Kehadiran stasiun televisi terutama televisi swasta semakin banyak semenjak kehadiran televisi nasional pertama di Indonesia. RCTI merupakan stasiun televisi swasta pertama yang telah menggoreskan sejarah panjang semenjak kehadirannya di tanggal 24 Agustus 1989.

Stasiun televisi RCTI sendiri mencatatkan diri sebagai penguasa pangsa periklanan televisi paling tinggi di Indonesia yaitu sebesar 15,63% pada periode 1 Januari hingga 30 April tahun 2017. Semenjak perjalanannya RCTI telah mendapatkan beragam penghargaan yang menjadikannya nomor 1 dengan jumlah pemirsa mencapai 17,3 persen untuk semua demografi.

Sejarah Pendirian RCTI

Rajawali Citra Televisi Indonesia atau disingkat RCTI merupakan stasiun televisi swasta pertama yang telah berdiri selama kurang lebih 30 tahun dan memberikan beragam hiburan untuk masyarakat Indonesia. Didirikan sejak tanggal 24 Agustus 1989 RCTI memiliki jangkauan terluas di Indonesia. RCTI memiliki stasiun relay program sebanyak 54 yang disaksikan oleh lebih dari 191 juta penonton di seluruh Indonesia. Jumlah penonton ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan jumlah 452 kota atau sekitar 80,7 persen jumlah penduduk Indonesia.

pxhere.com

RCTI memulai program siarannya di Jalan Raya Perjuangan Kebon Jeruk daerah Jakarta Barat. Stasiun swasta tertua ini pertama kali mengudara di tanggal 13 November 1988 dengan izin siar yang diperoleh di tanggal 1 Januari tahun 1987. Pada awal pendiriannya, stasiun televisi ini merupakan televisi berbayar yang baru dapat dinikmati apabila pelanggan memiliki dekoder dan membayar iuran bulanan.

Pada awalnya, RCTI hanya menyiarkan tayangan secara terbatas di wilayah Jabodetabek saja. Meski begitu, RCTI tidak berstatus sebagai televisi lokal karena masih harus berlangganan. Namun, RCTI akhirnya memutuskan untuk melepas dekoder di akhir tahun 1989. RCTI pun dapat mengudara secara bebas semenjak akhir tahun 1991 setelah RCTI Bandung berdiri di tanggal 1 Mei 1991.

Dulunya saham RCTI dimiliki oleh Bimantara Citra serta Rajawali Wirabhakti Utama. Namun sejak tahun 2003 kepemilikan RCTI berpindah ke Rajawali Corpora dan Media Nusantara Citra (MNC). Sehingga setelah itu RCTI pun bernaung di bawah perusahaan media terbesar Indonesia yang juga memiliki stasiun televisi GTV dan MNC TV.

Visi stasiun televisi RCTI adalah sebagai “Media Utama Hiburan dan Informasi”. RCTI menghadirkan beragam acara yang menarik yang menghibur serta bermutu untuk menemani masyarakat di seluruh penjuru Indonesia.

pxhere.com

Program Unggulan RCTI

Sebagai stasiun televisi swasta dengan tingkat penayangan tertinggi pilihan pemirsa, RCTI menghadirkan beragam program unggulan dengan tingkat rating yang bagus. Beberapa kategori penayangan yang ditayangkan oleh stasiun televisi ini adalah informasi, berita, serta acara hiburan. Acara hiburan yang ditayangkan oleh RCTI termasuk drama sinetron beserta acara Entertainment.

  1. Sinetron

RCTI memiliki beragam tayangan sinetron yang siap untuk menemani hari-hari Anda. Ditayangkan di jam-jam prime time tayangan ini memiliki rating yang cukup bagus. Beberapa tayangan sinetron yang kini tengah berjalan adalah Tukang Ojek Pengkolan, Dunia Terbalik, Cinta Sebening Embun, Pelangi di Matamu, Cahaya Terindah, hingga Rindu Tanpa Cinta.

  1. Entertainment

Program entertainment di RCTI yang kini tengah aktif tayang adalah acara Silet yang mengupas berita dan kisah terkait mitos terkini hingga gossip seputar artis-artis terkini. Silet ditayangkan setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 09.45. Dengan gaya pembahasan yang mendalam dan gaya Bahasa puitis, Silet menjadikan beragam informasi tabu menjadi lebih layak diperbincangkan. Silet juga akan menghadirkan berbagai narasumber yang ahli di bidangnya.

Selanjutnya ada pula Go Spot yang menayangkan informasi seputar kehidupan artis maupun gossip yang paling hot. Go Spot merupakan tayangan in-house production akan memberikan tayangan live seputar kisah-kisah para artis terbaru. Ditayangkan setiap hari pada pukul 06.30 pagi Go Spot sangat cocok untuk menemani pagi hari Anda yang sibuk.

Ada pula program Dagelan OK yang ditayangkan setiap hari Sabtu dan Minggu pada pukul 23.30 malam. Program ini akan dipandu oleh pelawak-pelawak kenamaan nasional seperti Komeng, Tukul dan pelawak lainnya untuk membuat Anda terhibur dan tertawa ceria.

  1. Kids

Tidak melupakan tayangan untuk anak-anak, RCTI menghadirkan dua program yang dapat menghibur anak-anak di akhir pekan. RCTI menayangkan program animasi Kiko Season 2 yang ditayangkan setiap hari Minggu pukul 9 pagi hingga pukul 10 pagi.

Selanjutnya ada animasi asal Negeri Sakura yang setia menemani hari Minggu Anda yaitu Doraemon. Nama anime ini tentu sudah tidak asing lagi bukan. Anime ini akan menemani akhir pekan anak Anda satu jam penuh dari pukul 8 pagi hingga 9 pagi. Doraemon The Movies juga biasanya akan ditayangkan oleh RCTI di hari Sabtu pagi maupun saat libur besar Nasional untuk menemani hari anak Anda.

pxhere.com
  1. News and Sport

RCTI juga memiliki program unggulan yang menghadirkan beragam berita baik berita sosial, politik hingga criminal maupun berita olahraga. Berita ini ditayangkan tiga kali setiap harinya dalam program Seputar INews Pagi, Seputar INews Siang, dan Seputar INews Malam.

Itulah beragam program unggulan tayangan RCTI yang sedang ditayangkan saat ini. Untuk menjadikan pengalaman menonton Anda semakin menyenangkan, sebaiknya gunakan TV LED terbaru. Lebih-lebih  harga TV LED terbaru juga sangat terjangkau.

 

Tindo teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *