Sebagian besar penduduk Indonesia pastinya kenal dengan olahraga sepak bola. Ya, olahraga satu ini acap disebut sebagai yang populer di Indonesia dan dunia. Hampir 90% negara di Bumi mempunyai klub sepak bola, lengkap dengan struktur pertandingan liga serta mekanisme pertandingan. Melihat antusias para masyarakat terhadap olahraga sepak bola FIFA, kami yakin hampir setiap waktu Anda membuka maupun melihat hasil pertandingan liga Indonesia maupun liga luar negeri. Di samping menjadi hiburan, pertandingan sepak bola menjadi arena perseteruan fans garis keras, termasuk fans online (sebutan bagi fans di media online).

Sepa Bola Bisa Menjadi Alat Perdamaian

Tidak bisa dipungkiri bahwa sepak bola merupakan bahasa universal yang berisikan gengsi, kekuatan, dan kepiawaian dalam mengolah bola bundar. Selain itu, sepak bola pun menjadi sebuah alat pemersatu bagi umat manusia yang tengah berkonflik. Hal ini tentu bisa Anda lihat dalam gelaran Piala Dunia 2018 kemarin, fans sepak bola bersatu dan mengesampingkan identitas klub kebanggaan untuk mempersatukan bangsa.

Hal itu juga dilakukan oleh seorang Didier Drogba, legenda klub Chelsea dan Timnas Pantai Gading. Mungkin tidak ada yang mampu memikirkan bahwa melalui sepak bola perdamaian bisa tercipta. Ya, hal itu dilakukan oleh seorang Drogba menghentikan perang saudara yang dimulai sejak lama. Tempat pada tahun 2006, Pantai Gading lolos kali pertama ke Piala Dunia. Melalui ketenarannya, ia meminta semua lapisan masyarakat di Pantai Gading menghentikan peperangan. Selang setahun, 2007 perang saudara benar-benar berhenti atas jasa Drogba dan rekan-rekan.

Itulah nilai positif yang bisa didapat dari sebuah olahraga. Memang, sepak bola memiliki rentetan sejarah yang sangat panjang. Lantas, bagaimana lika-liku sepak bola menjadi olahraga paling populer sekarang ini? Ikuti penjelasan kami kali ini.

pxhere.com

Titik Pangkal Kemunculan Olahraga Sepak Bola

Pertama adalah “kelahiran” sepak bola. Sejarah olahraga ini berasal sejak abad kedua hingga ketiga Sebelum Masehi di Tiongkok. Awalnya, sepak bola dimainkan dengan menggiring bola ke dalam gawang berukuran kecil. Seiring berlalu, sepak bola mulai dibawa dan dikenal oleh masyarakat Eropa, tepatnya Inggris.

Semenjak berlabuh di Inggris, sepak bola mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini terbukti dengan pengenalan berbagai macam metode, regulasi, dan aturan permainan. Pelan namun pasti, sepak bola di negeri barat dimainkan di lapangan sekolah. Kemudian, kompetisi pun mulai diresmikan sehingga menglahirkan liga-liga di beberapa negara Eropa. Hingga pada akhirnya sepak bola mengalami perkembangan pesat: mempunyai kompetisi profesional.

Lahirnya Klub Sepak Bola di Eropa

Meskipun sudah dikenal beberapa abad yang lalu, kemunculan klub sepak bola baru didengar pada kisaran tahun 1850-an. Sheffield FC adalah klub tertua di dunia karena lahir pada tahun 1857. Sheffield FC pun menjadi titik balik kehadiran banyak klub. Sekitar 1890 hingga 1900 sudah bermunculan banyak klub-klub besar, misalnya Manchester United, Liverpool, Tottenham, dan lain sebagainya.

Selanjutnya beralih ke sejarah sepak bola di dunia. Sesudah olahraga satu ini dikenal luas di benua Eropa, sepak bola mulai berkembang cukup pesat. Sukes mendapatkan posisi di kalangan pelajar, mulai muncul inisiatif untuk membuat sebuah liga profesional. Bermula dari situlah pengenalan terhadap regulasi dimulai sehingga menghasilkan permainan kompetitif dan menarik untuk disaksikan.

pxhere.com

Sepak Bola Hadir Sebagai Olahraga Tanpa Memedulikan Status Sosial

Tidak hanya pelajar saja yang menggunakan sepak bola sebagai media hiburan. Pekerja tambang, pelaut, pedagang, hingga tentara pun mulai mengenal permainan ini. Sebagai contoh kecil, Manchester United berdiri atas inisiatif pekerja tambang sekaligus para pemainnya. Melalui pengenalan inilah sepak bola mulai dibawa ke banyak negagra-negara Eropa, seperti Spanyol, Perancis, Jerman, Italia, dan lain sebagainya. Selanjutnya, sepak bola mulai menyebar ke hampir semua negara di Bumi, terutama dari koloni Inggris yang ada di semua benua.

Sesudah dikenal banyak lapisan masyarakat, maka sejarah sepak bola berpindah ke berdirinya suatu lembaga federasi. Pada tahun 1904 adalah momen bersejarah bagi dunia sepak bola karena pada tahun tersebut Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA dikenalkan. Sesudah sepak bola FIFA terbentuk, maka permainan ini makin menjamur dan membuat sebagian besar negara menganut sistem dan struktur agar mendukung jalannya kompetisi.

Sesudah mengetahui perjalanan panjangan sepak bola secara global, mungkin Anda belum sadar bahwa Indonesia pun mempunyai sejarah panjang juga. Perkenalan sepak bola bagi masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari masa penjajahan Belanda. Meskipun menjajah, bukan berarti Belanda tidak meninggalkan “sesuatu” terhadap masyarakat Indonesia. Melalui animo yang besar terhadap sepak bola, Belanda mulai mengajak masyarakat Indonesia bermain. Dari situslah berkembang dan memicu kesempatan Indonesia (waktu itu Hindia Belanda) ikut berkompetisi di Piala Dunia 1938.

pxhere.com

Sebelum ikut meramaikan gelaran Piala Dunia 1938, Indonesia telah mengenalkan badan otoritas yang mengatur persepakbolaan di Indonesia, tepatnya tahun 1930. Sejak dikenalkan badan otoritas sepak bola, mulai bermunculan klub-klub baru, seperti Persib, Persebaya, dan PSM, dan Persebaya.

Pelan namun pasti, kompetisi sepak bola di Indonesia mulai hadir dengan regulasi tertentu. Ada beberapa kompetisi sebelum kemerdekaan hingga kemerdekaan, seperti Perserikatan, Galatama, dan Liga Indonesia Divisi Utama.

Itu saja informasi yang bisa kami sampaikan mengenai sejarah panjang sepak bola. Apabila Anda cinta terhadap sepak bola tanah air, ayo dukung dengan menjadi fans yang baik, bijak, dan perhatian. Kalaupun tidak sempat nonton langsung, melalui gawai Anda bisa melihat hasil pertandingan liga Indonesia.

 

Tindo Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *