Ketatnya persaingan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri membuat banyak calon mahasiswa yang menyiapkan perguruan tinggi swasta sebagai cadangan. Meskipun dilihat sebagai cadangan, Indonesia memiliki banyak sekali perguruan tinggi swasta dengan reputasi dan prestasi yang bersinar baik di dalam maupun luar negeri. Hal inilah yang semata-mata tidak membuat perguruan tinggi negeri levelnya jauh jika dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta.

Salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta yang memiliki reputasi serta prestasi yang gemilang adalah Universitas Tarumanagara yang berada di Slipi, Jakarta Barat. Universitas ini merupakan salah satu yang tertua dan didirikan pada tanggal 1 Oktober 1959 di bawah naungan Yayasan Tarumanagara. Universitas ini memiliki visi untuk menjadi universitas entrepreneurial unggul yang memiliki integritas dan profesionalisme di Asia Tenggara. Hal ini sudah terbukti dengan banyaknya universitas di Asia Tenggara bahkan di luar benua Asia yang mengadakan kerjasama dengan universitas ini. Di antaranya adalah University of Malaysia, Daegu Mirae College di Korea Selatan, University of Missouri-Kansas, The Institute of Chartered Accountants in England and Wales, bahkan sampai yayasan internasional sekelas Wadhwani Foundation yang mencakup wilayah Asia, Afrika, dan Amerika Latin.

Universitas Tarumanagara juga tidak sepi peminat. Terhitung sampai dengan tahun 2018 jumlah mahasiswa yang terdaftar adalah 13.176 dengan jumlah dosen sebanyak 426 dan dengan jumlah 32 jurusan yang terbagi oleh 8 fakultas yaitu fakultas hukum, ekonomi, kedokteran, teknik, seni rupa dan desain, psikologi, teknologi informasi, dan ilmu komunikasi.

pexels.com

Program Studi Universitas Tarumanagara

  1. Fakultas Hukum

Jumlah mahasiswa yang terdaftar di program studi ilmu hukum adalah sebanyak 1.051 orang sampai dengan tahun 2018. Di program studi ini, mahasiswa diajarkan tentang teori hukum serta implementasinya dengan melakukan praktik secara langsung. Program studi ini mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT untuk semua jenjang dari S1, S2, dan S3. Untuk jenjang S2, terdapat program studi kenotariatan dengan akreditasi B.

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Akuntansi

Jumlah mahasiswa akuntansi yang terdaftar di universitas ini kurang lebih sekitar 1.700 orang. Dan untuk akreditasinya sendiri adalah A untuk jenjang S1 dan akreditasi B untuk S2. Di program studi akuntansi, mahasiswa akan diajarkan seluk-beluk keuangan dan bagaimana cara merekapitulasinya dengan baik dan benar.

  1. Manajemen

Selain akuntansi, program studi yang terdapat di fakultas ekonomi adalah manajemen. Akreditasi program studi ini adalah A untuk jenjang S1 dan akreditasi B untuk jenjang S2. Jumlah mahasiswa yang terdaftar dengan program studi ini adalah sekitar 2.000 orang. Dalam program studi manajemen, mahasiswa akan mempelajari tentang bagaimana caranya mengelola perusahaan atau suatu tempat usaha agar tetap berkembang dan mendapatkan profit. Selain mempelajari teori, mahasiswa program studi manajemen juga akan mendapatkan ilmu praktik dengan disediakannya program magang ke perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, khususnya di Jakarta.

  1. Fakultas Psikologi

Terdapat tiga program studi di fakultas ini, yaitu psikologi untuk jenjang S1 dengan akreditasi A, psikologi sains untuk jenjang S2 dengan akreditasi B, dan psikologi sains untuk jenjang S2 dengan akreditasi B. Laboratorium merupakan salah satu fasilitas unggulan di fakultas psiokologi. Karena terdapat beberapa jenis laboratorium yang disesuaikan dengan mata kuliah yang dipelajari. Terdapat laboratorium konseling dan observasi yang diperuntukkan bagi mahasiswa program profesi untuk praktikum dalam mata kuliah psikodiagnostika. selanjutnya terdapat laboratorium art therapy. Laboratorium ini berisikan peralatan keterampilan tangan seperti untuk melukis dan menjahit. Saat ini laboratorium art therapy hanya bisa digunakan oleh mahasiswa S2 profesi klinis. Laboratorium yang terakhir adalah laboratorium anak yang memang diperuntukan sebagai area bermain anak yang akan diobservasi untuk keperluan tugas mata kuliah tertentu.

  1. Fakultas Seni Rupa dan Desain
  2. Desain Interior

Program studi ini akan mempelajari tentang tata letak ruangan. Selain mempelajari tentang cara memaksimalkan suatu ruangan, program studi ini juga berfokus dengan desain dan nilai estetika sehingga siapapun yang berada di ruangan tersebut akan merasa betah dan nyaman. Program studi ini mendapatkan akreditasi B dan baru tersedia untuk jenjang S1 saja. Jumlah mahasiswa desain interior di universitas ini mencapai angka 500 orang.

pexels.com
  1. Desain Komunikasi Visual

Program studi yang satu ini mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Di program studi ini, mahasiswa diajarkan cara bagaimana memadupadankan elemen seni sehingga dapat menciptakan karya seni yang berkelas. Jumlah mahasiswa program studi DKV mencapai 400 orang.

  1. Fakultas Kedokteran
  2. Sarjana Kedokteran

Program studi ini mendapatkan akreditasi A dengan jumlah mahasiswa sekitar 700 orang. Pada program studi sarjana kedokteran, mahasiswa akan menjalani perkuliahan selama 7 semester dengan 21 blok yang harus diikuti. Semester awal perkuliahan berisikan pembelajaran tentang ilmu kedokteran dasar dan ilmu pengetahuan klinik setelahnya. Jika mahasiswa sudah lulus mata kuliah 21 blok dan menyelesaikan siding skripsi maka mahasiswa tersebut mendapatkan gelar sarjana kedokteran. Namun jika ingin melanjutkan Program Studi Kedokteran mahasiswa harus melangkah satu tahap lagi dengan mengikuti ujian OSCE (Objective Structured Clinical Examination).

  1. Profesi Dokter

Di sinilah mahasiswa kedokteran yang telah mendapatkan gelar sarjana kedokteran dapat memulai koas atau dokter muda dengan mengikuti OSCE agar mendapatkan gelar sebagai seorang dokter. Program studi ini hanya berlangsung selama 4 semester saja, di mana para mahasiswa akan terjun langsung ke dunia medis dan mengaplikasikan segala ilmu yang telah mereka dapatkan selama mempelajari ilmu kedokteran. Program studi ini memiliki sekitar 400 mahasiswa dan telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

  1. Fakultas Ilmu Komunikasi

Fakultas dengan program studi Ilmu Komunikasi ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT dan memiliki mahasiswa sekitar 840 orang. Terdapat tiga jenis peminatan pada program studi ini, yaitu Public Relation (PR), journalism (jurnalistik), dan advertising (periklanan). Salah satu yang istimewa dari fakultas ilmu ekonomi adalah dengan diadakannya mata kuliah EO atau event organizer, di mana dalam satu semester mahasiswa diberikan tugas untuk mengelola suatu event secara individu maupun berkelompok dan puncaknya adalah ketika pengambilan nilai UAS untuk mata kuliah ini. Mahasiswa diharuskan untuk membuat suatu acara dengan skala yang besar berbekal ilmu yang sudah didapatkan di mata kuliah ini sebelumnya.

Selain itu juga dengan diterapkannya table manner di kelas. Siswa diharuskan untuk menjaga sikap bahkan diharuskan untuk memakai pakaian yang formal. Salah satu implementasi dari penerapan table manner ini adalah dengan diadakannya kunjungan ke hotel berbintang bagi para mahasiswa Ilmu Komunikasi agar mengetahui serta menguasai table manner seperti bersikap yang baik ketika berada di meja makan. Fakultas Ilmu Komunikasi juga rutin mengadakan acara tiap tahunnya seperti pergelaran seni dan lomba, serta talkshow maupun seminar yang mengundang public figure yang memiliki porsi di dalam bidang Ilmu Komunikasi.

Selain keenam fakultas di atas, Universitas Tarumanagara juga memiliki Fakultas Teknik dan Fakultas Teknologi Informasi. Fakultas Teknik meliputi program studi Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Perancangan Wilayah dan Kota, Teknik Industri, dan Teknik Elektro. Sedangkan Fakultas Teknologi Informasi meliputi program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi.

pexels.com

Prestasi yang Dicapai Universitas Tarumanagara

Selain deretan program studi yang kece, banyak sekali prestasi yang dicapai oleh Universitas Tarumanagara baik di luar maupun dalam negeri, di antaranya:

  1. Indonesian International Medical Olympiad

Ajang IIMO atau Indonesian International Medical Olympiad merupakan suatu ajang kontes yang mengajak mahasiswa kedokteran se-Indonesia untuk ikut andil dalam pengembangan program pengobatan dan ilmu kedokteran. Dan pada ajang ini, Universitas Tarumanagara berhasil menyabet juara 3 dalam cabang infectious disease.

  1. Singapore Robotics Games

Ajang ini merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Sembilan institusi teknologi dan pendidikan terkemuka di Singapura. Pada tahun 2018, Universitas Tarumanagara membuat sebuah robot yang dapat berfungsi di dalam air dan menyabet gelar juara 3.

  1. Asiagraph Reallusion Award

Kontes yang diadakan di kota Taoyuan, Taiwan ini merupakan ajang adu bakat mahasiswa desain dan seni dalam membuat suatu terobosan untuk dunia seni kreatif. Universitas Tarumanagara berhasil menyabet juara Best Creative di ajang ini pada tahun 2015 yang diikuti oleh mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual.

  1. ITS National Architect Competition

Kompetisi yang diselenggerakan oleh Institut Sebelas Maret, Surabaya ini adalah kompetisi yang bergerak di bidang atsitektur dan teknik pembangunan. Pada tahun 2015, Universitas Tarumanagara berhasil meraih gelar juara 1 dan juara 3 yang diwakili oleh mahasiswa Fakultas Teknik, Luthfi Yuta dan Gratio Ray.

  1. Djarum Super Grappler Submission Challenge

Universitas Tarumagara tidak hanya unggul di ajang perlombaan dengan tema pendidikan. Salah satunya adalah ajang adu bakat olahraga yang diselenggarakan di Surabaya dan mampu membuat mahasiswanya berhasil menyabet juara 1 cabang jujitsu pada tahun 2017.

pexels.com
  1. Haluoleo University Badminton Championship

Pelombaan olahraga cabang badminton yang diselenggarakan oleh Universitas Haluleo di Sulawesi Tenggara mampu membuat Universitas Tarumanagara mendapatkan juara 1 dalam kategori tunggal putra.

  1. Wajah Pesona Indonesia

Acara yang diselenggarakan oleh Plor Management dan mendapatkan dukungan penuh oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia ini merupakan ajang yang menampilkan berbagai macam kesenian tradisional dan modern Indonesia. Dalam ajang ini, Universitas Tarumanagara mendapatkan juara 1 dalam lomba Modern Dance pada tahun 2017.

Selain program studi dan penghargaan yang didapatkan, Universitas Tarumanagara juga unggul dalam perihal fasilitas yang menunjang kegiatan kampus. Di antaranya adalah museum yang berisikan mahakarya dari para mahasiswanya, baik dari Fakultas Seni Rupa dan Desain maupun Fakultas Teknik seperti Teknik Arsitektur. Universitas ini juga memiliki auditorium yang cukup megah dan mewah yang dapat disewakan secara publik. Yang unik dari Universitas Tarumanagara adalah dengan disediakannya teater dan bioskop mini. Bioskop mini di universitas ini merupakan ruangan yang dilengkapi dengan deretan sofa empuk nan nyaman juga sebuah layar LCD lebar. Bioskop ini terbuka untut umum, hanya dengan membayar tiket seharga 50 sampai 100 ribu rupiah, kita bisa menikmati film yang kita inginkan. Hal ini bagus, terutama bagi para mahasiswa penikmat film yang mendapat rekomendasi film bagus dari situs di laman internet namun tidak sempat menonton film tersebut di mall karena sibuk dengan aktivitas kuliah, atau sekadar bersantai dan bernostalgia menonton film rilisan lama bersama teman dengan suasana yang nyaman dan membuat betah. Ruangan bioskop mini juga bisa digunakan sebagai ruang pertemuan para lembaga maupun mahasiswa. Untuk info yang lebih lengkap, anda bisajuga kunjungi situsĀ  ini bagus.

Tindo pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *