Berkenalan Lebih Jauh dengan Dunia Konstruksi

 

Sama halnya di Dispatch Services, dalam dunia konstruksi juga terdapat cukup banyak truk pengangkut alat berat. Mulai dari truk semen, truk pasti, truk kerikil, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain ada juga jenis lain yang cukup populer, yakni truk molen atau mixer truck. Memangnya apa itu mixer truck?

Mixer truck sendiri merupakan salah satu jenis truk alat berat yang kerap dijadikan sebagai media angkut beton cor curah siap pakai dari batching plant (pabrik olahan beton) menuju lokasi pengecoran.

Jenis Mixer Truck

Secara umum terdapat dua jenis mixer truck yang sering ditemukan di dunia konstruksi. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, Anda bisa melihat ulasannya di bawah ini.

  1. Mixer Truck Mini

Di dalam dunia konstruksi, truk melon mini dikenal sebagai jenis truk pengangkut beton yang memiliki muatan sekitar 3m3. Muatannya biasanya dibawa sekali jalan. Atau beton yang diangkut oleh truk ini hanya sebesar 3m3.

Lalu apa kelebihan dari truk ini? Keunggulan yang paling terlihat dari truk ini adalah sangat fleksibel untuk berbagai jalan. Entah di jalanan menanjak, sempit, berbatu, dan lain sebagainya. Dengan demikian, maka akan semakin memudahkan saat hendak membangun sebuah rumah.

  1. Mixer Truck Standar

Secara fungsi tidak ada bedanya dengan mixer truck mini. Artinya truk ini juga digunakan untuk mengangkut beton ke lokasi pengecoran. Bedanya, mixer truck standar bisa memiliki kapasitas yang lebih besar, yakni 7m3.

Meskipun kapasitas cor yang diangkut cukup banyak, sayangnya truk ini susah untuk mengakses jalanan sempit maupun menanjak. Artinya jika bangunan berada di atas ketinggian, truk mixer ini akan kesulitan untuk menjangkaunya.

Kelebihan Menggunakan Mixer Truck

Tentunya bukan tanpa alasan kenapa kini banyak kontraktor yang memilih menggunakan truk melon. Sudah pasti alasannya karena banyak kelebihan dari truk jenis ini. Jika memang seperti itu faktanya, memangnya apa saja kelebihan dari truk mixer ini?

  1. Tidak memerlukan tempat khusus untuk mengaduk beton. Dengan demikian proses pengecoran pun akan semakin mudah dan cepat.
  2. Pencampuran beton dengan material lain lebih berkualitas. Kondisi yang semacam ini pastinya akan berpengaruh terhadap kualitas pondasi bangunan.
  3. Semua bahan mulai dari semen, kerikil, pasir, bisa diaduk langsung di bagian mixer truck. Hal ini pastinya akan membuat proses pengerjaan semakin gampang dan mudah.
  4. Proses pengaduan cor curah lebih cepat. Kondisi seperti ini secara otomatis akan berpengaruh terhadap cepatnya proses pengecoran.

Cara Kerja Truk Pengangkut Beton Cor

Di dalam truk mixer diisi dengan bahan material kering dan cor yang proses pengadukan/pencampuran bahan materialnya terjadi selama waktu perjalanan ke lokasi pengecoran. Itulah kenapa mixer truck tabungnya terus berputar.

Sementara itu untuk mempertahankan stabilitas kekentalan beton cor, melalui proses agitasi atau memutar drum tangki yang berada di atas truk mixer. Pada bagian dalam drumnya dilengkapi dengan spiral pisau satu arah rotasi putaran. Fungsinya adalah sebagai pengaduk material beton cor selama perjalanan ke lokasi pengecoran.

Ketika truk mixer tidak mampu menjangkau area pengecoran, beton cor biasanya akan disalurkan melalui pompa beton atau concrete pump. Pompa beton ini bisa diperpanjang hingga beberapa meter. Biasanya sepuluh meter atau lebih.Dengan memanfaatkan mesin pompa beton seperti ini, proses pemindahan beton cor ke area pengecoran pun menjadi lebih cepat dan tepat.

Beberapa Catatan Penting Mengenai Mixer Truck

Truk melon pengangkut beton cor atau mixer truck umumnya tidak melakukan perjalanan lebih dari dua jam. Bahkan banyak kontraktor yang mengharuskan agar truk mixer sudah berada di lokasi pengecoran dalam 90 menit setelah pemuatan material yang dimaksudkan.

Hal ini dilakukan dengan maksud untuk menghindari beton cor yang ada di dalam truk mengeras. Sementara itu mayoritas mixer truck pengangkut bahan cor memiliki kecepatan jalan terbatas, yakni 56 mil per jam atau 90 km/jam.

Sementara itu berkaitan dengan beban angkut, biasanya sudah ditentukan langsung oleh Undang-Undang Negara dan tidak boleh melenceng dari aturan. Hal seperti ini dimaksudkan agar beban berat dari truk ini tidak merusak permukaan jalan yang dilewatinya.

Sekali lagi diingatkan, untuk perjalanan yang ditempuh truk mixer tidak melebihi dua jam jika membawa beton cor curah. Sebab jika melebihi dua jam, membuat beton curah yang ada di dalamnya mengeras sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *