Printer kasir menjadi sebuah benda yang penting dan sangat dibutuhkan oleh toko. Pasalnya ketika seseorang telah membeli barang belanjaan, mereka pasti membutuhkan detail perhitungannya. Sehingga mereka dapat mengetahui harga dari barang-barang yang telah dibelinya. Kemudian ketika ada struk belanjaan, kedua belah pihak akan diuntungkan.

Ketika ada kesalahan dalam menghitung, entah itu terdapat kelebihan atau kekurangan, masing-masing pihak dapat menjadikan struk belanjaan sebagai bukti kongkrit. Namun apabila toko tidak ada struk belanjaan, pasti akan lebih sulit jika suatu saat terjadi kesalahan dalam menghitung.

Kami yakin, Anda tentu paham tentang kegunaan dari mesin printer yang ada di bagian kasir. Mesin tersebut fungsinya untuk mengeluarkan struk belanjaan seseorang. Mesin ini bentuknya tidak terlalu besar, karena fungsinya hanya untuk mengeluarkan struk berukuran kecil. Meskipun demikian, kinerja mesin ini cukup bagus dan sangat dibutuhkan oleh setiap toko.

www.pexels.com

3 Metode Cetak dalam Printer Kasir

Sebenarnya hanya dengan melihat cara kerja dari printer kasir, Anda akan langsung paham tentang apa saja metode cetak di dalam mesinnya. Namun untuk lebih detailnya, kami akan menjelaskan 3 metode dalam beberapa poin berikut :

  1. Auto cutter

Untuk auto cutter ini terdapat beberapa macam model. Pertama, model dot matrix dan yang kedua adalah model thermal. Kedua model tersebut berbeda, akan tetapi fungsinya sama. Kedua model tersebut adalah auto cutter yang nantinya akan memotong kertas struk secara otomatis, ketika struknya sudah selesai tercetak

  1. Dotmatrix printing

Ini merupakan metode print yang dapat melakukan proses cetak 2 sampai 3 rangkap dalam 1 waktu. Dengan begitu mesin printnya tidak akan bekerja berkali-kali. Namun untuk melakukan proses print sebanyak 2 sampai 3 rangkap ini, membutuhkan catrdige. Catrdige itulah yang nantinya akan melakukan proses cetak warna.

  1. Thermal printing

Ini adalah sebuah metode yang digunakan untuk proses mencetak. Proses mencetaknya dapat dilakukan dengan singkat atau cepat. Pasalnya proses cetaknya akan menggunakan pemanas. Namun metode ini disesuaikan kembali dengan mesin printer yang Anda pilih. Pasalnya masing-masing printer pasti memiliki kecepatan print berbeda.

Dalam pemilihan mesin printer untuk kasir itu sebenarnya sama seperti ketika Anda memilih printer pencetak dokumen. Untuk mendapat mesin printer terbaik, maka Anda perlu mencari dengan teliti. Ada hal-hal penting yang seharusnya menjadi perhatian. Pertama adalah model dan ukurannya. Dikarenakam mesin printer ini akan ditaruh dalam meja kasir bersamaan dengan komputer, maka hendaknya pilih mesin printer berukuran kecil.

Setidaknya Anda harus menyesuaikan dengan ukuran mejanya. Jangan sampai terlalu besar, sampai akhirnya membuat lahan meja tersita banyak. Selain itu Anda harus melihat kecepatan cetaknya. Sebuah toko tentu akan kedatangan banyak pelanggan, apabila proses cetaknya lama akan membuat pelanggan mengantri lama ketika membayar.

Hal tersebut tentu menimbulkan ketidaknyamanan, sehingga Anda perlu mengantisipasinya dengan memilih mesin print dengan kecepatan tinggi ketika mencetak. Kemudian lihat, apakah mesinnya dapat mencetak banyak sekaligus atau tidak. Biasanya mesin kasir itu mampu mencetak beberapa rangkap sekaligus. Pasalnya struj akan dijadikan bukti untuk kantor, pelanggan dan penjaga kasirnya.

www.pexels.com

Mencari Printer Mini? Pilihlah M-200 Portable

Printer kasir kini telah hadir di tengah-tengah masyarakat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan toko. Ketika toko telah memilikI mesin kasir maka antara penjual dan pembeli akan memiliki bukti fisiknya. Ketika suatu saat terjadi kesalahan menghitung atau menginput stok barang di toko, Anda dapat lebih mudah dalam mengatasinya karena terdapat struk pembelian. Printer mini tersedia dalam beberapa merk, salah satunya yaitu HP. Kali ini kami memberi rekomendasi Anda untuk memilih M-200 Portable. Mengapa? Berikut alasannya :

  1. Proses print cepat

Ketika memilih mesin kasir mini M200 Portable, maka proses print yang dijalankan lebih cepat. Sebelum menjalankannya, install lebih dahulu HP Printer Drivers. Software ini berfungsi sebagai penghubung komputer dengan mini printernya. Sehingga ketika alat scan atau Anda telah memasukkan produk ke dalam komputernya, printer kasirnya akan langsung mencetak produkyang terjual, jumlah yang terjual dan total harganya.

  1. Dapat mencetak beberapa rangkap

Kebanyakan mesin kasir itu memang akan  mencetak untuk beberapa rangkap. Jadi tidak hanya untuk pelanggan, akan tetapi untuj pihak toko serta bagian kasirnya. Namun sekarang tetap masih ada beberapa mesin kasir yang belum memberikan fasilitas tersebut. Mendapatkan mesin kasir yang mampu mencetak beberapa rangkap sekaligus tentu menjadi hal wajib. Sehingga nantinya pemilik toko akan mudah dalam menghitung pemasukan, pengeluaran dan pengecekkan stok.

  1. Modelnya kompak

Meja di bagian kasir biasanya akan sesak dengan berbagai oeralatan dan perlengkapan seperti komputer, keybowrd dan sebagainya. Padahal ketika meja kasirnya sesak, akan membuat karyawan di bagian kasir menjadi kesulitan dalam melayani pelanggan. Untuk itu penggunaan printer mini kasie itu penting, untuk memanage lahan di meja kasir. Dengan memilih printer mini M200 Portable, maka meja kasir akan lebih luas. Pasalnya model printer ini kompak, dan tak menghabiskan lahan yang begitu banyak.

  1.  Mudah penggunaannya dan jarang ngelag

Kemudahan dalam hal penggunaan akan menjadi hal penting. Pasalnya apabila printernya sangat sulit digunakan, akan menyulitkan karyawan kasirnya. Contohnya ketika kertas di dalamnya telah habis, pasti harus dilakukan pengisian ulang. Ada beberapa mesin printer yang ternyata sulit untuk diisi ulang. Sehingga akan menyebabkan proses pembayarannya lama.

Selain itu ada pula mesin printer yang mengalami lag. Biasanya itu sering terjadi ketika mesin kasirnya sering sekali dalam mencetak nota pembelanjaan. Namun sebenarnya itulah tugas dark mesin kssir, untuk mencetak banyak struk dalam setiap jamnya. Jadi Anda perlu meskn yang tahan banting dan salah satunya adalah M209 Portable.

www.pexels.com
  1. Harganya murah

Dalam menjalankan sebuah bisnis, menekan pengeluaran menjadi kewajiban. Jangan sampai jumlah pengeluaran melebihi jumlah pemasukan. Untuk itu setiap kebutuhan toko pun harus ditekan. Ketika membutuhkan sebuah alat, maka carilah yang termurah. Meski murah namun pastikan alatnya itu bagus. Sehingga dapat membantu pekerjaan dalam berbisnis. Diketahui, mesin kasir type M200 Portable ini dijual dengan kisaran harga yang murah. Jadi jika Anda membutuhkannya, pilih saja printer ini..

  1. Mudah dalam menginstall

Sama seperti yang jual mesin cutting sticker juga, mereka akan menjadikan proses install mesin mudah bagi customer. Nah ketika mesin printernya sudah ada, proses penginstallan terkadang akan menjadi hambatan. Pasalnya ada sejumlah printer yang sangat sulit untuk diinstall. Hal tersebut tentu memusingkan dan harus dijauhi. Untuk itulah M200 Portable ini datang menghampori Anda semua. Pasalnya printer ini sangat mudah diinstall, selain itu mudah pula dalam penggunaannya.

Dalam menginstall, Anda gunakan saja CD HP Printer Drivers yang meruoaman bawaan originalnya. Ketika sudah ada CDnya, penginstallan jauh lebih mudah. Tidak perlu mendownload, buka saja CDnya dan mulailah proses install. Bagaimana untuk waktu penginstallannya? Bahkan hanya hitungan menit saja Anda dapat menyelesaikan proses installnya.

 

Tindo teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *