobalah untuk fokus di salah satu bidang dan pusatkan tenaga dan pikiran Anda di sana. Tentukan satu jenis usaha dan produk utama yang ingin Anda pasarkan dan cobalah kembangkan satu produk itu dulu sampai benar-benar berhasil barulah Anda bisa mencoba bidang lain yang juga berpotensi besar. Kurangnya fokus banyak menjadi kendala pengusaha muda di awal perjalanan bisnisnya yang berujung pada kegagalan.

  • Terus berinovasi

Pengusaha sukses akan selalu mengikuti perkembangan zaman agar usahanya bisa terus diminati dan tidak ditinggalkan oleh konsumennya. Inovasi ini dilakukan untuk semakin memperbaiki kualitas produk dan layanan dengan catatan inovasi yang dilakukanmemberikan dampak positif bagi konsumen. Bentuk inovasi pun bisa dilakukan dengan semakin mengembangkan produk, menambah varian produk dan layanan ataupun memperbaiki sistem penjualan. Intinya jika pengusaha terus belajar maka akan ada perbaikan-perbaikan positif yang akan membawa usaha semakin sukses.

  • Jujur

Jujur adalah sifat yang harus ada di setiap individu terlebih seorang pengusaha. Pengusaha yang baik haruslah jujur dalam menjalankan bisnisnya yaitu dengan tidak membohongi konsumen, jujur dalam memberikan pelayanan dan juga tidak meraup keuntungan dengan cara-cara yang curang. Kejujuran ini juga menjadi nilai plus untuk bisa menjalin dan memelihara kerjasama dengan banyak pihak lainnya.

  • Bersedia menerima kritik dan saran

Terakhir, seorang pengusaha harus mampu menerima kritik dan saran yang membangun untuk usahanya. Pengembangan usaha kebanyakan berasal dari adanya kritik dan saran yang disampaikan oleh konsumen. Penilaian konsumen terhadap produk Anda bisa menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki kualitas maupun layanan. Orang yang bisa menerima kritik dan saran dengan hati yang lapang akan punya banyak kesempatan untuk terus berkembang dan tidak stagnan.

www.pexels.com

Strategi Memulai Usaha

Ketujuh sifat dan sikap tadi sangat perlu dimiliki jika Anda ingin jadi seorang pengusaha sukses. Perlu diingat bahwa kesuksesan tentu tidak datang dengan sendirinya tapi perlu diperjuangkan dengan keringat dan rasa lelah. Selain kepribadian yang baik, ada pula strategi-strategi usaha yang harus diketahui dan diterapkan agar bisnis bisa berkembang dan mendatangkan keuntungan yang besar, diantaranya adalah:

  • Pemilihan produk yang tepat

Pemilihan produk sangat menentukan kelangsungan usaha. Pilihlah produk yang punya peminat cukup banyak dan permintaannya pun selalu ada. Jika Anda berorientasi pada bisnis jangka panjang maka pilihlah produk berupa kebutuhan pokok ataupun layanan yang selalu dipergunakan masyarakat. Jenis usaha dan produk ini pun sangatlah bervariasi mulai dari bisnis berdagang makanan, minuman, snack, elektronik, pakaian hingga penyediaan jasa seperti cuci mobil, laundry dan lain-lain. Jika masih bingung, ada baiknya Anda daftar reseller di serbu.id aja dulu, ada banyak barang berkualitas dan margin besar yang siap menemani perjalanan Anda sebagai pengusaha.

  • Pembuatan Branding produk yang menarik

Branding produk memainkan peranan yang sangat penting dalam sebuah usaha. Buatlah desain produk yang menarik agar banyak orang tertarik menggunakan produk dari usaha Anda. Mintalah bantuan pada tenaga profesional untuk membuatkan desain produk yang akan jadi dagangan andalan Anda. Branding ini meliputi nama merk dagang, simbol atau logo usaha, hingga kemasan produk. Berikan nama usaha yang menarik, unik dan mudah diingat agar dapat lebih melekat pada konsumen. Buat pula logo brand Anda sendiri yang membedakannya dengan merk lain dari produk sejenis. Tak hanya itu, pengemasan produk yang berupa barang juga penting untuk dipertimbangkan. Buatlah kemasan yang baik secara fungsi dan juga menarik dari segi desain. Anda bisa menggunakan berbagai jenis kemasan mulai dari plastik kemasan, kemsan kertas dan lainnya dengan menyesuaikan jenis produk yang Anda pasarkan.

  • Promosi dan pemasaran yang efektif

Setelah memproduksi barang ataupun jasa maka Anda perlu memperkenalkannya kepada calon konsumen dengan cara promosi. Manfaatkan semua media promosi yang ada dan bisa Anda jangkau mulai dari media cetak, elektronik ataupun promosi dari mulut ke mulut. Cobalah untuk memperkenalkan produk Anda ke banyak orang dengan cara yang efektif, salah satunya bisa dengan memanfaatkan internet dan media sosial. Tampilkan pula testimoni dari para konsumen yang puas dengan produk atau layanan Anda agar bisa semakin menarik minat calon konsumen lainnya. Promosi yang dilakukan secara cerdas dan efisien bisa menghemat anggaran promosi yang bisa dialokasikan ke bagian produksi.

www.pexels.com
  • Pengembangan produk

Produk dari sebuah usaha haruslah terus menerus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan konsumen. Cobalah untuk berinovasi dengan membaca keinginan konsumen agar produk usaha Anda tetap eksis dan tidak kehilangan pelanggan. Coba ikuti tren yang sedang berjalan agar produk yang Anda sediakan tetap bisa memenuhi kebutuhan setiap pelanggan. Jangan lupa untuk lakuakn survey dan tes pasar terlebih dahulu sebelum melakukan pengembangan produk agar perusahaan tidak mengalami kerugian.

  • Pelayanan

Tak hanya dari segi produk, layanan juga bisa jadi faktor penentu keberhasilan suatu usaha. Produk yang baik jika tidak dipasarkan dengan cara yang tepat kepada konsumen tentu akan memberikan hasil yang kurang maksimal. Berikan pelayanan terbaik kepada konsumen dengan mengedepankan kecepatan respon, keramahan dan juga kejujuran. Hubungan pengusaha dengan konsumennya tentu saling menguntungkan bukan hanya menguntungkan salah satu pihak sehingga perlu dipelihara dengan baik melalui pemberian layanan maksimal.

Ada banyak sumber ilmu yang bisa Anda dapatkan untuk menjadi seorang pengusaha muda yang sukses. Cobalah melihat dan mencari inspirasi dari para pengusaha yang ada disekitar, coba contoh nilai-nilai positif yang ada dan kembangkan sisi-sisi yang masih memiliki celah perbaikan. Salah satu prinsip untuk bisa menjadi pengusaha adalah dengan cara melihat, meniru dan memperbaiki atau mengembangkan. Ayo bangkitkan semangat generasi muda untuk bisa memanfaatkan ilmu yang dimiliki guna menjadi pengusaha. Jangan bermimpi untuk menjadi pekerja tapi bermimpilah untuk menjadi pemimpin dari pekerja Anda.

Tindo Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *