Kota Jogja sejak dulu menjadi salah satu kota terfavorit yang wajib dikunjungi jika ke Indonesia .Jogja menawarkan berbagai jenis wisata, mulai dari wisata alam, edukasi, kuliner, hingga religi. Selain itu juga ada banyak paket wisata Jogja. Nah pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai beberapa tempat wisata religi Islami di Jogja. Apa saja itu? Berikut adalah beberapa tempatnya:

Masjid Gedhe Kauman Ngayogyakarta Hadiningrat

Masjid Gedhe Kauman Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan masjid raya atau masjid besar Kesultanan Yogyakarta. Masjid ini terletak di sebelah barat kompleks Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Riwayat dari masjid ini telah menjadi bagian dari sejarah sejak zaman Keraton Ngayogyakarta.

Dalam sejarahnya, bangunan masjid megah ini didirikan pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwana I, tepatnya pada hari Ahad Wage, 29 Mei 1773 M atau 6 Robiul Akhir 1187 H. Tokoh pendiri masjid ini adalah Sri Sultan Hamengku Buwono I, Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat yang merupakan penghulu keraton pertama, dan Kyai Wiryokusumo sebagai arsitek dari masjid ini.

Arsitektur dari masjid ini memiliki  bangunan induk berbentuk tajug persegi tertutup dengan atap bertumpang tiga. Pintu utama kompleks masjid berada di sisi timur dengan konstruksi semar tinandu. Di sisi dalam masjid bagian barat terdapat mimbar bertingkat tiga yang terbuat dari kayu, mihrab yaitu tempat imam, dan maskura yaitu sebuah bangunan mirip sangkar. Pada bagian serambi masjid berbentuk limas persegi panjang yang terbuka.

Di depan masjid terdapat sebuah halaman yang ditanami dengan jenis pohon tertentu. Di bagian halaman, sebelah timur laut dan tenggara masjid, terdapat sebuah bangunan yang agak tinggi yang dinamakan Pagongan. Pagongan di sebelah timur laut disebut dengan Pagongan Ler atau dalam bahasa jawa ler berarti utara, dan Pagongan yang berada di tenggara disebut Pagongan Kidul atau dalam bahasa jawa kidul berarti selatan. Pagongan Ler  digunakan untuk  menempatkan gamelan sekati Kangjeng Kyai Naga Wilaga, sementara  Pagongan Kidul digunakan untuk gamelan sekati KK Guntur Madu pada upacara Sekaten.

Di bagian barat daya dari Pagongan Kidul terdapat pintu untuk memasuki kompleks masjid gedhe. Selain itu di sebelah utara, terdapat Pengulon yang merupakan tempat tinggal resmi kangjeng kyai pengulu dan di sebelah barat masjid terdapat pemakaman tua.

Hal yang menarik di masjid ini, adalah setiap hari kamis selalu disediakan takjil untuk umum dengan menu gulai kambing. Wah mantap, enak dan ngirit dong pastinya?. Selain itu, pada bulan Ramadan, setiap sore masjid ini selalu mengadakan kajian yang disambung dengan buka puasa bersama.

pxhere.com

Makam Raja-Raja Mataram

Makam Raja-Raja Mataram Destinasi berlokasi di Dusun Dondongan, Desa Jagalan, Kotagede. Makam  ini juga dikenal dengan nama Masjid Gedhe Mataramnya. Perpaduan antara makam dan masjid menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata religi yang sangat cocok bagi Kamu yang ingin beribadah dan berziarah.

Dalam sejarahnya, tempat ini merupakan tempat raja pertama islam pertama yaitu Panembahan Senopati dan keluarga dimakamkan. Panembahan Senopati wafat pada tahun 1601 dan dimakamkan berada berdekatan dengan ayahnya. Selain Panembahan Senopati disini juga terdapat makam tokoh-tokoh penting, seperti Sultan Hadiwiijaya, Ki Gede Pemanahan, beserta keluarga.

Makam ini berada sekitar 100 m dari Kotagede yang dikelilingi dengan tembok besar. Pintu Gapura untuk memasuki kompleks makam ini bercirikan arsitektur budaya Hindu, yaitu Gapura Paduraksa, dengan kusen berukir yang berada di sebelah selatan dari Masjid Besar. Di puncak gapura terdapat ukiran kepala Kala bercuping ganda yang terbuat dari batu kapur dengan ekspresi raut muka yang tidak begitu garang.

Di kawasan makam ini terdapat tempat pemandian atau disebut sendang yang dikerjakan sendiri oleh Ki Ageng Pemanahan dan Panembahan Senopati. Sendang tersebut memiliki pemanduan khusus pria dan pemandian khusus wanita. Sumber air untuk pemandian pria berasal dari dalam kompleks makan, sementara sumber air pemandian wanita berasal dari sumber pohon beringin yang terletak di depan gerbang utama.

Untuk memasuki tempat ini, pengunjung diharuskan mengenakan pakaian adat jawa dan juga melepas alas kaki. Para Pengunjung juga tidak diperbolehkan untuk memotret dan mengenakan perhiasan emas saat memasuki bangunan makam. Waktu kunjung untuk ke tempat ini yaitu pukul 8 pagi hingga 4 sore pada hari Minggu, Senin, Kamis, dan Jumat.

pxhere.com

Masjid Syuhada

Masjid Syuhada adalah masjid yang terletak di di kawasan Kotabaru , tepatnya di jalan I Dewa Nyoman Oka 13 Kotabaru Yogyakarta. Masji inid selesai dibangun pada tanggal 20 September 1952 dan dibuka secara resmi bertepatan dengan Tahun Baru Hijriyah, 1 Muharram 1372.

Arsitektur dari Masjid Syuhada  menyimpan sengkalan, pengingat atas suatu peristiwa dalam tradisi Jawa, yaitu peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Hal ini digambarkan pada bagian-bagian penting bangunan, seperti 17 anak tangga yang ada di bagian depan masjid, 8 segi tiang gapura, 4 kupel bawah, dan lima kupel atas. Selain itu, bangunan dari masjid  ini juga dilengkapi dengan 20 jendela yang melambangkan 20 sifat Allah SWT.

Arsitektur dari masjid ini juga campuran dari Negara Persia dan India, seperti pada bentuk kubah bawang masjid. Untuk kubah utama dari masjid ini berada di tengah dengan dikelilingi kubah kecil di empat penjuru. Hal itulah yang membuat masjid ini memiliki bangunan yang terlihat megah dan sangat bagus untuk dijadikan latar  belakang berfoto saat berwisata kesini.

Selain sebagai tempat ibadah, di masjid ini juga dapat digunakan untuk berbagai kegiatan kemasyarakatan sehari-hari. Di bagian lantai dasar, masyarakat dapat menggunakan untuk kuliah dan beragam kegiatan yang bermanfaat selama bulan Ramadan. Selain itu, masjid ini juga memiliki program-program yang menarik untuk pengunjungnya.

Nah itu di atas merupakan destinasi wisata religi islami yang bisa dijadikan referensi bagi Kamu yang ingin berkunjung ke Jogja. Ada pula paket wisata Jogja yang dapat kamu temui di aplikasi atau website tour dan travel untuk melengkapi perjalanan wisata anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca.

 

Tindo travel ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *