Teknik Penyusunan Surat Izin Sekolah Beserta Contoh yang Baik dan Benar

Keadaan darurat memang menjadi suatu kondisi yang tidak menguntungkan. Apalagi jika keadaan darurat yang dimaksud adalah kondisi sakit. Sudah tentu produktivitas diri akan ikut menurun, terlebih ketika Anda terikat oleh sebuah instansi maka sudah pasti mengharuskan Anda untuk dapat mengikuti prosedur izin yang tepat. Meski demikian, keadaan darurat berupa adanya kepentingan keluarga pun tetap mengharuskan Anda menulis surat izin sekolah.

Untuk memperoleh izin, maka seseorang akan menggunakan media komunikasi berupa surat. Surat izin adalah salah satu dari sekian jenis surat formal yang digunakan untuk membuat permohonan izin di instansi tujuan dalam hal ini adalah sekolah. Memiliki struktur penulisan yang tidak jauh berbeda, berikut ini akan dibahas secara lengkap dengan contohnya untuk dapat Anda jadikan referensi.

Mengenal Surat Izin Sekolah

Surat izin sekolah merupakan suatu jenis surat untuk negeri yang sering dicari oleh para siswa ketika dihadapkan pada situasi yang mendesak. Surat ini memiliki struktur penulisan yang tidak jauh berbeda dengan jenis surat pada umumnya. Hanya saja, terdapat beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dengan saksama. Agar Anda dapat memahaminya dengan baik, silakan simak penjelasan artikel berikut melalui web untuknegeri.net.

stocksnap.io

1.      Definisi dan Kegunaan Surat Izin Sekolah

Surat izin sekolah merupakan jenis surat formal yang berisi suatu permohonan untuk tidak mengikuti serangkaian kegiatan di sekolah pada waktu tertentu akibat adanya suatu kondisi yang mendesak. Kondisi darurat yang dimaksud pun bermacam-macam mulai dari sakit, kegiatan keluarga maupun hal lainnya. Agar mendapatkan dispensasi berupa peniadaan keikutsertaan diri dalam suatu agenda, maka Anda harus membuat surat tersebut sebagai bentuk prosedural yang diterapkan di sekolah. Meskipun bisa disampaikan secara langsung, namun akan lebih baik jika Anda memadupadankan penyampaian secara lisan dan tulisan agar dapat menunjukkan etika yang sopan dan profesional.

2.      Ragam Jenis Surat Izin Sekolah

Surat izin sekolah memiliki beberapa jenis, diantaranya surat izin sakit, surat izin dispensasi kegiatan lomba, surat izin karena ada urusan keluarga dan lain sebagainya. Beberapa macam jenis tersebut sering Anda temui, terutama ketika Anda menjabat sebagai seorang siswa. Untuk itu, Anda tentu sudah tidak asing lagi terkait format penulisannya. Jika belum maka akan lebih baik jika Anda menyimak penjelasan selanjutnya di artikel untuknegeri.net berikut.

3.      Format Penulisan Surat Izin Sekolah

Ketika menulis sebuah surat terutama untuk jenis surat formal, maka Anda diharuskan mengetahui dan memahami teknik penyusunannya. Misalnya saja untuk jenis surat izin sekolah ini:

  • Hal pertama yang harus Anda tuliskan adalah kop surat jika hal ini berhubungan dengan sebuah instansi.
  • Kedua, tuliskan tanggal surat untuk mempermudah pengarsipan dan sinkronisasi data yang ada.
  • Ketiga, tulislah nama penerima surat dengan saksama. Biasanya surat izin sekolah ditujukan kepada wali kelas atau bisa saja langsung ditujukan kepada kepala sekolah. Selanjutnya silakan tulis salam pembuka dengan tata bahasa yang lugas, baku dan profesional.
  • Sampaikan pula identitas dari siswa yang berhalangan hadir lengkap dengan pernyataan yang melatarbelakangi ketidakhadiran siswa tersebut.
  • Akhiri salam penutup dengan tanda tangan dari pihak yang membuat surat.
stocksnap.io

4.      Unsur Penyusunan Surat Izin Sekolah

Ketika Anda membuat sebuah surat izin sekolah entah itu berupa kepentingan keluarga maupun sakit, Anda harus memperhatikan beberapa unsur surat berikut ini:

  • Pertama, tulislah identitas pengirim surat, apakah Anda adalah siswa yang bersangkutan atau sebagai wali murid dari siswa yang namanya tertera dalam surat izin sekolah tersebut.
  • Kedua, janga lupa menuliskan nama penerima surat dengan tepat. Biasanya surat ditujukan pada pihak wali kelas maupun bisa saja langsung ke kepala sekolah.
  • Ketiga, jabarkan alasan tidak masuk sekolah dengan bahasa yang lugas dan perhatikan tata bahasa yang dipergunakan. Apakah alasannya dikarenakan ada kepentingan keluarga, sakit atau ada urusan mendesak lainnya yang mengharuskan siswa tersebut tidak dapat mengikuti rangkaian pembelajaran seperti biasanya.

Contoh Surat Izin Sekolah yang Benar

Setelah Anda menyimak penjelasan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan surat izin sekolah. Selanjutnya silakan Anda menyimak contoh kedua jenis surat izin sekolah, yakni karena sakit dan acara keluarga. Simak penjelasannya berikut ini.

1.      Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit

Jenis surat izin yang pertama memiliki struktur yang hampir sama dengan surat pada umumnya dan sering disebut sebagai surat izin dokter karena untuk menambah kepercayaan dari instansi, biasanya surat akan dilampirkan bukti periksa dari dokter. Berikut adalah contoh surat izin sekolah karena sakit.

Surabaya, 12 Mei 2017

Kepada Yth.

Wali Kelas X-A SMA Negeri 4 Surabaya

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama dengan datangnya surat ini, saya selaku wali murid dari siswa yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                   : Intan Nabila

Kelas                    : X-A SMA Negeri 4 Surabaya

Alamat                 : Jalan Merdeka I No. 10 Surabaya

 

Bahwa pada hari ini, Selasa, 12 Mei 2017 tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa dikarenakan sakit. Untuk itu saya berharap Bapak/ Ibu dapat memberikan izin pada anak tersebut untuk tidak mengikuti pelajaran dan kegiatan di sekolah.

Demikian surat permohonan izin sekolah ini saya buat untuk menjadikan maklum. Atas perhatian yang diberikan kami sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

 

 

Anita Maharani

stocksnap.io

2.      Contoh Surat Izin Sekolah Karena Acara Keluarga

Jenis lain dari surat izin sekolah karena sakit adalah surat izin sekolah karena ada urusan keluarga. Agar mempermudah Anda utnuk memahaminya, maka silakan simak contoh surat tersebut berikut ini.

Jakarta, 20 Januari 2015

 

Kepada Yth.

Wali Kelas XI-B IPA SMA Negeri 1 Jakarta

di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama dengan datangnya surat ini, saya selaku wali murid dari siswa yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                   : Alya Sukmadinata

Kelas                    : XI-B IPA SMA Negeri 1 Jakarta

Alamat                 : Jalan Manggarai No. 36 Jakarta

 

Menginformasikan bahwa siswa tersebut pada hari ini, Kamis 20 Januari 2015 tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran seperti biasa dikarenakan ada kepentingan keluarga yang mendesak. Untuk itu, saya memohon agar Bapak/ Ibu dapat memberi keringanan dispensasi pada anak saya tersebut.

Demikian surat permohonan izin sekolah ini saya buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan izin di berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

 

Indah Pratiwi

 

Nah itu dia penjelasan lengkap mengenai surat izin sekolah beserta penjelasan yang berhubungan dengan surat tersebut. Jika Anda mempunyai kendala dalam penulisan surat tersebut, maka ada baiknya Anda menyimak ulasan surat ini di website untuknegeri.net. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *