Deskripsi:

Anda penyuka ikan? Jika iya, maka nama ikan selar sudah tak asing bagi anda. Khusus anda yang ingin mengetahui semua hal terkait ikan ini, ikuti penjelasannya dibawah ini.

 

Artikel:

Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah perairan terluas, maka tak heran terdapat berbagai macam jenis ikan yang dapat anda temui. Salah satu jenis ikan yang banyak diminati yaitu ikan selar atau Selaroides Leptolepis. Permintaan masyarakat akan ikan selar ini amat tinggi, sehingga mendorong jumlah penangkapan ikan selar meningkat. Banyaknya permintaan juga menyebabkan harga per kilogram ikan selar cukup mahal.

 

Persebaran Ikan Selar

Ikan selar merupakan jenis ikan laut yang berenang dengan cepat dan kuat. Ikan ini tersebar di semua perairan daerah tropis dan lautan indopasifik. Ikan selar termasuk golongan ikan berkelompok sehingga mudah ditangkap dalam jumlah yang banyak. Ikan selar lebih banyak ditangkap pada perairan Indonesia Timur dibandingkan perairan Indonesia Barat, yaitu perairan Sumatera (Tarusan, Padang, Tiku, Pariaman, dan Sibolga), Pulau Nias, Pulau Weh, Singapura, Bali, Jawa, Sumbawa, Lombok, Sulawesi, dan Laut Banda. Di perairan Indonesia ikan selar tersebar sebanyak 30 jenis Dari puluhan jenis ikan selar, berikut informasi salah satu ikan selar yaitu ikan selar kuning.

 

Ciri-ciri Ikan Selar Kuning atau Carangidae

Jenis ikan selar kuning memiliki ciri-ciri yang dapat dilihat dari habitat tinggalnya, ukuran tubuh, dan bentuk atau ciri-ciri tubuh ikan. Berikut penjelasannya, yaitu:

 

  1. Habitat

Ikan selar kuning hidup di kedalaman laut 1-25 meter didaerah perairan lepas pantai, daerah pantai laut dalam dengan kadar garam tinggi. Itulah mengapa ikan jenis ini mudah dijumpai dan ditangkap, apalagi ikan selar kuning hidup bergerombol.

 

  1. Ukuran Tubuh

Ciri dari selar kuning yaitu panjangnya mencapai 15 cm hingga 20 cm. Ikan selar termasuk golongan ikan pelagis kecil dan bertahan hidup dengan memakan plankton.

 

  1. Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh ikan selar kuning jorong memanjang dan pipih tegak atau di sebut fusiform dengan pangkal ekor kecil. Bentuk mulutnya subterminal dengan sisik-sisik kecil tipis jenis sikloid. Di bagian atas tutup insang terdapat bintik hitam besar dengan warna keperakan pada sisi tubuh dan perut. Terdapat warna biru dan garis kuning di bagian punggung ikan.

 

Ikan selar sudah banyak diolah menjadi berbagai macam olahan. Bagi anda yang berminat mencicipinya, silahkan cari di restoran terdekat daerah anda. Sekian informasi mengenai ikan selar, si pelagis kecil.

 

Tindo Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *