Tips Menghadapi UNBK , Dan Pentingnya Simulasi UNBK

Ujian nasional, merupakan hal yang penting bagi para pelajar, lewat ujian ini pelajar akan diuji kemampuannya dalam penguasaan materi pembelajaran selama masa sekolah, kini ujian nasional tak lagi dilakukan secara manual, namun menggunakan komputer, meskipun belum serempak ujian nasional berbasis komputer diterapkan di seluruh sekolah yang ada di Indonesia, namun lambat laun sistem ini akan merata digunakan oleh seluruh sekolah,sebelum Anda melakukan UNBK Anda dapat mengikuti simulasi UNBK terlebih dahulu.

Untuk Anda yang telah mulai melakukan ujian nasional berbasis komputer, tentu Anda perlu menyiapkan diri dari jauh-jauh hari, bagi Anda yang hendak mengikuti ujian nasional berbasis komputer, berikut adalah tips supaya ujian nasional Anda dapat berjalan dengan lancar.

Tips Menghadapi UNBK

  1. Persiapan Mental

Hal terpenting bagi Anda yang hendak melakukan ujian nasional baik manual atau berbasis komputer, Anda harus menyiapkan mental Anda dalam menghadapi ujian, meski Anda telah melakukan latihan dengan tryout namun pada saat pelaksanaan ujian nasional yang sesungguhnya Anda Anda bisa merasa gugup, dan tertekan, hal ini akan mengacaukan ujiannasional Anda, jadi pastikan untuk terus menjaga kesiapan mental Anda. Kesiapan mental juga dapat tumbuh dengan mengikuti simulasi UNBK

stocksnap.io

Terlebih bagi para peserta UNBK, dimana sistem ujiannya menggunakan komputer, tentu akan mengalami kegugupan, bahkan panic jika komputer yang menjadi tempat ujian mengalami masalah.  Yang perlu Anda lakukan adalah untuk terus tenang, jangan sampai rasa panic menguasai Anda, Anda dapat memanggil pengawas jika masalah pada komputer Anda terus mengalami gangguan, teruslah berkonsentrasi untuk menjawab setiap soal yang Anda kerjakan, karena jika Anda terlalu panik atau gugup, semua persiapan Anda bisa hilang dan buyar dalam seketika.

  1. Jaga Kesehatan Tubuh

Hal penting lain yang perlu Anda pantau adalah kesehatan tubuh Anda, jangan sampai Anda mengalami jatuh sakit di saat hari menjelang ujian, bahkan saat hari H, kondisi kesehatan tubuh merupakan kondisi yang sangat perlu Anda perhatikan, jika tubuh Anda sedang dalam kondisi tidak prima, hal tersebut dapat  berpengaruh pada konsentrasi Anda.

Jangan sampai Anda mengalami sakit saat hari ujian berlangsung, karena akan sedikit sulit untuk mengurus ujian susulan, terutama kini adanya sistem UNBK yang semua jadwal yang telah diatur oleh sistem komputer, sehingga saat Anda berhalangan hadir, Anda harus mengurus ujian sosial yang prosesnya cukup sulit.

Berbeda dengan ujian manual dimana jika Anda sakit, Anda bisa ujian di rumah atau rumah sakit tempat Anda dirawat, namun untuk UNBK hal tersebut tidak bisa dilakukan.

  1. Atur Jadwal Senyaman Mungkin

Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan saat Anda hendak melaksanakan UNBK, buatlah jadwal belajar, dimana Anda nyaman untuk melakukannya, semakin hari buatlah jadwal yang semakin intens karena tugas untuk dapat menjawab soal UNBK merupakan hal yang tak mudah, jadi jangan mudah menyerah dan putus asa.

Terus belajar dan percaya bahwa usaha Anda tidak akan pernah menghianati hasil. Dalam sehari Anda bisa meluangkan waktu belajar selama 3-4 jam sehari, dan pastikan Anda belajar dari jauh jauh hari.

Jangan belajar dengan sistem nonstop, karena hal tersebut akan membuat otak Anda terasa lelah yang ada Anda justru tidak bisa menangkap satupun materi yang telah Anda pelajari, biarkan Anda mengambil jeda istirahat saat belajar, istirahatlah saat Anda mulai kehilangan fokus, buat diri Anda nyaman dengan cara belajar yang tepat.

stocksnap.io
  1. Rajin Berlatih dengan Soal Ujian dan Latihan Soal

Tips lain agar Anda bisa melewati UNBK dengan lancar dan hasil yang memuaskan adalah, dengan rajin melakukan latihan soal, hal ini sangat berguna supaya Anda dapat mengerti gambaran dari pola soal yang akan keluar pada saat ujian UNBK berlangsung, dengan semakin banyak Anda berlatih menjawab soal, Anda akan merasa biasa untuk dapat menjawab segala pertanyaan. Selain itu juga kecepatan Anda dalam mengerjakan soal akan semakin meningkat, karena dalam ujian UNBK kecepatan pengerjaan soal juga diperlukan karena ujian ini dibatasi dengan waktu

Belilah buku kumpulan soal dan pembahasan UNBK pada tahun-tahun sebelumnya sehingga Anda bisa berlatih dari soal-soal un tahun-tahun lalu, biasanya soal un tak akan terlalu berbeda jauh jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sehingga dapat menjadikan gambaran untuk Anda..

  1. Mengikuti Bimbel dan Kelompok Belajar

Salah satu cara agar Anda bisa lulus UNBK adalah dengan mengikuti les atau bimbel persiapan UNBK, hal ini sangat berguna,karena Anda akan dipandu orang tutor professional, selain itu biasanya mereka memiliki prediksi soal un yang memiliki pola tak terlalu jauh berbeda dengan soal ujian nasional. Anda juga akan diajari bagaimana trik mengerjakan soal UNBK.

Anda juga dapat membentuk kelompok belajar dengan teman, belajar dengan teman selain dapat saling membantu untuk menyelesaikan soal, namun juga dapat menciptakan suasana belajar yang lebih nyaman, Anda tidak bosan karena belajar bersama-sama. Dengan belajar bersama pun materi yang tertangkap akan lebih banyak ketika Anda belajar sendiri, karena Anda tak hanya belajar melalui bacaan, namun juga belajar melalui pendengaran.

  1. Jangan Memaksakan Diri

Meski belajar adalah sesuatu yang penting, namun jangan sampai Anda memaksakan diri Anda, sampai Anda mengabaikan kondisi kesehatan Anda, dan akhirnya Anda stress dan tertekan, belajarlah senyaman mungkin,m jika lelah jangan ragu untuk beristirahat.

  1. Berdo’a

Setelah semua usaha telah Anda lakukan, maka hal yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah berdoa, memohon agar saat ujian dilancarkan, dan tak ada kendala apapun.

stocksnap.io

Pentingnya Mengikuti Simulasi untuk UNBK

meski Anda sudah tidak asing dalam mengoperasikan komputer, namun Anda tak boleh mengabaikan pentingnya simulasi UNBK, karena Anda akan diarahkan mengenai bagaimana tata cara pelaksanaan UNBK, bagaimana langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat akan melakukan UNBK sampai tahap akhir yakni selesai.

dengan adanya simulasi untuk UNBK, para siswa pun tidak akan terlalu panik lagi, karena sudah tahu bagaimana mekanisme pelaksanaan ujian tersebut, jadi pastikan Anda tidak melewatkan simulasi untuk UNBK ini, karena akan sangat bermanfaat untuk Anda

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *