Mengulas Tentang Tanda Hamil 1 Minggu

Mengulas Tentang Tanda Hamil 1 Minggu

16 February, 2019

Kehamilan tentunya merupakan salah satu moment yang paling ditunggu tunggu oleh para pasangan suami istri. Pasalnya hamil berarti akan terlahirlah keturunan yang akan melanjutkan darah kita. Untuk itu banyak sekali masyarakat yang menyambut kehamilan dengan kebahagiaan. Ketika anda hamil dalam usia kandungan satu minggi memang tidak akan terasa apa apa. Ada juga yang bilang jika masih dalam usia kandungan yang muda tidak boleh diberitahukan. Tentu anda sebagai pasangan muda yang baru menikah akan bingung membedakannya. Untuk itu disini akan dibahas mengenai beberapa tanda hamil 1 minggu yang mungkin nantinya bisa menjadi acuan anda. Umumnya gejala kehamilan yang akan muncul adalah terlambatnya anda datang bulan. Anda haruslah memperhatikan tanggal berapa anda setiap bulannya haid. Jika sudah terlambat cukup lama bisa saja hal tersebut merupakan gejala kehamilan. Biasanya pada usia kehamilan diawal minggu maka anda akan merasakan kram perut, mual atau bahkan muntal. Hal tersebut merupakan hal biasa yang bisa diderita siapa saja yang sedang hamil.

Setiap orang mungkin akan memiliki gejala hamil yang berbeda beda. Gejala yang timbul juga bisa saja cepat maupun lambat. Karena mungkin beberapa orang akan peka terhadap gejalanya namun ada juga yang tidak memiliki perubahan.gejala yang sering muncul pada orang satu dengan orang lainnya juga bisa saja berbeda. Namun gejala yang paling sering dirasakan adalah perubahan suasa hati yang cukup drastis atau menjadi lebih sensitif. Biasanya gejala ini dirasakan ketika anda sudah telah dua minggu atau lebih. Memang untuk tanda hamil 1 minggu masih susah di ketahui. Karena memang masa hamil masih terlalu muda. Untuk memastikannya anda bisa berkonsultasi dengan dokter khusus ataupun menggunakan alat penentu kehamilan yang menggunakan urine.

pexels.com

Gejala awal kehamilan

Tanda yang pertama menunjukan anda hamil adalah tidaknya haid. Namun bagi anda yang sedang memasuki usia kandungan satu minggu akan memiliki beberapa gejala sebagai berikut.

  1. Biasanya jika anda memasuki fase pembuahan maka anda merasakan payudara anda yang semakin kencang dan sensitif. Bahkan ketika disentuh pun akan sakit. Hal tersebut bisa jadi gejala kehamilan anda.
  2. Pada saat anda memasuki tiga minggu setelah pembuahan maka anda biasanya akan mual namun tidak diserta dengan muntah. Anda hanya akan merasakan mual yang cukup panjang tetapi tidak muntah. Hal tersebut bisa menjadi gejala awal kehamilan anda.
  3. Sebagian ibu hamil akan merasakan sakit pada pinggang bagian bawah. Hal tersebut bisa menjadi gejala kehamilan anda. Sakt pinggang yang dirasakan bisa saja berlanjut pada masa kehamilan karena akan terdapat perubahan portur tubuh maupun kenaikan berat badan yang cukup signifikan.
  4. Anda mungkin sesekali akan menemukan bercak darah atau mengalami kram perut. Hal tersebut bisa jadi merupakan tanda kehamilan anda. Karena kram perut bisa terjadi karena sel telur yang telah dibuahi oleh sperma melakukan penempelan pada dinding rahim. Hal tersebut terjadi beberapa minggu setelah sel telur dibuahi. Selain itu anda juga bisa mengalami keputihan dalam jumlah yang cukup banyak. Hal tersebut merupakan tanda bahwa dinding vagina anda mengalami penebalan.
  5. Pada minggu awal kehamilan banyak ibu hamil yang merasakan kelelahan yang berlebihan. Hal tersebut merupakan salah satu hal yang wajar diderita para ibu hamil. Hal tersebut terjadi karena meningkatnya hormon progesteron pada tubuh. Selain itu penuran gula darah dan meningkatnya tekanan darah bisa menyebabkan hal tersebut.
  6. Jika anda perhatikan dengan seksama gejala kehamilan yang paling bisa dibedakan adalah keringan anda buang air kecil. Biasanya jika seseorang sedang mengandung akan sering buang air kecil. Hal tersebut dikarenakan terjadinya pembengkakan terhadap rahim dan penekanan pada kantong kemih anda.

    pexels.com

  7. Biasanya jika anda mengalami gejala mudah lelah maka akan disertai juga dengan pusing. Hal tersebut terjadi karena menurunnya tekanan darah dn penyempitan pembuluh darah anda.
  8. Pada awal kehamilan anda akan mengalami gangguan pada pencernaan anda. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan hormon.
  9. Peningkatan hormon yang cukup signifikan bisa membuat anda seringkali kehilangan nafsu makan.
  10. Pada saat pembuahan biasanya tubuh anda akan mengalami peningkatan yang cukup drastis. Hal tersebut terjadi karena tubuh anda sedang melepaskan hormon progestoren.
  11. Pada awal kehamilan anda biasanya akan mengalami rasa kantuk yang tidak bisa tertahankan. Jika anda mengalami hal tersebut maka anda segera tidur. Karena jika anda tidur maka anda bisa mengistirahatkan tubuh anda secara total. Hal tersebut dilakukan untuk membantu tubuh anda menjadi lebih rileks. Sehingga setelah itu anda bisa langsung melajutkan aktivitas anda.
  12. Ketika tubuh anda menghasilkan hormon progestoren yang terlalu banyak maka sering kali akan berdampak buruk bagi tubuh anda. Biasanya anda akan merasa tidak nyaman. Hal tersebut membuat anda akan sulit memasukkan makanan kedalam tubuh anda karena gangguan sembelit, mual ataupun pencernaan. Hal tersebut tentu akan sangat berbahaya tidak anda biarkan. Pasalnya anda tidak bisa memberikan asupan pada tubuh anda. Untuk itu sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter mengenai hal tersebut.
  13. Ketika anda memasuki masa kehamilan maka biasanya anda ingin memakan jenis makanan tertentu atau biasanya yang dikenal dengan ngidam. Hal tersebut memang sering terjadi pada ibu hamil. Tidak ada salahnya jika menurutinya. Ibu hamil boleh mengkonsumsi makanan apa saja yang memang baik untuk kesehatannya. Namun jika permintaannya sudah berlebihan maka haruslah dilarang.

    pexels.com

Itulah beberapa gejala yang bisa anda perhatikan ketika anda mungkin sedang masuk pada satu minggu kehamilan. Banyak sekali gejala yang dikeluhkan para ibu hamil seperti cepat lelah, sering kencing, sensitif akan bau atau keinginanan untuk mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Hal tersebut merupakan hal yang wajar karena terjadinya perubahan hormon ketika seorang ibu sedang hamil. Ketika seorang wanita sedang hamil maka ia akan cenderung lebih sensitif. Untuk itu anda sebagai pasanganya haruslah lebih bersabar dalam menghadapi ibu hamil. Sehingga ibu hamil bisa tetap ceria dan tidak stres. Karena pasalnya stres bisa mempengaruhi perkembangan janin didalam tubuhnya. Untuk itu hindari ibu hamil dari stres dan kelelahan. Ketika seorang wanita sedang hamil maka akan seringkali memiliki halangan ataupun banyak mitos tentang hal hal yang tidak boleh dilakukan saat sedang hamil. Untuk hal tersebut merupakan hak anda sendiri maupun mengikuti atau tidak. Karena hal tersebut berpengaruh terhadap kepercayaan masing masing. Jika tidak sulit untuk dilakukan maka tidak ada salahnya jika mengikutinya. Namun jika anda tidak percaya maka tidak perlu dilakukan. Hal tersebut kembali ke diri anda masing masing sesuai dengan kepercayaan yang anda miliki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *