Aneka Jenis Tanaman Penumbuh Rambut

Aneka Jenis Tanaman Penumbuh Rambut

6 February, 2019

Penumbuh rambut seringkali dibutuhkan bagi mereka yang memiliki masalah rambut tipis atau kebotakan. Ada beragam faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kebotakan. Untuk mengatasi hal tersebut dapat menggunakan beberapa cara, baik yang alami maupun menggunakan obat tertentu. Produk-produk yang diklaim dapat menumbuhkan rambut dengan lebih cepat. Namun untuk cara alami bisa menggunakan beberapa jenis tanaman dan bahan-bahan herbal tertentu. Berikut adalah jenis-jenis tanaman dan bahan herbal yang berkhasiat untuk membantu menumbuhkan rambut secara alami dan tanpa efek samping.

15 Cara Alami untuk Rambut Lebat

Rambut memerlukan waktu dalam proses pertumbuhannya. 15 jenis tanaman dan bahan alami berikut dipercaya mampu mempercepat proses pertumbuhan rambut dan membuatnya lebih lebat.

  1. Kemiri

Sudah sangat lama sekali masyarakat di Indonesia mengandalkan bahan alami yang satu ini. Kemiri, bahan herbal yang banyak dimanfaatkan untuk kesehatan rambut. Banyak orang tua yang menggunakan minyak kemiri agar rambut bayi dapat tumbuh lebih lebat. Namun untuk orang dewasa juga bisa memanfaatkan cara ini. Selain dengan minyak kemiri, bubuk kemiri dapat langsung digunakan untuk memperlebat rambut. Caranya sangat mudah yakni dengan menghaluskan kemiri dan kemudian mengoleskan bubuk kemiri tersebut ke seluruh rambut kepala. Diamkan beberapa saat untuk selanjutnya dibilas dengan air hingga bersih.

www.pexels.com

  1. Lidah buaya

Aloe vera atau yang lebih dikenal dengan sebutan lidah buaya merupakan tanaman yang kaya manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk membuat rambut tumbuh lebih sehat. Lidah buaya yang mudah dibudidayakan tersebut sering dimanfaatkan mereka yang ingin rambutnya lebih lebat. Bagian dari tanaman yang digunakan adalah gel di dalam batang lidah buaya. Gel bening inilah yang dioleskan ke rambut sebagai masker. Menggunakan masker rambut dari lidah buaya dipercaya mampu menyuburkan rambut dan membuat penampilan lebih baik. Untuk masyarakat yang merasa penampilannya kurang maksimal karena rambut tipis atau botak, sekarang juga bisa menggunakan Caboki penumbuh rambut. Produk yang diformulasikan khusus untuk mengatasi kebotakan. Dibuat dari bahan-bahan alami yang tentunya lebih aman untuk digunakan. Produk ini bermanfaat untuk membuat rambut terlihat terisi dan lebih lebat dengan adanya serat pengganti rambut yang akan menempel di bagian batang rambut.

  1. Seledri

Tanaman ini banyak digunakan masyarakat sebagai salah satu bumbu dapur. Tidak hanya menyedapkan makanan, seledri juga berkhasiat untuk menyuburkan rambut kepala. Daun dengan aroma yang khas ini ternyata menjadi salah satu tanaman yang dapat menyuburkan rambut. Cukup dengan membuat masker rambut dari daun seledri dan digunakan secara rutin, maka rambut yang tipis bisa tumbuh lebih lebat dan sehat. Iris hingga halus daun seledri, jika ingin lebih maksimal hasilnya bisa ditambahkan dengan telur. Oleskan ke seluruh rambut dan biarkan beberapa menit sebelum dibilas hingga bersih.

  1. Jeruk nipis

Cara alami lainnya untuk menyuburkan rambut adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis. Buah kecil yang kaya akan vitamin C ini cocok untuk obat alami penumbuh dan penyubur rambut. Bagi masyarakat yang kurang percaya diri karena rambut tipis atau botak, bisa memanfaatkan jeruk nipis dengan menggunakannya sebagai masker. Perasan jeruk nipis yang tinggi vitamin dapat menutrisi rambut yang mudah rontok atau tidak sehat. Penggunaan secara teratur akan membuat rambut lebih sehat dan membantunya tumbuh dengan lebih cepat. Jeruk nipis juga bagus untuk kesehatan kulit kepala. Membantu memperbaiki jaringan lapisan kulit kepala dan membuatnya sehat. Kulit kepala yang sehat tentu bagus untuk rambut dari akarnya hingga ke bagian ujung rambut.

  1. Urang-aring

Jenis tanaman yang banyak digunakan pada produk-produk perawatan rambut adalah urang-aring. Minyak dari tanaman tersebut diketahui mengandung banyak nutrisi yang memang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Beberapa produk shampoo pun tidak ketinggalan menggunakan minyak urang-aring yang disebut-sebut mampu membuat rambut sehat dan berkilau. Manfaat yang sama untuk rambut berkilau dan terlihat lebat juga bisa didapatkan dari Caboki penumbuh rambut. Cara aman untuk mengatasi masalah penampilan rambut karena kebotakan. Produk ini mempunyai manfaat untuk membuat rambut terlihat lebih indah, lebat. dan berkilau. Memiliki serat khusus yang akan menggantikan rambut yang rontok sehingga membantu rambut kepala terlihat lebih lebat.

www.pexels.com

  1. Minyak zaitun

Minyak esensial yang satu ini sudah tidak asing lagi di dunia kesehatan dan kecantikan. Ada banyak nutrisi yang terkandung di dalam minyak zaitun. Mengoleskan minyak zaitun secara rutin ke rambut dan kulit kepala diyakini bisa membuat rambut sehat dan tumbuh lebih lebat. Minyak alami ini banyak digunakan karena bagus untuk memperbaiki kelembapan di kulit kepala. Menjaga kulit kepala tetap lembap adalah hal penting agar rambut tidak kering, kusam, dan mudah rontok. Minyak zaitun cukup mudah untuk didapatkan di pasaran. Cara menggunakannya pun tidak sulit, oleskan secukupnya ke bagian kulit kepala dan lakukan pijatan ringan. Selain membuat rileks, pijatan yang dilakukan dengan minyak zaitun juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati di kulit kepala.

  1. Teh hijau

Salah satu jenis teh yang sering digunakan di dunia kesehatan adalah teh hijau. Tanaman yang menjadi antioksidan alami yang bagus untuk kesehatan dan juga kecantikan. Tidak heran banyak sekali produk-produk kecantikan yang berbahan dasar teh hijau. Apabila ingin membuat sendiri, caranya adalah dengan merebus teh hijau dan menggunakan air rebusan tersebut untuk dioleskan ke rambut dan kulit kepala. Tunggu sekitar satu jam dan setelah itu keramas atau bilas sampai benar-benar bersih. Khasiat dari teh hijau antara lain adalah menyehatkan kulit kepala, menguatkan rambut dari akar, batang, hingga bagian ujungnya, serta menutrisi rambut dan membuatnya tumbuh lebih lebat.

  1. Telur

Telur merupakan sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein dari telur juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kesehatan rambut. Bagi yang memiliki rambut tipis, dapat menggunakan telur untuk masker rambut alami. Bagian yang digunakan adalah kuning telur karena mengandung lebih banyak protein. Nutrisi tersebut sangat penting dan dibutuhkan untuk folikel rambut. Protein diperlukan untuk merangsang pertumbuhan rambut agar lebih cepat tumbuh. Khasiat dari telur ini bisa menjadi solusi bagi yang memiliki masalah rambut, baik rambut rontok, rambut yang tipis, atau rambut kepala yang botak di sebagian sisi.

www.pexels.com

  1. Daun mangkokan

Di Indonesia banyak sekali tanaman-tanaman yang memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya adalah jenis tanaman yang dikenal dengan sebutan daun mangkokan. Tanaman tersebut merupakan alternatif pengobatan alami untuk berbagai masalah rambut. Untuk mendapatkan khasiatnya sama seperti halnya menggunakan teh hijau dan tanaman-tanaman herbal lain untuk masker rambut.

  1. Minyak kelapa

Bahan alami yang kaya manfaat untuk kesehatan rambut adalah minyak kelapa. Jika sulit mendapatkan minyak kelapa, yang lebih praktis adalah menggunakan santan kelapa. Gunakan untuk masker rambut dengan mengoleskan minyak atau santan kelapa ke seluruh kulit kepala dan batang rambut. Diamkan sekitar 15 menit agar nutrisi dari minyak kelapa dapat diserap oleh rambut. Kemudian bilas dengan air hingga bersih dan gunakan secara rutin agar rambut lebih sehat dan lebat.

  1. Bawang merah

Tidak perlu ke salon untuk mendapatkan perawatan kecantikan rambut. Bagi yang memiliki masalah seperti rambut mudah rontok maupun rambut tipis, dapat menggunakan alternatif perawatan yang termasuk mudah dan hemat yaitu dengan bawang merah. Salah satu jenis bumbu masakan yang setiap hari digunakan masyarakat Indonesia ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk rambut. Nutrisi yang ada di dalam bawang merah berkhasiat untuk mencegah kerontokan. Mengonsumsi bawang merah akan membantu menutrisi rambut dari dalam dan membuat rambut tampak indah berkilau.

www.pexels.com

  1. Kulit apel

Masalah rambut tidak sehat, seperti rontok dan kebotakan ternyata bisa diatasi dengan memanfaatkan kulit apel. Mengandung banyak vitamin yang membantu memperlancar sirkulasi darah yang menuju ke kulit kepala. Haluskan kulit apel dan kemudian dioleskan ke seluruh rambut untuk didiamkan selama 15 hingga 30 menit. Perawatan dengan kulit apel tersebut bagus untuk mencegah kebotakan akibat rambut patah atau rontok. Sirkulasi darah yang lancar akan membuat kulit kepala lebih sehat dan membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut baru.

  1. Sayur bayam

Bayam merupakan sayuran dengan serat dan vitamin yang cukup banyak. Beragam manfaat atau khasiat dapat diperoleh dengan mengonsumsi bayam secara teratur dalam jumlah yang benar. Daun bayam juga menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi masalah rambut tipis dan botak. Bayam mengandung beberapa vitamin yang dapat menutrisi rambut dan membuatnya lebih sehat. Kandungan lain dari bayam adalah fosfor, protein, dan lemak yang bagus untuk pertumbuhan rambut. Bayam merupakan alternatif alami untuk menyehatkan kulit kepala, menyuburkan rambut, dan menguatkan rambut.

  1. Biji bunga matahari

Penumbuh alami untuk rambut kepala yang mudah didapatkan adalah biji bunga matahari. Bagi yang memiliki rambut botak di sebagian sisi, baik yang botak di ubun-ubun atau di bagian belakang kepala dapat memanfaatkan biji bunga matahari. Bahan herbal yang kaya akan manfaat untuk kesehatan rambut. Biji bunga matahari dikenal memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Nutrisi tersebut adalah bagian penting untuk proses pertumbuhan rambut. Vitamin E membantu proses pertumbuhan rambut agar lebih cepat sehingga dapat mencegah seseorang mengalami kebotakan. Tidak hanya itu saja, vitamin E juga bagus untuk memperlancar peredaran darah di sekitar kulit kepala. Hal tersebut akan bagus untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

www.pexels.com

  1. Akar bit

Ada banyak sekali pilihan untuk menangani masalah rambut tipis dan botak. Penumbuh dan penyubur rambut, baik produk instan maupun produk alami yang dibuat sendiri. Apabila menginginkan cara alami, berbagai masalah rambut bisa diatasi dengan akar bit. Tanaman yang mungkin belum banyak diketahui manfaatnya untuk kesehatan rambut. Di beberapa supermarket atau swalayan, akar bit akan lebih mudah untuk didapatkan. Tanaman tersebut mengandung banyak nutrisi penting untuk menyuburkan dan membuat rambut lebih indah berkilau. Caranya tidak sulit yaitu dengan membuat jus dari akar bit untuk mendapatkan khasiatnya.

Itulah beberapa jenis tanaman dan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk kesehatan rambut terutama sebagai penumbuh rambut alami. Untuk cara alami di atas perlu dilakukan hingga beberapa kali dan secara rutin agar hasilnya cepat terlihat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *